--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Ingin Jualan Online Tapi Tak Punya Stok Barang? Ikuti Cara Ini!

Era digital semakin merajalela. Hampir semua aktifitas bisa dilakukan secara online, seperti: berteman melalui media sosial, membeli tiket pesawat online, booking hotel online, berinvestasi online, jualan online dan masih banyak lagi.

Dari segala aktifitas tersebut, semuanya memiliki peluang untuk dijadikan bisnis. Namun dari semua itu, yang terpopuler adalah bisnis jualan online. Apalagi jualan online sekarang ini tak mengharuskan si penjual memiliki stok barang.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya berjualan online tanpa memiliki stok barang?

jualan online tanpa stok barang memangnya bisa


Memang tak bisa dipungkiri, banyak sekali penjual online yang sukses dengan omset ratusan juta perbulan. Silahkan baca di:
2 Wanita muda yang sukses di dunia internet.

Kisah sukses jualan online memang menjadi semacam motivasi bagi kita semua. Namun, bagi yang tidak memiliki stok barang pasti akan ragu bagaimana memulai bisnis jualan online.

Berikut ini akan kami jelaskan cara berjualan online tanpa stok barang. Cara ini bisa anda gunakan dalam rangka memulai usaha. Tapi yang harus diingat, apabila usaha anda sudah mapan, ada baiknya agar anda memiliki stok barang sendiri. Jadi cara yang dijelaskan berikut ini hanya dianjurkan bagi mereka yang benar-benar ingin memulai bisnis jualan online, tapi terkendala stok barang yang tak dimiliki.

Baiklah tanpa berbasa-basi lagi, bagi yang ingin berjualan online tapi tak memiliki stok barang -- silahkan ikuti cara berikut ini!


1. Sistem Affiliasi

Sistem affiliasi adalah sistem mempromosikan barang/jasa milik vendor sampai dengan terjual. Jadi komisi akan didapatkan setiap terjadinya penjualan.

Kelebihan sistem affiliasi:
- Kita cukup memasarkan saja, untuk urusan penerimaan pembayaran produk di handle oleh pemilik produk. Istilahnya, kita 'mengantar' pembeli sampai di depan toko saja.

Kekurangan sistem affiliasi:
- Harus memiliki blog atau website
- Besaran komisi biasanya kecil dan sudah ditetapkan oleh penjual produk (kita tidak bisa meningkatkan komisi)
- Pembayaran komisi biasanya ada jumlah minimalnya. Apabila jumlah minimal tak tercapai, maka pembayaran komisi akan ditunda sampai jumlah minimum tercukupi
- Pembayaran dilakukan 30-60 hari setelah jumlah minimum komisi tercapai.

Adapun contoh situs yang menyediakan sistem affiliasi antara lain:
- Mancanegara: Amazon, CJ, Clickbank dan lain sebagainya
- Indonesia: Lazada, Blibli, Zalora, Agoda, Toko One dan lain sebagainya.

Ingat! Untuk sistem affiliasi ini mengharuskan anda memiliki blog atau website. Apabila belum memiliki blog atau website, maka pengajuan affiliasi anda pasti ditolak.


2. Sistem Dropship

Sistem dropship adalah menjual barang milik orang lain, di mana keuntungan yang didapat adalah selisih harga jual ke konsumen dengan harga beli ke pemilik produk. Jadi, kita sendiri yang menghandle pembayaran, kemudian kita transfer ke pemilik produk sesuai harga reseller dropship, dan keuntungannya adalah milik kita. Untuk pengepakan dan pengiriman barang, dilakukan oleh pemilik produk -- tapi mengirimnya atas nama toko online milik kita.

Kelebihan sistem dropship
- Tak harus memiliki blog atau website, penjualan bisa dilakukan via media sosial ataupun media chatting
- Besaran komisi bisa kita tetapkan sendiri, tergantung harga jual yang kita inginkan
- Komisi bisa diambil kapan saja, selama ada pembelian, di situ langsung ada komisi untuk kita. Ingat! Uang pembayaran dari pembeli ada di tangan kita
- Pengepakan dan pengiriman barang sudah dihandle oleh pemilik produk, memudahkan kerja kita dalam berjualan.

Kekurangan sistem dropship
- Pembayaran dari pembeli kita handle sendiri, tak seperti affiliasi yang dari pembayaran sampai pengiriman dihandle oleh pemilik produk
- Pengiriman barang bisa lebih lama, karena prosesnya melalui kita. Semakin cepat kita mentransfer uang ke pemilik produk, semakin cepat pula produk dikirim ke pembeli.

Untuk situs penyedia sistem dropship ini lumayan banyak, jadi anda bisa membaca dan mempelajarinya di:

Era digital akhir-akhir ini semakin merajalela, so manfaatkan momentum ini untuk membangun bisnis online anda. Bagi yang ingin jualan online tapi terkendala stok barang, silahkan coba salah satu cara di atas. Tapi Ingat!! Cara di atas hanya untuk memulai saja. Apabila bisnis jualan online anda sudah berkembang pesat, usahakan agar memiliki stok barang sendiri. Tujuannya agar omset anda bisa berkali-kali bahkan beratus-ratus kali lipat.

Jadilah top seller dengan omset ratusan juta -- atau bahkan miliaran rupiah. Buktikan kalau anda bisa!

Salam sukses dan go Action!!!

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang