--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Indeks Saham Menurun, Apakah Sudah Waktunya Membeli Saham?

Salam Investasi! Indeks saham menurun, apakah sudah waktunya untuk membeli saham?

Pertanyaan di atas memang sangat pas untuk menggambarkan situasi pasar modal di Indonesia saat ini. Nilai IHSG yang akhir-akhir ini mengalami tren negatif, menjadi bukti penurunan indeks saham lokal.

Haruskah kita masuk di saat harga saham turun?

indek saham menurun waktu yang tepat membeli saham


Dilihat dengan kasat mata, dengan menurunnya nilai saham di bursa merupakan saat yang tepat untuk kita masuk dan menambah portofolio. Atau bisa juga kita memborong saham-saham yang fundamentalnya bagus, namun saat ini nilainya tengah terpuruk. Hanya menunggu waktu saja, kemungkinan saham-saham tersebut akan kembali ke jalur yang tepat, sehingga tak ada salahnya kita membeli saham tersebut di waktu sekarang ini.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli saham yang sedang turun itu, perhatikan faktor-faktor sebagai berikut:

1. Kenali bisnis perusahaan pemilik saham, apakah memiliki potensi jangka panjang atau tidak

2. Amati indikator kinerja perusahaan seperti omset, laba bersih, aset yang dimiliki, hutang, nilai buku, jumlah saham, earning per share (EPS), price to earning ratio (PER), return on equity (ROE), prospek perusahaan dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya, bahwa jenis saham yang direkomendasikan di masa krisis seperti sekarang ini adalah saham konsumer.


Mengapa harus saham konsumer?

Karena saham konsumer -lah yang paling tangguh dalam menghadapi krisis. Kalau kita logikakan, barang-barang kebutuhan manusia (konsumer) akan terus laku meskipun krisis. Orang pasti perlu minyak goreng, sabun, pasta gigi dan produk konsumer lainnya walaupun sedang didera krisis ekonomi. Untuk itu, jenis saham yang paling cocok di saat krisis ekonomi ini adalah saham-saham konsumer seperti Indofood, Unilever dan lain sebagainya.

Selain saham konsumer, saham infrastruktur sepertinya juga menjadi primadona dalam periode sekarang ini. Saat ini pemerintah tengah gencar membangun infrastruktur, baik jangka menengah maupun jangka panjang. Inilah saat yang tepat untuk anda agar segera memborong saham-saham tersebut, mumpung sedang turun. Apalagi seperti yang dikatakan Ellen May, pakar sekaligus edukator investasi -- dia melihat menyarankan para investor saham agar mulai shopping saham di bulan Oktober 2015 ini. Penurunan saham saat ini kemungkinan merupakan puncaknya, sehingga dalam waktu dekat harga saham diprediksi akan kembali menguat.

Semoga penjelasan mengenai harga saham di atas mampu memberikan inspirasi bagi sobat investor semuanya.



AYO BELI SAHAM SEKARANG, MUMPUNG HARGANYA SEDANG TURUN!

Salam investasi!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang