Skip to main content

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Berjualan Online

Apakah kamu seorang karyawan? Apakah kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan?

Dua pertanyaan di atas mungkin ada yang menjawab ya. Jika ya, maka artikel ini sangat cocok untuk kamu. Ketika kamu merasa gaji bulananmu tak sepadan dengan kebutuhan hidup, alangkah baiknya agar kamu mencari peluang usaha sampingan guna mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu yang paling praktis adalah dengan berjualan online.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mendapatkan penghasilan sampingan dengan berjualan online?

penghasilan tambahan dengan berjualan online
bisnis online


Dewasa ini, jaman semakin sulit lantaran krisis ekonomi. Tidak hanya menimpa satu kalangan saja -- melainkan beberapa kalangan ikut terkena imbas dari krisis. Para karyawan dan buruh harus menanggung biaya hidup yang semakin besar, sementara gaji bulanan naik setahun sekali. Para pengusaha pun juga tak kalah pusingnya menghadapi krisis ekonomi yang melanda saat ini. Ketika mereka tiap bulan harus menggaji karyawan, sementara omset malah menurun.

Disitulah mengapa banyak perusahaan yang memilih untuk melakukan PHK besar-besaran. Maka yang paling merasakan dampaknya adalah karyawan.

Bagaimana solusinya?

Solusinya adalah dengan memulai bisnis sejak saat ini -- meskipun cuma sampingan. Istilahnya, pekerjaan tetap jalan sembari mencari penghasilan lain. Biarpun anda sudah punya gaji bulanan, setidaknya dengan berbisnis sampingan -- anda akan mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu, bisnis anda juga bisa dijadikan 'plan B' kalau seandainya anda terkena PHK di tempat kerja.

Salah satu bisnis yang paling simple dan praktis untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan berbisnis online. Dan bisnis online yang paling mudah dan tak banyak memusingkan kepala adalah dengan berjualan online.

Pertanyaan yang sering timbul oleh mereka yang baru mau memulai berjualan online:

1. Apa saja kelebihan berjualan online ketimbang berjualan NON online?

2. Modal saya minim, apakah saya bisa memulai berjualan online?

3. Apakah bisa berjualan online tanpa stok barang?

4. Bagaimana teknik promosi yang paling baik agar bisa mendapatkan sale/penjualan?

5. Cara apa saja yang bisa dilakukan/diaplikasikan dalam berjualan online?

6. Bagaimana mengembangkan bisnis online?

7. Bisnis sudah berkembang, haruskan resign dari pekerjaan yang ada?


Berikut ini jawaban dari ketujuh problem berjualan online di atas.

1. Kelebihan berjualan online dengan berjualan NON Online antara lain:
- modal minim
- lebih praktis
- tak membutuhkan biaya sewa kios (cukup gadget+koneksi internet)
- tidak khawatir hujan atau kios terbakar
- cakupan pasar jauh lebih luas
- fleksibel, bisa berjualan kapan saja dan di mana saja (selama ada gadget di tangan).

2. Apakah bisa berjualan online dengan modal minim?
Jawabannya tentu saja bisa. Berjualan online tak harus menggunakan laptop, bisa juga hanya dengan smartphone. Berjualan online dengan smartphone bisa lewat Facebook, Twitter, Instagram, Messenger dan lain sebagainya. Kemudian, berjualan online juga tak mengharuskan memiliki stok barang -- yang akan dijelaskan di bawah ini.

3. Apakah bisa berjualan online tanpa stok barang?
Tentu saja bisa. Dalam berjualan ada yang namanya sistem reseller dan dropship. Penjelasan untuk poin ini bisa kamu baca selengkapnya di:

4. Bagaimana teknik promosi yang paling baik agar bisa mendapatkan sale/penjualan?
Banyak sekali teknik promosi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan sale/penjualan. Salah satu yang paling efektif dan efisien adalah dengan beriklan di Facebook Ads. Selain murah, kamu juga bisa menentukan target yang spesifik sesuai dengan usia dan minat calon pembeli produk yang kamu jual.
Apabila kamu ingin beriklan secara gratis, bisa dilakukan dengan memasarkan produk via BBM atau grup-grup Facebook yang relevan dengan produk yang kamu jual.
Salah satu tips dari para master jualan online, jual-lah satu barang dulu. Apabila laris, maka kamu simpan data-data pembeli kamu untuk mendapatkan upsell (penjualan selanjutnya). Caranya dengan menambah barang yang sejenis dengan yang kamu jual sekarang, karena minat pembeli kamu sangat pas dengan barang tersebut.

5. Cara apa saja yang bisa dilakukan/diaplikasikan dalam berjualan online?
Banyak cara yang bisa kamu lakukan. Selain dengan menjual ke seluruh Indonesia, kamu juga bisa menjual produk reseller dropship yang unik di sekitar daerah tempat tinggal kamu. Jual-lah barang yang unik dan belum ada di kotamu, sehingga kamu tidak memiliki saingan.

6. Bagaimana mengembangkan bisnis online?
Ketika omset kamu sudah lumayan stabil dan kamu sudah memiliki banyak tabungan, alangkah baiknya agar berhenti berjualan online dengan sistem reseller dropship. Sudah saatnya kamu terjun sendiri mengimpor produk dari China. Selain harganya yang murah dan potensi keuntungan yang bagus (sampai dengan 1000%), kamu juga bisa menjadi supplier, dan orang lain yang menjadi reseller kamu.
Caranya?
Silahkan pelajari lebih dalam lagi di:

7. Bisnis sudah berkembang, haruskan resign dari pekerjaan yang ada?
Ada waktu di mana kamu harus resign, namun jangan gegabah dulu. Pastikan penghasilan sampingan kamu stabil dan melebihi gaji kamu. Kemudian kamu harus memiliki tabungan minimal lebih dari 10 juta. Setelah itu, kamu boleh resign dengan tujuan untuk fokus di bisnismu yang bukan sebagai sampingan lagi.

Krisis ekonomi memang kejam. Namun kekejamannya kalau dilihat secara positif akan memberikan dampak yang bagus, seperti berani memulai usaha (walau sampingan), dan tentunya akan lebih rajin dan bersemangat dalam mencari uang. Jangan lupa, memulai bisnis juga bisa dikatakan investasi. Selain bertujuan untuk mengantisipasi inflasi (penurunan nilai mata uang), tujuanmu berbisnis adalah untuk mempersiapkan hari tua yang lebih tenang dan lebih baik.

Sekian dulu ulasan dari kami mengenai usaha sampingan dengan berjualan online. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi kamu semua.

Salam sukses dan GO ACTION!!


Baca Juga