Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Penjual Baru di Tokopedia, Jangan 'Takut' Bersaing Dengan Penjual Lama

Seringkali orang ragu berjualan di Tokopedia lantaran persaingan yang begitu ketat. Ada semacam desas desus yang mengatakan kalau penjual baru tak akan mampu bersaing dengan penjual yang sudah lama 'menggelar lapak' di Tokopedia.

Anda yakin?

Cara memenangkan persaingan di tokopedia
©Tokopedia

Sebagai salah satu situs ecommerce lokal yang mempertemukan penjual dengan pembelli secara online, Tokopedia memiliki pengguna yang lumayan banyak. Pengguna yang dimaksud terbagi menjadi 2, yaitu pembeli dan penjual. Khusus bagi penjual, tentunya di tahun 2015 ini penjual di Tokopedia semakin banyak saja.

Karena beratnya persaingan di Tokopedia, ada yang beranggapan bahwa penjual baru tak mungkin bisa bersaing dengan penjual yang lama.

Apakah anggapan itu benar?

Salah satu faktor yang membuat penjual lama lebih baik dari penjual baru adalah, tingkat kepercayaan pembeli terhadap penjual tersebut. Jadi, orang-orang beranggapan kalau penjual lama lebih dipercaya ketimbang penjual baru.

Sebenarnya, kalau alasannya adalah keamanan dan kepercayaan, maka tidak hanya penjual lama yang lebih unggul. Kita balik lagi ke sistem Tokopedia, di mana pembayarannya menggunakan sistem rekening bersama. Dengan adanya rekening bersama -- pembeli tak perlu khawatir akan terjadinya penipuan. Uang akan diterima penjual apabila pembeli mengkonfirmasi kalau barang sudah sampai. Alhasil, sistem pembayaran yang digunakan Tokopedia ini sudah menjamin keamanan, baik itu penjual yang lama maupun penjual baru. Tak ada alasan bagi penjual baru untuk takut bersaing dengan penjual lama -- lantaran sistem ini sifatnya pukul rata.

Lalu bagaimana cara memenangkan persaingan dengan penjual yang sudah lama?

Kita tahu sendiri kalau tiap barang yang dijual di Tokopedia itu pasti memiliki lebih dari 1 penjual. Ketika pembeli mengetikkan nama barang yang ingin dibelinya, maka muncul pilihan dari banyak penjual dengan barang yang sama.

Apa yang membedakan?

Jawabannya adalah HARGA!

Jadi cara untuk 'menaklukkan' penjual lama yang menjual barang yang sama dengan anda adalah, dengan berani 'membanting' harga. Pembeli di Tokopedia melihat barang berdasarkan harga, karena untuk keamanan dan kepercayaan sudah dijamin oleh sistem Tokopedia.

Jadi kesimpulannya, siapapun yang ingin berjualan di Tokopedia, perhatikan -lah harga barang dari kompetitor anda. Pemenangnya adalah yang paling berani menentukan harga paling murah diantara yang lain.

Pertanyaannya sekarang, sudah siapkah anda untuk berjualan di Tokopedia?

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR