Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Cara Mengambil Keuntungan Dalam Berinvestasi Saham

Salam Investasi! Sudah tak dapat dipungkiri, setiap bisnis yang kita jalankan pasti memiliki satu tujuan yang sama. Tujuan yang dimaksud adalah mendapatkan keuntungan (profit).

Begitu pula dalam hal berinvestasi saham. Tujuan akhir kita dalam berinvestasi saham bukan untuk neko-neko, gaya-gayaan ataupun menghambur-hamburkan uang. Tujuan utama kita dalam berinvestasi saham pastilah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin.

Pertanyaannya sekarang, bagaimanakah cara mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi saham?

keuntungan dalam investasi saham
keuntungan


Secara simplenya, keuntungan dalam berinvestasi saham adalah ketika harga saham yang kita beli, harganya naik di masa yang akan datang, kemudian kita jual. Selisih lebih dari harga jual dengan harga beli itulah yang dinamakan keuntungan (gain). 

Namun keuntungan yang dimaksud adalah keuntungan riil setelah kita menjual semua saham yang kita anggap memberikan keuntungan. Apabila harga saham naik tapi belum dijual, maka hal itu masih keuntungan yang belum direalisasikan. Atau bisa dibilang keuntungan di atas kertas.

Bicara tentang mengambil keuntungan dari selisih harga saham, ada masa di mana harga saham justru turun dari harga yang kita beli. Ini yang dinamakan dengan kerugian (loss). Akan tetapi, apabila fundamental perusahaan bagus, maka penurunan harga saham tersebut tidak akan berlangsung lama. Apabila perusahaan tersebut berfundamental bagus, maka untuk jangka panjangnya, keuntungan pasti akan di dapatkan. Maka dari itu diperlukan kesabaran dan analisa yang tepat dalam melakukan investasi saham. Dan pastikan agar dana yang dipergunakan untuk investasi merupakan uang yang tidak dipergunakan untuk masa sekarang, jadi kita bisa 'menahan' dana tersebut untuk jangka panjang.

Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi, anda harus memiliki analisa yang lebih 'mengerikan'. Kalau misalnya kita membeli saham perusahaan besar, maka selisih kenaikannya di masa mendatang pastinya tidak akan terlalu besar. Akan tetapi apabila kita membeli saham perusahaan kecil yang berpotensi menjadi perusahaan besar (di masa mendatang), di sinilah keuntungan yang besar akan di dapatkan. Dan diperlukan juga analisa fundamental yang mendalam dan akurat mengenai portofolio produk dan manajemen perusahaan tersebut.

Tidak semua orang bisa menganalis fundamental perusahaan seperti yang dilakukan oleh Warren Buffett. Namun apabila hal itu berhasil dilakukan, maka keuntungan yang didapatkan bisa berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus kali lipat.

Perlu sobat-sobat ketahui, selain selisih harga saham naik (gain), keuntungan lain dalam berinvestasi saham antara lain:
- mendapatkan dividen, 
- mendapatkan hak suara dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) dan 
- investasi saham bisa dijadikan jaminan kredit perbankan. 
Maka dari itu AYO BERINVESTASI SAHAM!!

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR