Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Bisnis Dropship Ecommerce, Jadi Generalis atau Spesialis?

Tahun ini merupakan tahunnya bisnis ecommerce. Hal itu ditandai dengan bermunculannya situs-situs ecommerce raksasa -- maupun non raksasa. Mereka bersaing guna menggaet pembeli sebanyak mungkin.

Adalah hal yang keliru ketika kita beranggapan bahwa bisnis ecommerce hanya bisa dijalankan oleh 'pemain besar'. Para 'pemain kecil' pun bisa memulai bisnis ini, meskipun dengan modal kecil. Salah satu cara yang digunakan adalah, dengan berbisnis dropship.

Dalam bisnis dropship ecommerce, orang-orang cenderung akan diberikan 2 pilihan, yaitu menjadi spesialis atau generalis.

Yang manakah yang akan anda pilih?


bisnis dropship ecommerce jadi generalis atau spesialis
Ilustrasi dari Pixabay


Sebelum memilih, ada baiknya anda mengenali apa itu generalis -- dan apa itu spesialis.

Generalis -- kalau dalam dunia ecommerce berarti menjual berbagai macam barang, bisa dalam 1 kategori -- atau berbagai macam kategori. Misalnya, anda menjadi dropshipper khusus produk-produk elektronik, kemudian anda menjual berbagai macam barang, seperti TV, kulkas, mesin cuci, AC, kipas angin, laptop, komputer dan lain sebagainya. Kalau disasar lebih luas lagi, bisa saja anda menjual berbagai macam barang dari berbagai kategori, misalnya menjual baju, sepatu, mainan, gadget, produk kesehatan, kulkas, sepeda motor dan lain sebagainya.

Kemudian spesialis -- dalam dunia ecommerce berarti menjual satu jenis barang dalam 1 kategori -- namun terdiri dari berbagai merk. Sebagai contoh, anda menjadi dropshipper khusus 1 jenis produk elektronik, misalkan laptop. Maka yang akan anda jual adalah, laptop 14 dan 10 inci merek Toshiba, Samsung, Lenovo, HP, Vaio, Macbook, Asus, Acer dan lain sebagainya.

Apakah anda sudah mengerti, tentang perbedaan generalis dan spesialis?

Apabila anda sudah mengerti, silahkan anda tentukan pilihan anda -- apakah menjadi generalis atau spesialis, ketika berbisnis dropship. Sebelumnya, silahkan pelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing, berikut ini!


Generalis


Kelebihan:
- Barang yang dijual serba ada
- Aman dari perubahan zaman

Kekurangan:
- Tidak memiliki ciri khas
- Persaingan bisnis sangat ketat


Spesialis

Kelebihan:
- Memiliki ciri khas/mudah diingat
- Persaingan lebih ringan

Kekurangan:
- Tidak menjual berbagai produk
- Harus bersiap ketika tren produk yang dijual menurun.


Setelah membaca uraian singkat di atas, anda bisa mempertimbangkan -- yang manakah yang cocok untuk anda. Ketika anda memilih spesialis, maka itu tidaklah buruk. Pun sebaliknya, ketika anda memilih menjadi generalis -- itu juga tak masalah. Yang pasti, anda harus memperhitungkan baik dan buruk di antara 2 jenis ecommerce di atas -- yang mana yang paling cocok untuk anda.

Sekian dahulu artikel dari kami mengenai pilihan generalis atau spesialis dalam bisnis dropship ecommerce. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

Ayo, segera mulai bisnis anda!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR