Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Tips Sukses Berjualan Online Dengan Toko Online

Sobat-sobat para pebisnis online, khususnya yang ingin fokus berjualan online -- silahkan baca postingan ini sampai habis, ya.

Berjualan online merupakan salah satu bidang dalam bisnis online yang booming saat ini. Betapa tidak, banyak sekali bermunculan situs toko online maupun situs ecommerce di Indonesia. Beberapa dari mereka bahkan ada yang berani beriklan di televisi. Sebut saja OLX, Bukalapak, Tokopedia, Blibli dan lain sebagainya. Artinya mereka berani mengeluarkan budget besar karena hasil yang didapat akan jauh lebih besar.

Perlu sobat-sobat ketahui, berjualan online tak hanya menjual produk fisik -- tapi bisa juga menjual produk digital. Contoh produk digital antara lain, eBook, video, software, template/theme website dan lain sebagainya.


tips sukses berjualan online dengan toko online


Baiklah, tanpa berbasa-basi lagi -- berikut ini adalah tips sukses dalam berjualan online dengan menggunakan toko online. Silahkan disimak baik-baik ya guys.

1. Buat Sebuah Website Yang Profesional
Dalam berjualan online dengan toko online, website ibarat 'kios'nya. Alhasil, dalam membangun website untuk toko online haruslah profesional. Gunakanlah domain dan hosting berbayar, agar website kita terlihat lebih profesional dan memiliki kredibilitas di mata calon pembeli.
Penting sekali dalam berjualan online dengan toko online agar website kita selalu diingat oleh pembeli. Gunakanlah domain yang berpotensi jadi brand. Kemudian desain website usahakan simple namun kreatif dan sedap di pandang. Jangan lupa gunakan menu navigasi yang memudahkan calon pembeli. Hindari menggunakan navigasi menu yang ribet dan menyulitkan calon pembeli.

2. Buat Konten Website Yang Relevan Dengan Produk
Setelah toko online siap, saatnya untuk mengisinya dengan konten. Konten yang dimaksud ada 2 macam, yaitu produk yang dijual dan artikel pendukung yang relevan dengan produk tersebut (blog toko online). Untuk itu, agar toko online anda berada di jajaran atas mesin pencari, buatlah konten yang SEO dan sesuai dengan produk anda. Contohnya adalah review produk, kelebihan produk, informasi tentang kegunaan produk dan lain sebagainya.

3. Kenali Target Pasar
Penting untuk mengenali target pasar anda, agar tahu bagaimana persaingannya. Sering-seringlah riset, analisa dan cari info mengenai kompetitor yang target pasarnya serupa dengan anda. Berikan hal-hal yang disukai oleh target pasar anda -- tapi tidak dimiliki oleh kompetitor anda. Misalnya dengan memberikan harga yang murah, bonus pembelian dan diskon-diskon pada waktu tertentu. Niscaya target pasar anda akan 'setia' dengan anda.

4. Buat Halaman Promosi Yang Bagus
Halaman promosi adalah halaman yang berisikan kata-kata promosi dan mengajak orang agar calon pembeli mau mengeluarkan uangnya untuk membeli produk di toko online anda. Halaman promosi ini sangat penting, karena berisi kalimat-kalimat sugestif yang mampu 'mensugesti' pikiran calon pembeli anda yang tadinya masih ragu dalam membeli produk di toko anda. Dengan halaman promosi yang bagus, maka calon pembeli akan yakin dengan produk anda. Dan dengan adanya halaman promosi, akan meningkatkan omset di toko anda.

5. Promosi
Setelah toko online, produk, artikel dan landing page siap, tak ada artinya kalau anda tidak melakukan promosi. Tujuan anda dalam melakukan promosi adalah, untuk mengenalkan toko online anda beserta produk di dalamnya. Dengan promosi yang terus menerus dan konsisten, niscaya brand atau nama toko anda akan 'tertanam' di kepala calon pembeli. Mereka akan selalu ingat dengan brand anda lantaran promosi anda yang tak kenal lelah.
Berikut ini ada 2 cara dalam melakukan promosi, antara lain:

- Promosi Gratis, melalui forum, media sosial dan media chatting
- Promosi Berbayar, yaitu dengan memasang iklan Adwords, FB Ads, memasang banner iklan di blog orang lain, memasang iklan di media cetak atau media televisi dan lain sebagainya.

Bagaimana kalau tidak memiliki produk?

Ada satu kendala, di mana seorang penjual online yang ingin berjualan online tapi tidak memiliki produk. Solusinya adalah dengan sistem dropship atau menjalin kerjasama dengan pemilik produk yang kebetulan tidak memiliki toko online. 
Ajaklah pemilik produk tersebut untuk bekerja sama. Kemudian tetapkan sistem bagi hasil yang sama-sama menguntungkan. Niscaya si pemilik produk untung (cakupan pasar lebih luas), dan anda pun untung (bisa berjualan tanpa memiliki produk).


Penting untuk anda yang ingin berjualan online agar mempelajari dan memahami step by step di atas. Ingat! Jangan lupa agar kerja keras dan konsisten dalam membangun toko online. Jangan pernah setengah-setengah, karena hasilnya pun juga akan setengah.

Demikian artikel tentang tips sukses berjualan online dengan toko online ini kami tulis. Semoga bisa memberikan manfaat bagi sobat pebisnis online semuanya.

Salam sukses, dan Go ACTION!!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR