Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

3 Alasan Kenapa Usaha Kecil Mampu Bertahan di Saat Krisis Ekonomi

Usaha apa yang paling kuat dan paling 'superior' ketika krisis ekonomi melanda?

Jawabannya adalah usaha kecil.

Mengapa usaha kecil mampu bertahan di tengah krisis ekonomi?


alasan kenapa usaha kecil mampu bertahan di saat krisis ekonomi
Pixabay


Ulasan singkat ini akan mengungkap 'tabir' bahwa usaha kecil itu -- meski omsetnya kecil -- namun daya tahannya justru lebih besar terhadap krisis ekonomi. Mengapa bisa demikian?

Langsung saja, berikut ini ada 3 alasan kenapa usaha kecil mampu bertahan meskipun sedang krisis, antara lain:


1. Dibutuhkan masyarakat
Kebanyakan usaha kecil yang berkembang di Indonesia adalah usaha yang bergerak di sektor-sektor yang dibutuhkan masyarakat. Sebut saja salah satunya adalah bisnis kuliner.
Bisnis seperti ini takkan pernah terpengaruh, meskipun krisis tengah melanda sebuah negara. Logikanya, kebutuhan akan makanan wajib ada, meskipun ekonomi sedang lesu. Tidak ada alasan untuk tidak membeli makanan -- apabila krisis sekalipun.

2. Harga murah
Kebanyakan usaha kecil menjual barang-barang dengan harga yang murah. Alhasil, hal ini berbanding lurus dengan daya beli masyarakat ketika ekonomi sedang krisis. Jadinya masyarakat menghindari membeli sesuatu yang harganya lebih mahal, alias lebih selektif dari segi harga.

3. Tidak ada sangkut pautnya dengan index saham dan kurs dollar
Yang namanya usaha kecil sedikitpun tak terpengaruh dengan index harga saham maupun kurs dollar. Hal ini dikarenakan usaha kecil tidak memiliki saham, dan ruang lingkup usaha kecil hanya di 1 kampung saja -- alhasil tak melibatkan mata uang dollar.
Jadi, meskipun rupiah melemah dan indeks saham menurun, usaha kecil tetap berjalan secara normal.


Yang namanya usaha kecil, memang bisa bertahan dengan krisis. Namun selain usaha kecil, ada juga usaha besar yang sanggup bertahan ketika krisis ekonomi melanda. Mereka adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, infrastruktrur dan konsumer.

Sebagai contoh, produk-produk Unilever dan Indofood tetap laku keras meskipun krisis ekonomi tengah melanda Indonesia. Hal ini disebabkan karena produk yang dijual perusahaan raksasa itu benar-benar dibutuhkan orang banyak. Hal ini juga berbanding lurus dengan nilai saham perusahaan konsumer, yang menurut DATA tetap stabil meski dilanda krisis.

Sekian dahulu ulasan singkat dari kami mengenai alasan kenapa usaha kecil sanggup bertahan di saat krisis. Semoga ulasan ini bisa membuka mata kita -- agar tidak meremehkan UKM-UKM yang ada di Indonesia.

Salam sukses!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR