Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

5 Tips Jitu Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis yang Semakin Ketat

Di jaman sekarang, persaingan bisnis kian ketat saja. Hampir segala bidang bisnis, baik yang online maupun offline -- selalu ada persaingan guna menjadi yang terbaik.

Lalu bagaimana menyikapi persaingan bisnis yang semakin ketat ini?

4 tips jitu dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat
©Pixabay

Hampir di segala bidang bisnis, seperti kuliner, fashion, properti ataupun bisnis online -- sudah diisi oleh banyak pebisnis. Alhasil, terciptalah persaingan yang teramat sengit -- yang mana yang TERBAIK -LAH yang akan menjadi pemenangnya.

Biasanya, dukungan modal juga turut mempengaruhi 'ketahanan' suatu bisnis, ketika menghadapi persaingan yang kian ketat. Meski begitu, bisnis dengan dukungan dana yang besar juga bisa 'tumbang', apabila tidak bisa mempelajari prospek dan pasar, serta kurangnya inovasi. Publik/pembeli tentunya lebih memilih usaha yang sudah lama berdiri, karena sudah dipercaya dan memiliki kredibilitas yang bagus. Banyak bisnis-bisnis baru yang berjatuhan, lantaran bisnisnya SAMA PERSIS dengan yang sudah ada.

Lalu bagaimana cara menyikapi persaingan bisnis yang kian ketat ini?

Baiklah, tanpa berbasa-basi lagi -- berikut ini ada 5 tips jitu dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Silahkan disimak baik-baik.



1. Lihat Pangsa Pasarmu
Ketika kamu memutuskan untuk berbisnis di sebuah bidang, katakanlah bidang kuliner -- ada baiknya agar kamu mempelajari pangsa pasarmu. Apakah bisnismu cocok dengan pangsa pasarmu? Kemudian apakah cakupan pangsa pasarmu luas, atau sempit?
Andaikata pangsa pasarmu luas, kamu boleh meneruskan bisnismu dan bersaing dengan bisnis yang sejenis. Sebaliknya, andaikata pangsa pasarmu sempit, alangkah baiknya agar kamu mengganti bisnismu dengan bisnis yang lain. Janganlah kamu 'mati-matian' bersaing hanya demi pangsa pasar yang kecil. Lebih baik bersaing 'mati-matian' untuk pasar yang lebih besar.


2. Pelajari Kompetitormu
Ketika kamu sudah mendapatkan pangsa pasar yang bagus, saatnya untuk bersaing melawan kompetitermu. Hal yang pertama mesti kamu lakukan adalah, mempelajari bisnis kompetitormu. Lihat di mana kelebihannya, bagaimana manajemennya, bagaimana inovasinya, dan pelajari juga di mana letak kelemahannya. Istilahnya adalah ATM, Amati, Tiru, Modifikasi!

3. Buatlah Perbedaan
Ketika kamu sudah mempelajari dengan baik seperti apa bisnis kompetitormu, saatnya kamu membuat 'perbedaan' pada bisnismu. Buatlah semacam inovasi baru yang tidak dimiliki kompetitormu. Hindarilah memiliki kelemahan yang sama yang dimiliki oleh kompetitormu, agar kamu memiliki keunggulan di banding mereka. Jangan lupa, buatlah 'perbedaan' dari segala bidang, termasuk teknik promosi/pemasaran

4. Utamakan Kualitas
Tempatkanlah KUALITAS sebagai prioritas bisnismu. Dengan kualitas yang bagus, bisnismu akan selalu diingat oleh pembeli. Dan bukan tidak mungkin kalau 'pembeli' tersebut akan berubah menjadi 'pelanggan'.
Ingat! Tanamkanlah mindset memberikan KUALITAS ketimbang mencari KEUNTUNGAN semata.

5. Jangan cepat puas
Dalam berbisnis, hal yang harus dihindari adalah 'rasa cepat puas'. Rasa cepat puas bukan berarti tidak bersyukur. Justru yang cepat puas -lah yang akan terjerumus ke dalam jurang bernama kesombongan dan kemalasan. Orang-orang yang cepat puas (dengan apa yang diraihnya) cenderung suka mengkritik dan mengurusi bisnis orang lain. Dia merasa lebih sukses ketimbang kompetitor, sehingga merasa paling hebat dan paling sukses. Alhasil, rasa malas pun akan datang menggerogotinya.
Untuk itu, janganlah kamu cepat merasa puas. Dalam berbisnis, kamu harus terus 'berlari' menjauhi kompetitormu. Kalau kamu cepat puas, maka kamu -lah yang akan 'dikejar' oleh kompetitor.


Inovasi tiada henti adalah kunci sukses dalam berbisnis. Ketika kita menemukan inovasi baru, pikirkanlah untuk menciptakan inovasi selanjutnya. Hal itu dikarenakan inovasi terdahulu pasti akan DITIRU oleh kompetitormu. Untuk itu, kamu harus 'lari dan terus berlari'.

Siapa yang terus berlari, maka dialah pemenangnya. Sebaliknya, siapa yang cepat puas dan sombong, lambat-laun dia pasti akan 'tumbang'.

Sekian dahulu ulasan singkat mengenai 5 tips jitu dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi sobat semua.

Salam sukses!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR