--> Skip to main content



Cara Memulai Jualan Online Dengan Sistem Dropship

Bagaimana cara memulai jualan online dengan sistem dropship?

Sering sekali kita mendengarkan pertanyaan tersebut, pertanyaan yang muncul dari teman-teman yang ingin memulai jualan online, tapi terkendala modal yang minim dan tak memiliki stok barang yang ingin dijual. Solusinya adalah, dengan sistem dropship.

Bagaimana cara berjualan online dengan sistem dropship ini?

cara memulai jualan online dengan sistem dropship


Sebelum kita berbicara tentang cara dan tips-tips berjualan online dengan dropship, ada baiknya kita memahami apa itu dropship. Dropship adalah sistem jualan online dengan menjual barang milik orang lain, dan keuntungan didapat dari selisih harga jual yang lebih besar dari harga supplier.

Hal-hal yang perlu anda perhatikan dari sistem dropship ini antara lain:

1. Melayani pertanyaan pelanggan

Seorang dropshiper (seseorang yang berjualan dengan sistem dropship) biasanya akan langsung berhubungan dengan pelanggan anda. Maka dari itu, ketika pelanggan bertanya mengenai kondisi barang, variasi warna dan lain sebagainya -- anda harus bisa menjawabnya. Tapi biasanya situs penyedia sistem dropship sudah memiliki informasi mengenai spesifikasi barang yang dijual. Yang anda lakukan tinggal menjelaskan informasi tersebut kepada calon pembeli online anda.

2. Handle penerimaan pembayaran

Tugas lain yang dilakukan oleh seorang dropshiper adalah, menghandle penerimaan pembayaran dari pembeli. Untuk itu, anda harus memiliki rekening di bank untuk proses transfer pembayaran.
Setelah pembayaran dari pembeli anda terima, selanjutnya adalah memesan barang ke supplier dengan harga reseller. Dari sana akan terlihat kelebihan uang dari pembeli yang akan anda simpan sebagai keuntungan anda.

3. Pengepakan dan pengiriman dilakukan oleh supplier

Beruntung, dalam sistem dropship pengepakan dan pengiriman barang bukanlah tugas seorang dropshipper. Jadi, anda tak perlu repot mengemas barang dan pergi ke kantor ekpedisi. Yang anda lakukan cukup duduk manis di rumah dan biarkan pihak supplier yang melakukan pengepakan dan pengiriman barang langsung ke alamat pembeli anda.

4. Barang yang dijual atas nama toko anda

Satu hal yang bisa membuat anda terlihat profesional adalah, barang yang dikirim supplier ke pembeli menggunakan nama toko online anda. Untuk itu, berikanlah nama yang branded, agar toko online anda akan menjadi brand di masa yang akan datang.

Setelah mengetahui apa itu sistem dropship dan apa saja hal-hal yang terlibat di sistem dropship -- berikut ini akan dijelaskan cara memulai jualan online dengan sistem dropship. Penting untuk mengetahui cara dan tips dropshipping berikut ini agar anda tidak asal-asalan dalam menjalankan sistem bisnis online ini. Silahkan anda simak tahapan dalam bisnis dropship berikut ini.

1. Tentukan target konsumen anda, apakah anda ingin berjualan ke seluruh dunia (melalui Ebay) atau hanya untuk area Indonesia (melalui Tokopedia dan Bukalapak).

2. Pilih situs penyedia sistem dropship sesuai cakupan target konsumen anda, apakah situs penyedia dropship lokal atau mancanegara.


3. Setelah anda mendaftar di situs penyedia sistem dropship, kemudian pilihlah barang yang unik, laris dan harganya bersahabat untuk dijual kepada calon pembeli anda.

4. Buatlah toko online anda, bisa dengan blog, fanspage Facebook, Instagram atau grup BBM (Blackberry Messenger). Intinya sebagai tempat untuk memajang barang yang anda jual.

5. Posting produk anda di online shop secara berkala dan konsisten. Tujuannya agar calon pembeli anda melihat variasi barang di toko online anda.

6. Berikan penawaran menarik untuk konsumen anda (diskon, beli 3 gratis 1 dan lain-lain), serta strategi promosi lainnya yang berbeda dari kompetitor

7. Sering-seringlah berdiskusi dengan pihak supplier, tujuannya agar memperlancar bisnis anda. Selain itu ada juga pihak supplier yang membagikan eBook gratis tentang strategi jualan online yang jitu dan mempermudah bisnis anda.

Bagi yang ingin serius dalam memulai bisnis dengan berjualan melalui internet, ada baiknya agar menggunakan sistem dropship ini. Tujuannya selain minim modal, anda juga akan mendapatkan semacan "ilmu langsung" yang anda peroleh dengan sistem dropship ini. Ilmu yang dimaksud adalah bagaimana rasanya terjun langsung berjualan secara online, tidak sekedar teori saja.

Ketika bisnis anda berkembang dan 'insting jualan online' anda sudah dapat, barulah anda mengembangkan bisnis online anda dengan stok barang sendiri. Ya, sangat dianjurkan bagi yang ingin bisnis onlinenya berkembang -- agar tidak menggunakan sistem reseller dropship terus-menerus. Dengan memiliki stok barang sendiri, bisnis online anda akan berkembang jauh lebih pesat, keuntungan yang didapat berlipat-lipat ganda dan omset bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan. Ingat! Mulailah bisnis online dengan sistem dropship dan kembangkanlah dengan stok barang sendiri.

Sekian dahulu ulasan dari kami mengenai cara memulai jualan online dengan sistem dropship. Intinya dengan modal minim pun anda sudah bisa menjalankan bisnis jualan online anda sendiri. Dan yang terpenting, segera Action. Apalah artinya ilmu bisnis yang anda dapat apabila tidak dipraktekkan. Ayo Action dari sekarang!

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang