--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Cara Investasi Saham Yang Aman

Salam Investasi! Cara investasi saham yang aman mungkin sudah sering di bahas di website lainnya. Di sini kami hanya mengulas dan sedikit menambahkan bagaimana cara berinvestasi saham yang aman, namun tetap menguntungkan. Dan itu memerlukan perhatian dan pembelajaran mengenai bagaimana berinvestasi saham yang aman dan bisa memberikan keuntungan yang memuaskan.

Bagaimanakah cara investasi saham yang aman itu?

cara investasi saham yang aman
investasi saham


Banyak sekali di luar sana tawaran-tawaran berinvestasi yang mengatasnamakan saham. Padahal yang sesungguhnya terjadi adalah semacam investasi abal-abal seperti MLM, moneygame dan lain sebagainya. Mereka meminta setoran di awal untuk investasi, namun ujung-ujungnya disuruh mengajak orang lain agar mendapatkan bonus. Sungguh, tipe investasi seperti ini bukanlah investasi saham yang aman.

Kemudian ada juga yang memberikan iming-iming keuntungan yang menggiurkan, dengan syarat harus berinvestasi sekian rupiah -- tapi tanpa kejelasan jenis usaha. Hal seperti ini pun bukan tergolong investasi saham yang aman. Ingat! Anda harus berhati-hati kalau menemui jenis investasi yang seperti ini.

Adapun cara investasi saham yang aman adalah, anda harus mengenal unsur-unsur yang terlibat dalam berinvestasi saham, seperti:

1. Pasar Bursa
Pasar Bursa adalah tempat terjadinya jual beli saham. Jadi membeli saham itu bukan di mini market ataupun mall.

2. Perusahaan penerbit saham
Anda harus tahu mengenai perusahaan yang menerbitkan saham. Apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) atau belum. Anda harus benar-benar mengetahui hal ini agar modal investasi anda terjamin keamanannya.

3. Saham yang diterbitkan
Anda juga harus mengetahui saham yang diterbitkan, berapa harga perlembarnya, dan termasuk jenis apakah saham tersebut? (Big cap, medium cap atau small cap). Kemudian pertimbangkan keamanan investasi anda dengan mengetahui jenis saham yang akan dibeli, apakah yang resikonya besar (saham gorengan) atau yang resikonya kecil (saham blue chip).

4. Perusahaan sekuritas (broker)
Dalam membeli saham, kita tak bisa langsung membeli saham seperti membeli sayur. Dalam bertransaksi saham yang aman dan tepat adalah melalui perantara yang dinamakan perusahaan sekuritas atau broker. Jadi perusahaan sekuritas inilah yang menjadi 'partner' anda dalam berinvestasi saham.
Untuk itu, pilihlah perusahaan sekuritas yang tepat melalui berbagai pertimbangan dan juga review yang akurat terhadap perusahaan sekuritas tersebut.


Jadi, cara investasi saham yang aman harus tahu mengenai berbagai instrumen yang terlibat dalam dunia saham. Tujuannya agar wawasan anda lebih luas dan tentunya agar anda tidak mudah tertipu oleh oknum yang mengatasnamakan investasi saham.

Untuk itulah, diperlukan pemahaman yang mendalam mengenai Dasar-dasar berinvestasi saham. Janganlah kita langsung belajar hal-hal yang jauh, karena ilmu dasar harus kita kuasai terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh lagi. 

Ilmu dasar itu ibarat 'pondasi' yang harus kita perkuat. Setelah pondasi kuat, barulah kita membangun 'dinding', 'atap' dan lain sebagainya. Intinya setelah memahami dan menguasai hal dasar, barulah anda memasuki ilmu yang lebih jauh lagi.

Bagi yang bingung bagaimana cara berinvestasi saham yang aman, solusinya adalah dengan mempelajari semua tentang ilmu dasar saham bersama onlenpedia.com. Silahkan 'ubek-ubek' web ini, karena banyak sekali ilmu dasar saham yang bisa anda pelajari. Dengan memahami ilmu dasar, maka anda akan tahu bagaimana cara investasi saham yang aman.

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang