Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

3 Syarat Agar Bisnis Berumur Panjang dan Tak Terpengaruh Krisis

Menjadi impian setiap orang, kalau bisnisnya bisa langgeng, berumur panjang dan tak terpengaruh krisis ekonomi. Namun, kesalahan terbesarnya adalah -- apabila memikirkan hal tersebut di kala bisnis sudah berjalan selama bertahun-tahun. Seyogyanya, kelangsungan bisnis harus dipikirkan sejak awal -- sebelum mendirikan bisnis tersebut. Jadi, jangan sampai anda masuk ke 'lingkaran bisnis' yang sifatnya musiman, terpengaruh krisis, dan 'lemah' terhadap kemajuan jaman -- lantaran tak memikirkan potensi bisnis tersebut untuk jangka panjang.

Katakanlah sekarang anda mau memulai bisnis, maka segeralah siapkan plan anda untuk membangun bisnis yang 'tahan banting', tak lekang oleh jaman dan tahan terhadap krisis ekonomi. Lalu seperti apa syarat bisnis yang seperti itu?



syarat bisnis agar berumur panjang dan tak terpengaruh krisis
©Ilustrasi dari Pixabay


Tanpa berbasa-basi lagi, berikut ini ada 3 syarat agar bisnis anda berumur panjang dan tak terpengaruh oleh krisis ekonomi, antara lain:


1. Bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia
Kebutuhan dasar manusia, sampai kapanpun dan dalam kondisi apapun tak akan pernah berubah. Sebagai contoh, kita ambil kebutuhan dasar manusia yaitu makan. Yang namanya makan, seiring waktu berjalan -- pasti tetap dibutuhkan manusia. Kemudian, seandainya krisis ekonomi melanda suatu negara -- maka kebutuhan akan makan tetap wajib hukumnya. Alhasil, bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan tersebut akan tetap bertumbuh, meskipun dilanda krisis.
Jadi, bisa disimpulkan kalau bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia lebih 'tahan banting' ketimbang bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan sekunder (tambahan) dan tertier (mewah).
Sebagai contoh, produk-produk konsumer dari Unilever lebih bisa 'bertahan' -- ketimbang produk-produk elektronik Toshiba -- ketika dilanda krisis.


2. Sesuatu yang dibeli secara berkala
Ketika anda ingin memulai bisnis, pastikan bisnis yang anda jalankan berhubungan dengan kebutuhan manusia yang dibutuhkan secara berkala. Dengan adanya kebutuhan berkala, maka pembeli akan 'menjelma' menjadi pelanggan. Mereka akan terus-menerus membeli produk tersebut secara berkala, karena memang dibutuhkan secara terus-menerus.
Sebagai contoh, bisnis pakaian lebih baik daripada bisnis gorden. Orang-orang cenderung membeli pakaian secara berkala (minimal setahun sekali), sedangkan gorden biasanya hanya sekali saja dibeli orang. Kalaupun ada yang membeli lebih dari sekali, itupun jangka waktunya bertahun-tahun dari pembelian yang pertama.

3. Memiliki kualitas dan harga yang bersaing
Untuk poin ketiga ini adalah untuk melengkapi poin pertama dan poin kedua. Ketika kita menjalankan bisnis yang yang merupakan kebutuhan pokok manusia yang diperlukan secara berkala, maka kita harus fokus pada faktor lain -- yaitu kualitas dan harga produk. Rasanya percuma kalau produk kita dibutuhkan orang-orang, tapi harganya terlampau mahal dan atau kualitasnya kalah dari produk di toko lain. Kalau hal itu benar-benar terjadi, pembeli akan kabur dan memilih membeli produk dari toko yang lain.


Menjalankan bisnis yang berumur panjang dan tahan krisis harus kita rencanakan sejak awal. Jangan sampai, bisnis sudah jalan -- tapi kita terlambat untuk memikirkan bagaimana kelangsungan dan pertumbuhannya untuk jangka panjang.

Untuk itu, jangan sampai kita 'salah masuk' ke 'lingkaran' bisnis yang salah. Ketika kita 'sadar' dan memutuskan untuk keluar dari 'lingkaran' tersebut, maka kita harus SIAP memulai segalanya dari 0 lagi -- sementara kompetitor kita sudah berlari sangat jauh meninggalkan kita.

Sekian dahulu artikel dari kami mengenai 3 syarat bisnis agar berumur panjang dan tak terpengaruh krisis ekonomi. Semoga postingan ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi anda semua.

Salam sukses!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR