Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

Bisnis Sampingan yang Menjanjikan? Jadi Makelar Multi Produk Saja!

Kali ini admin akan study case bisnis lagi -- di mana bisnis yang dibahas kali ini adalah bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan. Kali ini bisnis yang akan dibahas adalah bisnis makelar apa saja -- alias multi produk.

Seperti apakah peluang bisnis sampingan yang satu ini?


bisnis sampingan yang menjanjikan jadi makelar saja
Ilustrasi dari Pixabay


Bagi yang masih berstatus karyawan dan ingin mencari tambahan penghasilan, anda bisa menjadi makelar produk apa saja alias multi produk. Tugas anda hanya menjadi 'perantara' bagi mereka yang ingin menjual barang kepada orang lain. Barang yang dijual bisa apa saja, seperti handphone, tanah, rumah, mobil, laptop, kamera dan lain sebagainya. Semua tergantung dari barang apa yang ingin dijual oleh kenalan/koneksi kita.

Untuk keuntungan yang didapat, bisa menggunakan sistem komisi -- atau dengan sedikit menaikkan harga agar mendapatkan laba.

Untuk menjalani bisnis sampingan ini, anda harus memiliki jiwa marketing yang bagus, memiliki banyak kenalan/koneksi, memiliki kredibilitas yang bagus dan bisa dipercaya. Manfaatkan semua koneksi anda untuk menjalankan bisnis ini, seperti developer rumah, ponsel dekat rumah anda, tempat servis TV yang ingin menjual TV bekas dan lain sebagainya. Intinya modal anda adalah bisa meyakinkan orang lain untuk bisa diajak bekerja sama. Selain itu, kemampuan mendapatkan pembeli layaknya seorang sales juga harus anda kuasai.


Kendala

Di era digital yang semakin maju, ada 1 kendala yang harus dihadapi -- yaitu keberadaan situs 'makelar online' seperti OLX.co.id. Kebanyakan orang-orang yang ingin menjual barang bekas -- sudah hampir pasti melalui situs tersebut. Sejalan dengan para penjual, para pembeli pun juga akan mencari barang bekas via situs tersebut. Mereka pun bisa ketemuan dengan sistem COD (Cash On Delivery).

Cara untuk mengatasi kendala ini antara lain:

- Jual barang di bawah harga di OLX, namun resikonya keuntungan sedikit.
- Manfaatkan kredibilitas anda, karena pembeli di OLX terkadang ada yang kecewa dengan kualitas barang. Jadi anda bisa meyakinkan pembeli, bahwa anda menjamin kalau membeli barang dari anda lebih terjamin kualitasnya.
- Jual-lah barang yang biasanya jarang dicari di OLX, seperti tanah, rumah dan bahan bangunan.
- Sebagai tambahan, anda juga bisa menjadi makelar jasa, misal jasa memperbaiki handphone, kulkas, Laptop, AC dan lain-lain.
- Cobalah berimprovisasi dengan 'melakukan/menjual sesuatu' yang tidak ada di OLX.


Meskipun agak sulit menjadi makelar di tengah keberadaan OLX, namun bisnis ini minim resiko -- karena kita hanya sebagai perantara saja. Seandainya barang tak laku -- tak masalah, karena kita tidak membeli barang tersebut -- melainkan hanya sebagai 'penyambung lidah' saja.

Namun, yang patut diperhatikan sebelum anda memasarkan barang tersebut, pastikan kualitas barang benar-benar bisa dipertanggung jawabkan. Anda harus betul-betul mengecek keaslian, kualitas, kerusakan dan apa saja yang ada pada barang tersebut. Jangan sampai lalai memperhatikan hal semacam ini, karena hal ini bisa mengancam kredibilitas anda di mata pembeli. Ingat, dalam berbisnis sebagai 'perantara', kredibilitas adalah aset yang berharga. Bahkan menjaga kredibilitas jauh lebih penting ketimbang mengejar keuntungan semata.

Bagi kamu yang berprofesi sebagai karyawan dan memahami syarat, kendala, resiko dan semuanya yang berkenaan dengan profesi makelar -- bisa segera mencoba bisnis ini. Ingat, anda hanya perantara, jadi kalau tak laku pun tak masalah. Apalagi anda masih memiliki penghasilan, yaitu gaji tetap di perusahaan tempat anda bekerja. Jadi anda tak perlu khawatir kalau bisnis anda tidak berjalan dengan semestinya.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR