Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (5 Tahun)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

5 Pertanyaan yang Muncul Ketika Hendak Memulai Bisnis

Ketika akan memulai bisnis, bagi yang sudah yakin tentu tak masalah. Namun, bagi yang masih ragu -- ada saja hal-hal yang mengganggu ketika dia akan memulai bisnis. Biasanya hal-hal tersebut datangnya dari dalam diri, yang semestinya harus segera 'disingkirkan'.

Langsungs saja, berikut ini ada 5 pertanyaan yang muncul ketika hendak memulai bisnis.

Apa sajakah itu?



©Ilustrasi dari Pixabay
5 Pertanyaan yang muncul ketika hendak memulai bisnis


1. Apakah modalnya cukup?
Orang yang ragu-ragu dalam berbisnis --
selalu mempersoalkan mengenai poin pertama ini. Modal dijadikan alasan utama ketika dirinya dilanda keraguan. Padahal, modal utama dalam berbisnis bukanlah uang, melainkan kemauan, semangat, kerja keras dan pantang menyerah.
Sebenarnya, ada bisnis yang dimulai dengan tanpa modal -- seperti blogging. Kemudian, bagi yang punya modal minim -- bisa memulai yang namanya bisnis dropship.

2. Bagaimana cara memasarkan?
Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah, bagaimana cara memasarkan barang atau jasa yang dijual? Pertanyaan seperti ini muncul di benak mereka yang masih ragu dan malas mencari tahu. Padahal, banyak cara memasarkan produk, bisa secara online ataupun offline. Yang terpenting, target marketnya sesuai dengan produk yang dijual. Intinya, jangan malas untuk belajar dan mencari tahu. Selain itu, dalam berbisnis tak ada yang instan dan 'cepat saji'. Semuanya membutuhkan proses yang panjang dan penuh dengan perjuangan.

3. Apakah bisa bersaing dengan kompetitor?
Pertanyaan ketiga adalah, ketidakpercayaan diri ketika harus berhadapan dengan kompetitor. Dalam berbisnis, perlu yang namanya keyakinan dan kepercayaan diri. Jangan sampai 'kalah sebelum berperang'. Kalau kita tidak yakin dengan kemampuan kita, maka jangan coba-coba untuk berbisnis. Bisnis itu perlu keyakinan, keuletan dan ke'keras-kepalaan' yang tinggi -- agar tidak mudah putus asa.
Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memenangkan persaingan adalah, dengan melakukan inovasi dari segi pemasaran -- atau berani 'membanting' harga produk yang dijual.

4. Apakah bisa terus bertahan?
Pertanyaan yang keempat ini harus dipikirkan sebelum menentukan bidang bisnis yang akan dijalankan. Tentukanlah bidang bisnis yang berkaitan dengan kebutuhan orang-orang. Kemudian pikirkan apakah produk tersebut sifatnya akan terus menerus dibutuhkan atau tidak. Ini penting demi kelanggengan suatu bisnis.

5. Bagaimana kalau gagal?
Bayang-bayang kegagalan selalu menghantui para pebisnis. Jangan pernah menolak kegagalan yang akan menimpa anda, karena itu bisa menghancurkan bisnis anda. Terimalah segala macam resiko yang mungkin terjadi di bisnis anda, agar anda selalu siap setiap saat.
Cara untuk menyikapinya adalah, dengan menyiapkan plan B atau rencana back up (cadangan) kalau-kalau rencana utama anda gagal. Jadi, ketika anda gagal -- maka anda tidak akan hancur total. Sudah ada back up yang 'menyelamatkan' anda dari jurang kebangkrutan.
Ingat, dalam berbisnis itu -- kegagalan adalah menu wajib. Jadi, mau tidak mau -- anda harus siap untuk GAGAL.


Dalam berbisnis, selalu saja ada keraguan yang mengganggu kita. Semua itu harus bisa kita antisipasi dan sikapi dengan cerdas dan bijaksana. Ingat, musuh terbesar kita ada di dalam diri kita sendiri, seperti keraguan, ketakutan, kemalasan dan kesombongan. Semua itu harus disingkirkan -- agar kita siap bertempur di medan perang yang sesungguhnya -- yaitu DUNIA BISNIS.

Sekian dahulu tulisan dari kami mengenai 5 pertanyaan yang muncul ketika hendak memulai bisnis. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi anda semua.

Ayo, mulai bisnis anda dari sekarang!!
Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL