Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Berbisnis Youtube

Memulai bisnis Youtube bukanlah perkara yang sulit, namun bukan pula perkara yang mudah. Bagi anda yang ingin memulai bisnis yang 'gurih' ini -- alangkah baiknya agar memperhatikan hal-hal berikut ini.

Apa sajakah hal-hal yang dimaksud?



hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis youtube
Ilustrasi dari Pixabay


Menjadi Youtuber akhir-akhir ini semakin diminati saja. Hal itu disebabkan karena banyaknya kisah sukses dari mereka yang sudah berbisnis Youtube. Selain itu, tren konten video yang semakin diminati masyarakat, lantaran koneksi internet yang semakin cepat -- mengartikan bahwa berbisnis Youtube merupakan peluang besar untuk meraup uang dari internet.

Meskipun menggiurkan, berbisnis Youtube tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis yang satu ini.

Apa sajakah itu?

Langsung saja, berikut ini ada 5 hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis Youtube, antara lain:


1. Buat channel video
Yang pertama harus diperhatikan adalah, tempat kita mengupload video -- yaitu channel Youtube. Caranya gampang, anda tinggal mendaftar di situs Youtube -- kemudian buat channel di sana. Nama channel terserah anda, mau nama anda atau nama apapun -- tak masalah. Yang penting semuanya tak melanggar Term of Service (TOS) Youtube.

2. Posting video
Selanjutnya yang harus dilakukan adalah posting video ke channel anda. Anda bisa memposting video parodi, video menyanyi, video hewan peliharaan dan video apa saja yang tak melanggar TOS Youtube. Bagi anda yang tidak bisa membuat video, silahkan baca artikel di bawah ini:



3. Hindari pelanggaran hak cipta
Perlu anda ketahui, Youtube sangat sensitif terhadap segala bentuk plagiarisme. Jadi, sebisa mungkin hindari pelanggaran hak cipta dalam menjalankan bisnis ini.
Jika anda mengupload video milik orang lain yang memiliki hak cipta dan anda tidak memiliki ijin dari pemilik video tersebut, maka anda akan segera di berhentikan dari mitra youtube.
Selain itu, anda juga harus memperhatikan materi-materi di dalam video -- seperti gambar, audio, logo dan musik latar belakang. Jangan sampai 'mencatut' kepunyaan orang lain -- karena Google bisa mendeteksinya dengan mudah.

4. Dapatkan traffic
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah traffic. Cara mendapatkan traffic ke video anda adalah dengan menggunakan teknik SEO. Teknik SEO bisa diaplikasikan dalam membuat judul video dan deskripsi video. Namun jangan sampai berlebihan, karena teknik SEO yang berlebihan tidak disukai Google. Apalagi sampai menjebak viewers dengan judul dan deskripsi yang tak sesuai dengan isi video.

5. Monetisasi video Youtube
Setelah anda memposting banyak video dengan traffic yang bagus dan stabil, saatnya untuk memonetisasi video Youtube anda. Salah satu caranya adalah dengan mendaftar Adsense for Youtube. Adsense for Youtube merupakan metode monetisasi terbaik, karena banyak pengiklan yang menjadi partner dari Adsense Youtube.
Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense (untuk mendaftar Adsense). Namun apabila tak ada undangan, anda bisa mendaftar langsung ke program Adsense for Youtube ini.
Setelah mengajukan pendaftaran, anda tinggal menunggu hasilnya. Biasanya pihak adsense akan mereview kualitas video di channel Youtube anda, jumlah viewers video anda, masalah hak cipta dan lain sebagainya.
Apabila disetujui, anda bisa langsung memasang iklan di video Youtube anda.


Mencari uang lewat Youtube kini sudah menjadi tren dikalangan creativepreneur. Selain mudah dan simpel, pangsa pasar (viewer) dari Youtube sangatlah luas -- yakni menjangkau seluruh dunia. Bukankah hal itu sangat menjanjikan dalam segi traffic? Karena traffic = uang, loh..

Demikian artikel dari kami mengenai 5 hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis Youtube. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi sobat semua.

Ayo segera mulai bisnis anda!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR