--> Skip to main content



Persaingan Ketat Situs ECommerce 'Raksasa', Apakah Kita Masih Punya Peluang?

Tahun 2015 ini dunia ecommerce kian mendominasi di Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya iklan-iklan situs ecommerce seperti Tokopedia, Lazada, Matahari Mall, OLX, Blibli, Elevenia, Bukalapak dan lain sebagainya. Ini membuktikan kalau dunia ecommerce akan menjadi lahan bisnis yang sangat gurih di masa kini dan yang akan datang.

Seiring dengan ketatnya persaingan situs-situs besar ecommerce, apakah kita masih memiliki peluang?

persaingan ketat situs jual beli, apa kita punya peluang
©Juragansenter.com


Jawabannya adalah tentu saja MASIH BANYAK PELUANG. Biarkan para "raksasa" bersaing dengan cara mereka sendiri, dan kita akan melakukan sesuatu dengan cara kita sendiri.

Lalu bagaimana caranya mengambil peluang di tengah ketatnya persaingan situs-situs ecommerce besar?

Silahkan ikuti tips-tips berikut ini!


1. Ikut berjualan di beberapa situs besar

Ada beberapa situs besar yang kita bisa ikut berjualan di dalamnya. Kita tinggal mendaftar sebagai penjual di situs tersebut.
Adapun situs yang bisa dijadikan tempat untuk menjual produk kita adalah Tokopedia dan Bukalapak.


2. Ikut program affiliasi di beberapa situs besar

Senada dengan poin pertama, di poin kedua ini kita juga bisa berpartner dengan situs-situs besar dengan mengikuti program affiliasi. Perlu kamu ketahui, cara kerja dari program affiliasi adalah mempromosikan produk sampai terjual, dan komisi didapatkan setiap kali penjualan terjadi.
Adapun situs ecommerce yang menyediakan program affiliasi adalah Lazada dan Blibli.
Biasanya program affiliasi ini mengharuskan kita memilik blog/website.


3. Berjualan dengan stok barang sendiri

Meskpun banyak situs ecommerce yang berhamburan, tak serta merta membuat nyali kita ciut. kita bisa berjualan online dengan modal dan stok barang sendiri. Tapi usahakan menjual barang yang spesifik, jadi toko kita bisa "menonjol" berkat ciri khas produk yang kita jual. Kita bahkan bisa eksis karena situs-situs besar tidak menjual produk yang spesifik.
Adapun cara berjualan dengan stok barang sendiri bisa dilakukan dengan blog/toko online, media sosial maupun media chatting.


4. Berjualan dengan sistem dropship

Bagi yang ingin meminimalisir resiko kerugian atau bagi yang bermodal minim, bisa berjualan secara online dengan sistem dropship. Sistem ini hanya menjualkan produk milik orang lain, sehingga apabila tak laku -- tak akan merugikan anda. Selain itu, stok barang yang dijual juga bervariasi, sehingga toko onlie anda akan terlihat profesional lantaran banyaknya stok barang yang dijual.
Adapun keuntungan yang anda dapat adalah selisih harga beli dari vendor dengan harga jual ke konsumen.

Setelah membaca keempat tips di atas, dapat disimpulkan kalau peluang bisnis online dengan berjualan online akan selalu ada. Kita tak perlu 'keder' dengan maraknya situs-situs besar bermunculan. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang bagi kita semua.

Sekian dulu ulasan dari kami mengenai peluang berjualan online ditengah ketatna persaingan situs-situs ecommerce besar. Semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi bagi anda agar bisa segera ACTION.

Ayo mulai bisnismu dari sekarang!


Baca juga:

Bisnis affiliasi dan CPA sangat menjanjikan apabila ditekuni
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang