Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Tips Sukses Menjadi Dropshipper

Di era krisis sekarang ini, berbisnis online merupakan cara terbaik, karena praktis, modal minim dan tentunya tak memerlukan ijin birokrasi yang sangat ribet.

Salah satu cara berbisnis online yang paling simple dan bermodal minim adalah — berjualan online dengan sistem dropship. Anda cukup menjualkan produk orang lain yang tentunya tak memusingkan anda dalam menyediakan stok barang. Sedangkan keuntungannya adalah, selisih harga yang anda jual ke pembeli dengan harga barang dari supplier/vendor.

Muncul sebuah pertanyaan, adakah tips sukses menjadi dropshipper?

ilustrasi dari Pixabay

Dalam menjalankan bisnis dropship tentunya tidak bisa sembarangan dan serampangan. Semua ada ilmu dan tekniknya, yang tentunya berasal dari master-master dropship di Indonesia. Mereka membuktikan bahwa metode yang mereka gunakan telah berhasil membuat omset mereka meningkat.
Penasaran seperti apa tipsnya?
Yuk simak tips sukses menjadi dropshipper berikut ini!

1. Temukan Supplier yang tepat.

Supplier atau vendor penyedia sistem dropship lumayan banyak di Indonesia. Namun, sebagian besarnya masih menggunakan cara-cara tradisional alias belum ada sistem yang memanfaatkan teknologi.
Selain itu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilih supplier/vendor yang akan menjadi partner bisnis anda, antara lain:
– barang yg dijual usahakan banyak dan bervariasi, tujuannya agar anda memiliki banyak opsi produk yang akan dijual
– usahakan calon vendor anda memiliki tim yang solid dan memiliki tugas di masing-masing bagian
– respon cepat
Bagi yang ingin tahu daftar situs penyedia dropship yang memenuhi syarat-syarat di atas, silahkan baca di:


2. Setelah mendapatkan supplier, saatnya memilih barang yang unik dan menarik untuk dijual. Usahakan pilih 1 barang dulu dan fokus untuk menjual barang tersebut.
Setelah itu, buatlah fanpage Facebokk dengan nama barang tersebut.
3. Gunakan FB Ads agar barang cepat laku.
Di era sekarang ini, di mana persaingan yang semakin ketat — maka anda harus berani beriklan agar barang yang anda jual cepat laku. Istilahnya harus ada ‘pengorbanan’ sebelum mendapatkan keuntungan.
Adapun cara beriklan yang baik dan murah adalah, melalui FB Ads. Jangan lupa setting target pembeli yang spesifik, baik dari geo, umur, jenis kelamin, dan juga minat.
4. Fokus mendapatkan Trust.
Sebagai dropshipper, kita harus lebih mengutamakan TRUST ketimbang laba yang besar — kalau baru memulai bisnis ini. Setelah TRUST sudah didapat, barulah memikirkan bagaimana cara meningkatkan omset penjualan.
Adapun cara-cara untuk mendapatkan TRUST antara lain:
– jual -lah barang dengan harga yang bersahabat/keuntungan sedikit
– perhatikan komplain pembeli dengan sigap dan anda harus siap mengganti kerugian pembeli
– perkenalkan brand/nama toko online anda agar selalu diingat konsumen
– berikan diskon/bonus tertentu
– minta testimoni dari penjualan yang sukses
– setelah TRUST didapat, maka penjualan selanjutnya (upsell) akan lebih mudah untuk didapatkan.
5. Setelah TRUST didapat — yaitu dengan banyaknya penjualan yang sukses — tiba saatnya untuk menambah omset. Salah satu caranya adalah, dengan menambah variasi barang yang dijual — agar lebih banyak menjaring pembeli.
6. Setelah bisnis jualan online anda berkembang, berhentilah menjadi dropshipper — tapi mulailah menyetok barang sendiri.
Jangan berniat selama-lamanya menjadi dropshipper. Ketika modal sudah cukup, saatnya anda memiliki stok barang sendiri.
Caranya?
Bisa dengan menjadi grosir, atau menjadi importir langsung produk-produk China.

Sekian dahulu tips dari kami agar anda bisa sukses menjadi dropshipper. Ingat! Setelah bisnis anda berkembang, jangan selamanya menjadi dropshipper! Anda harus belajar menjadi seorang supplier dan mencari dropshipper-dropshipper lain untuk menjualkan produk anda.
Salam sukses!

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here