Skip to main content
Jual VCC PayPal 2 Tahun dan 5 Tahun →



Bisnis yang Bagus Dijalankan di Masa Krisis Ekonomi

Sobat-sobat netizen di manapun kalian berada, saat ini krisis ekonomi global tengah melanda dunia. Imbasnya, perekonomian negara kita turut melambat, disertai dengan melemahnya mata uang rupiah di level 14.000+.

Saat-saat seperti ini, bayang-bayang PHK tengah menghantui para karyawan. Betapa tidak, ketika perekonomian melambat, omset perusahaan menurun dan gaji karyawan tetap harus dibayarkan. Alhasil, banyak perusahaan yang melakukan pengerempengan alias PHK besar-besaran. Tujuannya demi menyelamatkan perusahaan dari 'jurang' kebangkrutan.

Lalu apa yang harus dilakukan para karyawan?

Jawabannya adalah, membuka usaha atau bisnis sendiri sedari sekarang -- baik yang fokus ataupun sekedar sampingan.

Pertanyaannya sekarang, bisnis apa yang bagus dijalankan di masa krisis ekonomi seperti sekarang ini?

bisnis yang bagus dijalankan di masa krisis ekonomi
Ilustrasi krisis ekonomi

Di masa krisis seperti sekarang ini, jangan harap untuk terus-menerus menjadi karyawan. Ada masa di mana anda akan dibayang-bayangi oleh yang namanya PHK. Alangkah baiknya anda mengantisipasi kemungkinan tersebut dengan memulai sebuah bisnis. Meskipun anda tetap bekerja, anda masih bisa mengerjakan bisnis sampingan. Namun alangkah baiknya agar fokus dan berani terjun ke 'medan perang' secara keseluruhan dan tidak tanggung-tanggung.

Bagi yang berminat menjalankan bisnis, berikut ini beberapa bisnis yang bagus dijalankan meskipun dilanda krisis. Silahkan disimak baik-baik.

1. Bisnis kuliner
Bisnis jenis ini tergolong bisnis yang paling kuat menghadapi yang namanya krisis. Walaupun krisis melanda suatu negara, bisnis kuliner akan terus berjalan karena orang-orang membutuhkan makanan untuk di makan.
Jadi, bagi yang ingin memulai bisnis kuliner, bisa segera mencobanya. Apabila terkendala modal, bisa memulai dengan bisnis katering.

2. Jualan sembako dan kebutuhan hidup lainnya
Jualan sembako dan kebutuhan hidup lainnya (produk konsumer) tergolong dalam bisnis yang sanggup menghadapi krisis. Seperti halnya produk kuliner, produk konsumer juga sangat dibutuhkan oleh orang-orang.
Bagi yang ingin memulai bisnis ini, disarankan untuk menjual beberapa jenis produk saja dulu. Setelah berkembang, baru perbanyak jenis barang yang dijual.

3. Bisnis fashion (baju, sepatu dll)
Bisnis fashion atau jualan baju, sepatu dan lain-lain tergolong bagus di masa krisis ini. Hanya saja, kebutuhan akan fashion tak sepenting kebutuhan pokok.
Bagi yang ingin memulai jualan produk fashion, bisa melakukan sistem reseller atau dropship dulu apabila modal masih minim.

4. Jual-beli tanah dan rumah
Tanah dan rumah juga tergolong kebutuhan pokok manusia. Orang-orang pasti memerlukan rumah untuk tempat tinggalnya. Apalagi seiring dengan jumlah penduduk yang terus bertambah, bisnis ini akan terus berkembang dari masa ke masa.
Bagi yang ingin memulai bisnis ini, namun terkendala modal, bisa memulai dengan jual-beli tanah kavlingan dulu. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

5. Investasi saham yang cocok pada saat krisis
Mendengar yang namanya investasi saham, orang-orang pasti berpandangan kalau bisnis ini cocok untuk orang-orang kaya saja. Padahal dengan setoran awal 1 juta pun, anda bisa membeli saham di bursa.
Hal yang harus diperhatikan dalam berinvestasi saham adalah, jangan sembarangan memilih saham yang dibeli, apalagi di saat krisis seperti sekarang ini.

6. Jualan secara online
Jualan online akhir-akhir ini semakin populer, lantaran pengguna internet yang semakin banyak di Indonesia. Alhasil, potensi keuntungannya akan sangat besar lantaran pangsa pasar yang sangat luas. Jika dibandingkan dengan jualan produk di daerah tempat tinggal anda, ruang lingkup jualan online jauh lebih luas.
Untuk jualan online, produk yang dijual bebas, bisa barang, jasa ataupun produk digital (software, theme, eBook, plugin dll).
Bagi yang ingin memulai jualan online, tapi terkendala modal yang minim bisa mencoba sistem dropship. Silahkan pelajari caranya di:

Hal yang terbaik bagi anda di masa krisis ini adalah, dengan memulai sebuah bisnis. Selain sebagai tindakan 'jaga-jaga' sebelum terkena PHK, memulai bisnis sama dengan investasi. Ada keuntungan yang akan anda peroleh di masa yang akan datang.

Ingat! Hindarilah menyimpan uang anda tanpa dibuat usaha atau diinvestasikan. Karena nilai inflasi semakin besar dari tahun ke tahun. Apabila uang anda disimpan dan tak diapa-apakan, niscaya nilainya akan semakin turun dari waktu ke waktu.

Sekian dahulu ulasan dari kami mengenai bisnis yang bagus dijalankan di masa krisis. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi anda untuk segera ACTION.

Salam sukses!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang