Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (5 Tahun)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Cara Mendapatkan Kepercayaan Pembeli Dalam Berjualan Online

Hal yang tersulit dalam berjualan online adalah, mendapatkan kepercayaan dari pembeli. Karena sifatnya yang 'tabu', berjualan online kadang dianggap rentan penipuan. Alhasil, anggapan tersebut membuat penjual yang jujur jadi terkena imbasnya.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan kepercayaan pembeli dalam berjualan online?


cara mendapatkan kepercayaan pembeli dalam berjualan online
Ilustrasi dari pixabay

Dalam jual-beli online, sebagian orang Indonesia memang menganggapnya rentan dengan penipuan. Dan memang betul, ada penipu yang memanfaatkan jual-beli online untuk menjalankan aksinya. Para penipu inilah yang membuat nama baik penjual online menjadi buruk. Ibarat peribahasa, 'karena nila setitik -- rusak susu sebelanga'.

Pandangan para pembeli, khususnya yang masih awam dengan membeli barang secara online -- pasti memiliki prasangka yang tidak-tidak. Ketika kita menawarkan barang terhadap orang tersebut, dia pasti akan curiga karena harus bayar terlebih dahulu. Hal itu merupakan suatu kewajaran, karena kita sebagai pemilik toko online -- dianggapnya asing dan belum dikenalnya. Istilahnya, "tak kenal, maka tak sayang".

Sangat memprihatinkan bukan?

Langsung saja, berikut ini ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari pembeli, antara lain:

1. Buat Toko Online, bisa dalam bentuk blog, fanspage Facebook atau grup BBM.

2. Listing barang yang anda jual di toko online anda.

3. Handle pembayaran lewat Tokopedia atau Bukalapak di awal.

4. Mintalah testimoni dari pembeli.

5. Setelah testimoni dirasa cukup, barulah menghandle pembayaran secara langsung.


Poin yang terpenting dari kelima langkah di atas adalah, poin ketiga -- tentang pembayaran. Masalah pembayaran adalah masalah yang sangat krusial, karena itu menyangkut dengan 'uang yang harus dibayar duluan, barang dikirim setelahnya'. Paradigma seperti ini akan menimbulkan keraguan di mata pembeli, sehingga perlu langkah jitu untuk mensiasatinya.

Salah satu cara yang digunakan adalah, dengan menggunakan 'pihak ketiga' sebagai perantara pembayaran. Dan hal itu bisa dilakukan melalui Tokopedia atau Bukalapak.

- Buatlah akun di Tokopedia/Bukalapak, dan mintalah agar pembeli melakukan hal serupa.

- Listing -lah barang yang sebelumnya ingin dibeli oleh calon pembeli, dengan harga yang sudah disepakati.

- Mintalah pembeli untuk membayar via situs tersebut, bisa dengan transfer ATM atau Kartu Kredit dan uang akan masuk ke rekening bersama.

- Setelah pembayaran beres, baru kirimkan barang.

- Setelah barang sampai, mintalah pembeli mengkonfirmasi di situs tersebut.


Sangat gampang bukan?

Bagi yang ingin berjualan online, hendaknya melakukan langkah-langkah di atas dengan benar. Tujuannya hanya satu, yaitu mendapatkan kepercayaan dari pembeli. Ingat, dalam berjualan secara online -- aset sesungguhnya adalah Kepercayaan dan Feedback positif dari pembeli.

Sekian dahulu artikel dari kami mengenai cara mendapatkan kepercayaan pembeli dalam berjualan online. Semoga postingan ini bisa memberikan manfaat bagi sobat semuanya.


Baca juga:


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL