--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Reseller Dropship Atau Impor Langsung, Pilih Yang Mana?

Memulai bisnis online, khususnya berjualan online memang memerlukan ilmu dan cara-cara tertentu. Saat ini, kebanyakan orang-orang memilih cara berjualan online dengan sistem reseller dropship, lantaran modal minim dan sebagian besar proses dihandle oleh pemilik produk (supplier). Tapi ada juga satu cara untuk berjualan online, yaitu dengan impor langsung ke negara supplier misalnya China.

Pertanyaannya sekarang, pilih yang mana? Sistem dropship atau impor langsung?

reseller dropship atau impor langsung jualan online
Ilustrasi jualan online


Sebenarnya, baik sistem dropship maupun impor langsung memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi kamu yang baru merintis bisnis jualan online, ada baiknya agar memulainya dengan sistem dropship, karena:

1. Modal minim
2. Resiko kecil
3. Bisa dikerjakan sebagai usaha sampingan bagi yang punya pekerjaan tetap
4. Pengepakan dan pengiriman barang dihandle oleh supplier
5. Tidak memerlukan stok barang
6. Variasi barang yang ditawarkan lebih banyak, karena barang supplier biasanya bervariasi dan anda tak harus membelinya/menyetoknya terlebih dahulu
7. Bagi yang baru belajar bisnis online disarankan untuk menggunakan sistem dropship dengan tujuan mengenal 'medan tempur' sebelum anda benar-benar terjun habis-habisan di dunia bisnis online.


Meskipun memiliki banyak kelebihan, sistem reseller dropship juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

1. Potensi berkembangnya lambat, alangkah baiknya agar memiliki stok barang sendiri apabila anda ingin mengembangkan online shop sendiri
2. Keuntungan yang didapat tak sebesar impor langsung, karena harga barang melalui importir/supplier.


Sekarang kita bandingkan dengan sistem impor langsung ke negara vendor, misalnya China. Kelebihan sistem impor langsung, antara lain:

1. Sudah pasti keuntungan yang didapat berlipat-lipat ganda (sampai dengan 800%), karena harga barang di China sangatlah murah
2. Proses impor barang tak seribet yang dibayangkan, asalkan anda tahu ilmu dan 'jalur impor'nya
3. Biasanya biaya kirim dari China sangat murah, bahkan ada yang gratis (subsidi pemerintah China kepada UKM di negaranya)
4. Barang yang dijual tidak diproduksi di Indonesia, artinya saingan anda tidak terlalu banyak
5. Potensi berkembangnya online shop anda sangat besar
6. Toko online anda lebih profesional dan berpotensi memiliki banyak reseller yang akan menjualkan produk anda (karena faktor harga yang murah tadi), sehingga anda tidak perlu susah payah menjual ke konsumen langsung.

Silahkan baca: Kenapa harus impor barang langsung ke China?

Seperti sistem dropship, sistem impor langsung juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

1. Memiliki modal besar untuk menyetok barang. Kalau bisa juga memiliki gudang/ruangan khusus untuk menyimpan stok barang
2. Proses pengiriman barang memakan waktu yang lama, jadi disarankan memesan 1 jenis barang dengan jumlah yang banyak agar tidak berulang-kali memesan apabila habis terjual.

Bisa disimpulkan, baik sistem dropship maupun impor langsung sama bagusnya -- asalkan anda praktekkan langsung alias ACTION!

Apabila anda terkendala dalam hal permodalan, jangan memaksakan diri mengimpor langsung karena mengimpor barang sedikit/satuan rasanya kurang bagus untuk bisnis anda. Apabila anda baru memulai jualan online, sebaiknya menggunakan sistem reseller dropship dulu (untuk sementara). Selain tak mengharuskan memiliki stok barang, anda juga akan mendapatkan 'ilmu bisnis gratis' dengan terjun langsung di bisnis online. Setidaknya, resiko yang ditimbulkan di sistem dropship juga sangat kecil.

Lain halnya ketika anda memiliki modal yang memadai dan siap untuk membangun online shop yang handal dan profesional, alangkah baiknya agar anda menggunakan sistem impor langsung. Potensi keuntungan yang anda dapat akan sangat besar, selain itu anda juga bisa mendapatkan banyak reseller yang akan menjualkan produk anda. Istilahnya, anda -lah yang sekarang jadi suppliernya.

Jadi, daripada buang-buang waktu lantaran galau memilih sitem dropship atau impor langsung, ada baiknya agar anda langsung TAKE ACTION!! Pilihlah metode yang paling cocok dengan kondisi anda, karena baik dropship dan impor langsung sama bagusnya. Apalagi kalau di daerah anda masih belum banyak yang tahu tentang bisnis online, maka materi ini merupakan ilmu berharga yang harus anda terapkan -- agar anda bisa 'menguasai' pasar bisnis di daerah tempat tinggal anda.

Sekian dahulu materi tentang sistem dropship dan impor langsung ini kami tulis. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi sobat pebisnis online semuanya.

Salam sukses dan GO ACTION!!!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang