Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Modal Bukanlah Syarat Utama Membangun Bisnis, Melainkan 3 Hal Ini

Anda mau membangun bisnis -- namun terkendala modal? Lantas anda diam saja?

Ketahuilah, modal bukanlah syarat utama dalam membangun bisnis. Banyak sekali pengusaha yang sukses, namun memulai segalanya dari 0. Jadi, jangan sampai pola pikir anda terjebak di kalimat: "tak ada modal, malas membangun usaha."

Lantas, apa hal yang lebih penting dari modal -- ketika akan membangun usaha?

syarat utama membangun bisnis itu apa saja
©Ilustrasi dari Pixabay.com

Banyak yang beranggapan, kalau modal adalah penentu kesuksesan suatu bisnis. Padahal, fakta di lapangan mengatakan -- tidak sedikit pengusaha bermodal besar yang bangkrut lantaran tidak memiliki ketiga hal berikut ini.

Apa sajakah itu?

Ini dia 3 syarat utama yang harus dimiliki ketika akan membangun bisnis, antara lain:


1. Kemauan


Syarat utama yang harus dimiliki seseorang yang ingin membangun usaha adalah, KEMAUAN yang kuat. Berawal dari sini, lahirlah niat, rencana, visi dan lain sebagainya. Dari kemauan jua -lah segala sesuatu yang sulit akan menjadi mudah, semua halangan dianggap sebagai tantangan, dan semua kegagalan dianggap sebagai 'sarapan'.

Jadi, awali -lah semuanya dengan KEMAUAN yang benar-benar kuat, niscaya keyakinan anda tak akan tergoyahkan -- meskipun banyak mulut-mulut yang suka menghujat langkah yang anda ambil.



2. Kerja Keras

Ketika anda sudah mempunyai kemauan,  maka anda harus siap berkomitmen untuk KERJA KERAS. Dalam membangun bisnis, awalnya kita harus bekerja ekstra keras. Banyak yang harus dikorbankan seperti waktu, tenaga dan pikiran. Dan porsi kerja pun sangat padat, tak seperti seorang karyawan yang cenderung lebih santai.

Meskipun harus bekerja keras dan ekstra, kita harus yakin -- kalau semua itu hanya di awal saja. Ketika kita tekun, fokus dan konsisten dalam membangun bisnis kita -- niscaya kita akan menuai hasilnya di masa yang akan datang.

Berbeda dengan karyawan, waktu terus berlalu -- namun penghasilan tetap begitu-begitu saja. Yang ada nantinya hanya bisa mengeluh, ketika gaji tak cukup.


3. Kesiapan

Poin yang terakhir adalah kesiapan. Kesiapan yang dimaksud adalah, siap untuk GAGAL.

Dalam berbisnis, 10 kali gagal masih tergolong sedikit. Banyak pebisnis sukses yang lebih banyak gagalnya ketimbang suksesnya.

Sebagai contoh, pendiri Honda mengatakan kalau yang dilihat orang-orang hanyalah 1% keberhasilannya. Sedangkan 99%nya adalah kegagalan di masa-masa awal membangun bisnis.

Jadi tanamkanlah KESIAPAN untuk menerima kegagalan. Dari situ, akan lahir yang namanya plan B, C dan seterusnya -- yang bisa saja jauh lebih brilian ketimbang rencana awal.


Pada dasarnya, modal memang penting untuk membangun bisnis. Akan tetapi, modal bukanlah syarat utama kesuksesan sebuah bisnis. Jadi, jangan pernah beranggapan, "tak ada modal, tak mungkin bisa memulai usaha." Kalau seperti itu terus, maka yang ada hanyalah 'kalah sebelum berperang'.

Sekian dahulu ulasan dari kami mengenai 3 syarat utama dalam membangun bisnis. Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi anda semua.

Salam sukses!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL