Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

3 Kendala Dalam Memulai Bisnis Youtube dan Cara Mengatasinya

Yang namanya bisnis -- apapun itu, selalu ada kendala yang harus dihadapi. Namun, seorang pebisnis sejati akan menganggap kendala bagaikan tantangan yang harus dihadapi dan ditaklukkan.

Kalau bicara tentang kendala atau tantangan bisnis, bisnis sepopuler Youtube pun memiliki beberapa kendala. Jangan dikira Youtuber-Youtuber sukses Indonesia maupun mancanegara tak memiliki 'batu sandungan' ketika memulai bisnis mereka.

Lalu, kendala apa saja yang bakal dihadapi ketika memulai bisnis Youtube?


kendala dalam memulai bisnis youtube dan cara mengatasi
Ilustrasi dari Pixabay


Tanpa basa-basi lagi, berikut ini 3 kendala yang dihadapi ketika memulai bisnis Youtube, diantaranya:


1. Pengetahuan yang minim


Pengetahuan erat kaitannya dengan ilmu. Apabila kita kurang ilmu mengenai cara mendapatkan uang dari Youtube, maka kita tak bisa menjalankan bisnis yang satu ini.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Caranya adalah dengan belajar!

Apabila anda ingin memiliki pengetahuan tentang bisnis Youtube, maka anda harus mencari ilmunya. Dan cara mencari ilmu -- ya itu tadi, dengan BELAJAR.

Belajar bisnis Youtube bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

- Cara gratisan (Googling, cari di forum-forum, bertanya kepada teman yang sudah mahir, dll)
- Cara berbayar (beli eBook, beli video tutorial, ikut seminar, dll).

Biasanya untuk mendapatkan ilmu yang lebih mantap adalah dengan pilihan yang kedua (berbayar).



2. Fasilitas yang kurang memadai

Sebelum anda memulai bisnis Youtube, anda harus menyadari kemampuan diri dalam menyediakan fasilitas penunjang. Sebagai contoh, anda harus punya pc/laptop, modem, kamera, software dan tools pendukung.

Solusi bagi yang tak sanggup membeli fasilitas di atas, bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

- Bagi yang tak punya laptop dan modem, bisa pergi ke warnet -- sekalian download tools dan software penunjang di sana, kemudian simpan di flashdisk/memory.
- Bagi yang tak punya kamera, bisa pinjam punya teman, sewa kamera, atau tidak usah membuat video (untuk poin ini akan dijelaskan di bawah).


3. Tidak bisa membuat video

Untuk berbisnis Youtube, rupanya ada yang bisa menjalankannya tanpa harus membuat video. Ada yang dengan menggunakan software pembuat video, atau re-upload video yang tak memiliki content ID (video-video lawas).

Selengkapnya bisa anda baca di:


Dari 3 kendala (baca: 'tantangan') di atas mungkin tidak seberapa dengan hasil yang akan diperoleh apabila sukses. Namun yang patut diingat, bisnis Youtube sama juga dengan bisnis-bisnis lainnya -- yaitu memerlukan kerja keras, ketekunan, konsistensi dan pantang menyerah. Jadi apabila anda menjalankan bisnis ini, jangan berharap mendapatkan hasil yang instan. Karena hasil yang instan biasanya cepat bangkrut (MLM, Money game dan sejenisnya).


Sekian dahulu artikel singkat dari kami mengenai 3 kendala dalam memulai bisnis Youtube dan cara mengatasinya. Semoga postingan ini bisa memberikan manfaat bagi sobat semua.

Ayo segera mulai bisnis Youtube anda!


Baca juga:

7 Ide kreatif dalam membuat konten video Youtube


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR