Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Pembagian Kelompok Saham Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

Salam Investasi! Masih dalam ilmu dasar saham, kali ini kita akan membahas tentang pembagian kelompok saham berdasarkan kapitalisasi pasar.

Seperti apakah penjelasannya?

kelompok saham berdasarkan kapitalisasi pasar
pembagian saham

Dalam dunia saham, banyak karakteristik yang membuat saham bisa dikelompokkan ke beberapa jenis. Salah satu karakteristik yang dimaksud adalah kapitalisasi pasar saham. 

Apa itu kapitalisasi pasar saham?

Kapitalisasi pasar saham adalah sebuah tolak ukur bursa terhadap saham, yang diperoleh dari hasil perkalian antara kuantitas saham dengan harga pasar saham tersebut. Semakin besar hasil perkalian tersebut, maka semakin besar pula kapitalisasi saham yang bersangkutan.

Adapun pembagian saham berdasarkan kapitalisasi saham antara lain:

1. Saham berkapitalisasi pasar besar (big cap), diatas Rp 750 Miliar

2. Saham berkapitalisasi pasar menengah (medium cap), Rp 300 Miliar sampai dengan Rp 750 Miliar

3. Saham berkapitalisasi pasar kecil (small cap), di bawah Rp 300 Miliar.

Manakah saham yang cocok untuk pemula?

Dari ketiga kelompok saham di atas, ada baiknya agar kita berinvestasi dengan sistem diversifikasi (pembagian resiko). Cobalah untuk menyebarkan portofolio anda ke berbagai kelompok saham dengan jumlah lot yang sedikit per kelompok. Karena untuk menentukan saham yang cocok tidak didapatkan berdasarkan teori, melainkan berdasarkan praktek (trial and error).

Namun alangkah baiknya agar memilih saham berkapitalisasi kecil dan menengah. Karena saham tipe ini memiliki potensi untuk menjelma menjadi saham berkapitalisasi besar di masa yang akan datang. 

Untuk itulah diperlukan analisa yang akurat dan informasi yang tepat mengenai fundamental perusahaan tempat kita berinvestasi. Agar nantinya keuntungan yang kita dapatkan bisa maksimal.

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR