Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Impor

Salah satu bisnis yang memiliki prospek bagus di tahun ini adalah, bisnis impor. Dengan menjadi importir, tentunya kita bisa menjual barang yang unik dan langka, serta dengan harga yang sangat murah. Tentunya hal ini menjadi salah satu "senjata" bagi yang menggeluti bisnis ecommerce, agar bisa memenangkan persaingan bisnis.

Pertanyaannya sekarang, adalah tips sukses dalam menjalankan bisnis impor?



tips sukses menjalankan bisnis impor
Ilustrasi dari Pixabay


Menjalankan bisnis impor itu memang terbilang jarang dilakukan orang-orang Indonesia. Hal itu dikarenakan berbagai sebab, antara lain:

1. Kurangnya modal
2. Kurangnya pengetahuan tentang bisnis impor
3. Takut gagal.

Karena kurangnya pebisnis yang menjalankan bisnis impor, alhasil pesaing pun tidak terlalu banyak. Namun ya itu tadi, bisnis ini memerlukan modal dan ilmu yang tidak sedikit.

Terlepas dari itu semua, di sini akan dibahas tentang tips sukses menjadi importir. Apa sajakah itu?


7 tips sukses dalam menjalankan bisnis impor


1. Pelajari kesanggupan diri

Pada dasarnya, bisnis impor itu memerlukan kerja keras dan ketekunan yang luar biasa. Sebut saja, keterampilan berbahasa, kemampuan membangun koneksi, kerja keras mencari ide kreatif dan jeli dalam menemukan peluang.

Pada intinya bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki jiwa dagang yang kuat. Apabila nanggung, lebih baik anda mencari bisnis yang lain saja.


2. Pelajari peluang dan siapa saja kompetitor anda

Anda harus jeli menemukan peluang yang cocok untuk pasar dalam negeri. Misalnya, apa yang dibutuhkan oleh orang-orang Indonesia -- namun jarang ditemukan di negeri ini. Alhasil, mengimpor barang adalah solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Untuk persaingan, anda harus bisa mempelajari kelebihan dan kekurangan pesaing anda. Rutin-rutin melakukan inovasi, agar anda berada selangkah atau beberapa langkah di depan mereka.


3. Identifikasi pasar yang anda sasar

Dalam berbisnis, yang terbaik adalah yang mampu menguasai 1 pasar -- kemudian setelah sukses, baru ekspansi ke pasar yang lain. Jadi, identifikasi pasar yang anda sasar terlebih dahulu, terutama karakteristik konsumennya. Jual  -lah produk yang mereka butuhkan, melalui riset. Jangan menjual produk berdasarkan insting/perasaan semata.


4. Tunjukkan nilai lebih bisnis anda

Ciri khas suatu bisnis merupakan poin penting yang akan selalu diingat oleh konsumen. Salah satunya adalah, dengan menonjolkan nilai lebih dari bisnis anda sampai populer. Alhasil, bisnis anda akan memiliki keunikan tersendiri di mata konsumen, dan itu akan menjadi branding yang sangat bagus.


5. Jangan pernah berhenti meriset pasar

Yang namanya tren tidaklah statis. Sifat tren itu dinamis, alias berubah-ubah. Karena sifat bisnis adalah untuk memenuhi keinginan konsumen, alhasil jangan pernah berhenti melakukan riset pasar. Bagi yang tak siap, hasilnya pasti akan kalah dalam bersaing.


6. Jauhi tindakan kriminal

Bisnis impor memang ketat dalam hal aturan. Jangan sampai anda terlibat kriminal lantaran kurangnya pengetahuan akan prosedur impor barang.

Usahakan agar anda teliti dan jeli dalam memahami aturan, baik di negara tempat mengimpor barang, maupun aturan di Indonesia. Ada beberapa prosedur tertentu yang mungkin harus anda pelajari betul-betul -- agar tidak terjadi pelanggaran hukum.


7. Teliti dalam mengelola pengeluaran dan pemasukan

Senada dengan bisnis pada umumnya, dalam bisnis impor -- kita juga harus teliti dalam mengelola keuangan. Jangan sampai, yang terjadi malah lebih besar pengeluaran daripada pemasukan.

Usahakan juga agar anda memiliki dana cadangan, kalau-kalau diperlukan suatu saat nanti. Dan jangan lupa agar memiliki rekening khusus bisnis yang terpisah dari rekening pribadi anda.


Lantas, bagaimana cara belajar untuk menjadi importir langsung?

Bagi anda yang berminat menjadi importir, anda bisa langsung belajar >> DI SINI.

Di sana akan dijelaskan mengenai cara yang tepat dalam mengimpor barang dari China, sampai anda bisa menjadi importir HANDAL (plus banyak bonus menanti anda).


Sekian dahulu ulasan dari kami mengenai 7 tips sukses dalam menjalankan bisnis impor. Semoga ulasan yang singkat ini bisa memberikan inspirasi, agar anda segera melakukan action.

Semoga bermanfaat!



Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR