Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Cara Jitu Bersaing Dengan Situs Ecommerce 'Raksasa'

Ketika kita ingin berjualan secara online, terkadang kita sudah 'keder' duluan melihat situs-situs ecommerce raksasa seperti Lazada, MatahariMall, Blibli, Elevenia, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya.

Adakah cara jitu bersaing dengan situs-situs ecommerce raksasa tersebut?

Yuk kita simak ulasannya berikut ini!

cara jitu bersaing dengan situs ecommerce raksasa besar
©Ilustrasi dari pixabay

Meskipun banyak situs-situs ecommerce yang berstatus 'raksasa'di Indonesia, bukan berarti pebisnis online individu/kelompok tak bisa bersaing. Banyak sekali pebisnis online non 'kapitalis' yang mampu bersaing menjaring pembeli yang banyak. Bahkan ada yang sampai mencapai omset miliaran rupiah perbulannya (HijUp.com).

Baiklah, tanpa berbasa-basi lagi -- berikut ini tips jitu dalam membangun toko online yang bisa bersaing dengan situs-situs ecommerce raksasa. Silahkan disimak baik-baik.


1. Buatlah toko online yang profesional
Langkah awal untuk bersaing dengan situs-situs ecommerce raksasa adalah, dengan membangun toko online yang profesional. Paling minim menggunakan CMS seperti wordpress, agar terlihat lebih profesional dan mampu berkembang lebih besar lagi.

2. Gunakan nama yang berpotensi menjadi brand
Tips kedua adalah, dalam hal membuat nama untuk toko online anda. Buatlah nama yang berpotensi menjadi brand, misalnya unique shop, herbal shop, gear store dan lain sebagainya. Hindarilah menggunakan nama individu sebagai nama toko online anda, karena kesannya seperti toko online yang biasa-biasa saja.

3. Jadilah 'spesialis'
Tips ketiga, yaitu menjadi 'spesialis'. Spesialis yang dimaksud adalah, fokus menjual 1 jenis barang saja. Alhasil, toko anda akan dikenal sebagai spesialis dari jenis produk tersebut.
Melihat dari situs-situs ecommerce raksasa yang biasanya menjual berbagai jenis barang, dengan menjadi 'spesialis' -- maka toko anda akan lebih mudah diingat oleh pembeli. Sebagai contoh, misalnya anda adalah toko 'spesialis' alat pancing yang menjual berbagai macam kebutuhan memancing. Alhasil, orang-orang lebih memilih membeli alat pancing di toko 'spesialis' milik anda, ketimbang di situs-situs besar seperti Lazada.

4. Berani membanting harga
Untuk poin yang keempat ini sangat sulit dijalankan, apabila anda tak langsung membeli dari luar negeri atau menjadi importir. Apabila anda menjadi reseller dari importir lain, maka harga barang yang anda jual akan berlipat ganda -- karena melalui 'banyak tangan'. Jadi usahakan agar anda menjadi importir langsung, atau mungkin memproduksi sendiri -- agar harga jual barang lebih murah ketimbang kompetitor.

5. Cari reseller/dropshipper sebanyak-banyaknya
Untuk menunjang kelangsungan toko online anda, ada baiknya agar anda memiliki banyak reseller/dropshipper. Dengan begitu, anda memiliki banyak 'sales' di garis depan yang  menjualkan barang anda kepada konsumen. Kebanyakan toko-toko online yang sudah sukses adalah mereka yang memiliki banyak reseller ataupun dropshipper.


Sesungguhnya, dalam berjualan online itu tak perlu takut bersaing dengan situs-situs ecommerce raksasa. Asalkan kita 'berbeda' dan memiliki banyak inovasi, maka maju terus pantang mundur!

Sekian dahulu ulasan kami mengenai cara jitu bersaing dengan situs-situs ecommerce raksasa. Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat bagi sobat semua.

Salam sukses dan go action!!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL