Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

3 Cara Jitu Untuk Meraih Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial merupakan salah satu tujuan hidup bagi sebagian besar orang. Maka dari itu, banyak dari mereka yang berjuang untuk meraih kebebasan finansial di masa yang akan datang. Tujuannya cuma 1, agar di masa depan mereka tak perlu bekerja -- namun uang datang dengan sendirinya.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara yang tepat untuk meraih kebebasan finansial?



cara jitu untuk meraih kebebasan finansial freedom
Ilustrasi dari Pixabay


Kebebasan finansial mengartikan kalau masalah finansial bukan lagi masalah dalam hidup. Artinya kita bisa fokus ke hal-hal lain, lantaran finansial kita sudah sangat cukup dan bukan sesuatu yang harus kita pikirkan.

Biasanya 'proses' untuk meraih kebebasan finansial ini tidaklah mudah. Semua tergantung dari kegiatan dan kebiasaan yang kita lakukan sedari sekarang.

Apa sajakah itu?

Langsung saja, berikut ini ada 3 cara jitu untuk meraih kebebasan finansial versi onlenpedia.com, antara lain:


1. Membangun usaha sedini mungkin


Salah satu tujuan orang mendirikan usaha adalah, agar bisa mendapatkan kebebasan finansial di kemudian hari. Untuk itu, mereka yang punya visi seperti ini cenderung mau berjuang dari 0 sama sekali. Semakin dini memulai usaha, maka kemungkinan mendapatkan kebebasan finansial akan semakin cepat. Sebaliknya, bagi mereka yang 'lambat start' justru akan tertinggal jauh. Akan tetapi ada ungkapan yang mengatakan, 'terlambat lebih baik -- ketimbang tidak melakukan sama sekali.'



2. Berinvestasi

Selain membuka usaha, financial freedom juga bisa diraih dengan cara berinvestasi. Cara seperti ini terbuka bagi siapa saja, baik karyawan, pengusaha, PNS atau siapa saja yang punya penghasilan. Caranya adalah, dengan rutin menyisihkan uang untuk diinvestasikan.

Patut diingat, anda harus berhati-hati dalam menjalankan cara ini. Ada banyak money game yang mengatasnamakan investasi yang bisa menjebak anda. Solusinya, jangan sampai terpengaruh iming-iming keuntungan yang tidak rasional. Jangan sampai hawa nafsu membutakan anda, sehingga rela memberikan uang untuk investasi bodong.

Adapun jenis investasi yang dianjurkan antara lain:

- Investasi Properti: tanah, kos, toko, ruko, rumah, apartemen
- Investasi Saham
- Reksadana
- Memberi modal usaha kepada orang lain (sistem bagi hasil), dengan catatan orang tersebut benar-benar bisa dipercaya.


3. Bergaya hidup sederhana, namun dermawan

Pengertian dari kebebasan finansial sesungguhnya tak hanya dari segi jumlah harta kekayaan yang melimpah. Ada juga versi yang mengatakan kalau kebebasan finansial adalah suatu kondisi di mana seseorang selalu merasa cukup dengan apa yang dimiliki. Nah hal ini juga bisa diterapkan, di mana gaya hidup sederhana dan sifat dermawan membuat seseorang selalu merasa kaya dan berkecukupan.

Sesungguhnya di luar sana sudah banyak orang yang kaya raya, namun merasa 'belum benar-benar kaya'. Hal itu tak lepas dari ambisi yang besar, gaya hidup sosialita, dan ketakutan akan miskin -- kalau menjadi dermawan. Apalah artinya punya harta berlimpah, namun hati selalu gelisah.

Kesimpulannya, gaya hidup sederhana dan sifat dermawan juga bisa dijadikan 'aset' bagi mereka yang ingin meraih kebebasan finansial. Dan hal tersebut harus dibiasakan sedari sekarang.


Hidup ini sesungguhnya memiliki permasalahan yang kompleks. Dan permasalahan finansial tergolong prioritas utama yang mempengaruhi jalan hidup seseorang. Agar anda tidak larut dalam permasalahan ini, ada baiknya agar segera mempersiapkan financial freedom sedari sekarang. Jangan sampai anda menyesal di kala sudah tak bisa melakukan apa-apa lagi. Jangan sampai anda hidup banting tulang ketika hari tua menghampiri. Dan jangan sampai anda mengeluh melihat teman anda yang sukses karena kerja keras di masa mudanya, sementara anda suka berfoya-foya. Renungkanlah semua itu, agar anda memiliki tujuan hidup yang lebih baik di kemudian hari.


Demikian ulasan singkat dari kami mengenai 3 cara jitu meraih kebebasan finansial. Semoga ulasan ini bisa menggugah hati anda agar segera merencanakan segalanya dari sekarang.

"Say yes to financial freedom!"

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR