Skip to main content
iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual
© Onlenpedia Blog Network ™

Pilih Mana? Toko Online Sendiri, Atau 'Numpang' Jualan di Tokopedia?

Dalam berjualan online, kita diberikan kebebasan untuk bereksperimen. Jangan pernah menyerah untuk mencoba metode yang cocok dalam bisnis online anda.

Ada 2 pilihan dalam berjualan online, yaitu: Berjualan dengan toko online sendiri, atau 'Numpang' jualan di situs seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Yang manakah yang akan anda pilih?



Pilih Mana? Toko Online Sendiri, Atau 'Numpang' Jualan di Tokopedia?
©Ilustrasi dari Pixabay

Ketika kita memutuskan untuk berjualan online, maka banyak metode yang bisa digunakan, antara lain:

1. Berjualan di toko online sendiri, via blog, Facebook, Instagram, LINE dan lain sebagainya.
2. Berjualan di situs ecommerce, seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Kedua cara di atas bisa digunakan salah satunya saja -- atau mungkin kombinasinya. Apabila anda ingin menggunakan keduanya -- maka urutan yang dilakukan adalah:

1. Berjualan via Tokopedia/Bukalapak dulu, guna mendapatkan kepercayaan konsumen. Kita tahu sendiri kalau sistem pembayaran di 2 situs tersebut sangat aman bagi pembeli. Jadi, pertama-tama kumpulkan penjualan sebanyak-banyaknya, kemudian minta testimoni dan feedback dari pembeli. Testimoni-testimoni inilah yang nantinya akan digunakan di toko online mandiri milik anda.

2. Setelah banyak testimoni yang didapat, gunakan itu sebagai 'senjata utama' anda. Perlu diingat, dalam bisnis online, yang paling diandalkan adalah trust atau kepercayaan dari pembeli. Sekali anda mendapat kepercayaan, maka akan terjadi upsell (penjualan selanjutnya).


Cara di atas merupakan teknik kombinasi dari berjualan dengan toko online sendiri -- serta dengan berjualan via Bukalapak/Tokopedia. Apabila anda ingin fokus di salah satunya saja, pastikan anda memperhatikan hal-hal berikut ini.


Berjualan dengan toko online sendiri

- Pastikan anda memiliki modal yang besar untuk membangun bisnis anda, seperti membuat website, pasang iklan dan lain sebagainya.
- Pastikan anda memberikan banyak pilihan metode pembayaran kepada pembeli anda, serta jaminan kalau anda adalah penjual yang terpercaya.


Berjualan via Bukalapak/Tokopedia

- Meskipun promosi sudah tak perlu dipikirkan, namun anda harus mampu bersaing dengan penjual yang lain -- baik dari segi harga, maupun pelayanan.
- Pastikan anda siap -- kalau suatu saat Tokopedia/Bukalapak berhenti beroperasi.


Berjualan online memang sangat populer saat ini. Alhasil, anda harus jeli dalam memilih metode yang akan anda pilih -- agar bisnis anda tidak kalah dengan kompetitor.

Jadi, mana yang anda pilih? Berjualan dengan toko online sendiri, atau via Bukalapak/Tokopedia?Atau mungkin kombinasi keduanya?

Silahkan anda jawab sendiri-sendiri.

Salam sukses!

Baca Juga