Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Kenapa Harga Barang Impor Dari China itu Sangat Murah? Ini Alasannya!

Terkadang kita bingung, kenapa harga barang impor dari China itu sangat murah? Padahal kualitasnya tak jauh beda dari produk buatan negara-negara lainnya.

Kira-kira kenapa ya?

Kenapa Harga Barang Impor Dari China itu Sangat Murah? Ini Alasannya!
ilustrasi dari Pixabay

Di era yang semakin maju ini, persaingan bisnis pun semakin ketat. Terlebih lagi, dalam bisnis jualan barang.

Persaingan semakin ketat, di mana para penjual saling 'membanting' harga barang yang dijual. Tujuannya adalah, agar bisa memenangkan persaingan sebagai penjual -- baik online maupun offline.

Salah satu metode yang digunakan untuk memenangkan persaingan adalah, dengan menjual barang-barang impor dari China. Importir-importir inilah yang biasanya mengalahkan para penjual lain seperti reseller dan dropshipper. Bisa dicek di Tokopedia ataupun Bukalapak, apabila ada barang yang unik dan harganya sangat murah -- penjualnya berarti seorang importir langsung.

Pertanyaannya sekarang, kenapa harga barang-barang impor dari China itu sangat murah?

Ini dia jawabannya!


1. Bahan baku yang murah
Di China, bahan baku untuk membuat produk-produk mereka tergolong murah. Hal ini disebabkan karena China merupakan negara yang unggul dari segi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia. Alhasil, mereka sendiri yang mengolah bahan baku tersebut, sehingga biaya bahan baku lebih murah.
Berbeda dengan Indonesia. Biasanya Indonesia mengekspor bahan baku ke negara lain, karena kurangnya SDM yang mumpuni.
Kemudian untuk negara industri selain China, kebanyakan bahan bakunya mengimpor dari negara lain. Alhasil, biaya bahan baku lebih mahal -- harga jualnya pun demikian.

2. Biaya kirim disubsidi pemerintah
Yang menarik dari produsen China adalah, peran serta pemerintah yang ingin memajukan UKM-UKM di China. Mereka lebih terfokus untuk menjual produk mereka ke luar negeri, agar uang dari negara lain masuk ke negara mereka. Alhasil, pemerintah pun memberikan subsidi untuk biaya kirim, agar ekspor China kian meningkat. Strategi ini bagus untuk perekonomian negara dalam jangka panjang, dan itu memang terbukti dengan menguatnya perekonomian China.

3. Persaingan yang ketat antar UKM di China
Persaingan bisnis yang ketat itu ternyata positif. Positif yang dimaksud adalah bagi konsumen.
Ketika banyak produsen yang bersaing, maka mereka berlomba-lomba untuk menjadi pemenang di mata konsumen. Caranya adalah, dengan memberikan pelayanan terbaik -- serta berani membanting harga. Dengan harga yang miring, mereka bisa memenangkan persaingan. Dan hal ini tentunya memberikan efek positif bagi konsumen.

4. Prinsip orang-orang China: "Untung Sedikit Tak Masalah, Asalkan Laris"
Orang-orang China sepertinya terlahir memiliki bakat bisnis yang alami. Dalam hal berbisnis, orang-orang China memiliki keunggulan dalam banyak hal. Salah satu keunggulan yang dimaksud adalah, berani mendapatkan keuntungan yang sedikit.
Bagi orang-orang China, untung sedikit tak masalah, asalkan laris. Seiring waktu berjalan, orang-orang akan membeli barang di tempat mereka karena harga yang sangat murah. Meskipun murah, jangan pernah remehkan kualitas dari produk-produk China. (Sebagai contoh, silahkan bandingkan smartphone Xiao Mi (China) dengan Samsung (Korea). Dengan membandingkan smartphone dengan harga yang sama, kualitas dan specs dari Xiao Mi justru lebih unggul ketimbang Samsung)

Melihat dari murahnya harga barang-barang dari China, banyak yang kemudian berinisiatif untuk menjadi importir langsung.

Apabila anda menjual barang impor di kota anda, maka anda akan minim pesaing. Hal itu disebabkan karena harganya yang murah, dan barang yang dijual sangat unik dan langka.


Sekian dahulu uraian dari kami mengenai alasan murahnya harga barang impor dari China. Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi anda semuanya.

Menjadi importir? Why not?

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL