Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

3 Karakteristik yang Harus Dimiliki Seorang Marketer Sejati

Ilmu marketing merupakan ilmu yang sangat penting. Hal ini dikarenakan ilmu marketing yang merupakan 'ilmu penentu' dalam kesuksesan sebuah bisnis.

Katakanlah ada beberapa bisnis sejenis dengan kualitas yang 'setara' tengah bersaing. Maka 'pemenang'nya adalah yang marketingnya paling 'markotop'.

Adapun orang yang memiliki kemampuan di bidang marketing, biasanya disebut dengan marketer. Orang-orang inilah yang menjadi 'ujung tombak' dalam dunia usaha, karena mereka yang terdepan dalam mengejar 'target penjualan'. Untuk itu, seorang marketer sejati harus memiliki karakteristik yang akan dijelaskan berikut ini.

Apa sajakah itu?


karakteristik yang harus dimiliki seorang marketer sejati
Ilustrasi dari Pixabay


Langsung saja, berikut ini 3 karakteristik yang harus dimiliki seorang marketer sejati, antara lain:



1. Mengutamakan riset

Seorang marketer sejati bergerak berdasarkan DATA, bukan feeling. Dan cara untuk mendapatkan data yang akurat, tajam dan terpercaya adalah dengan melakukan riset.

Apabila anda ingin menjadi marketer sejati, lakukanlah riset secara menyeluruh, baik dari segi produk, pasar, konsumen, persaingan, tren dan lain sebagainya. Tujuannya agar data yang didapat lengkap -- guna menentukan strategi yang tepat untuk bisnis anda.

Apabila anda seorang yang malas melakukan riset dan lebih percaya pada 'insting', alangkah baiknya agar anda berhenti saja menjadi seorang marketer. Dan posisi yang cocok untuk anda adalah, menjadi seorang peramal atau ahli nujum, karena anda lebih mengandalkan 'insting'.


2. Memahami psikologi manusia

Seorang marketer sejati seyogyanya harus memahami psikologi manusia. Cara pandang seorang marketer yang benar adalah, berdasarkan sudut pandang konsumen -- bukan sudut pandang produsen. Jadi kalau seorang marketer hanya bisa langsung jualan, menawarkan produk, menjelaskan kelebihan produk dan mengatakan track record perusahaan -- dijamin konsumen tak akan memperdulikannya.

Coba anda berada di posisi konsumen, kemudian ada orang yang menawarkan produk secara langsung kepada anda -- tanpa memahami 'kebutuhan' anda -- apakah anda merasa ilfil?

Jadi cara terbaiknya adalah, pahamilah psikologi manusia. Jangan langsung jualan -- tapi berikan sedikit edukasi melalui konten yang soft. Setelah mereka membaca dan meresapi konten anda -- disitulah tercipta rasa percaya dari mereka. Dan mereka menilai bahwa anda -lah yang menjadi solusi dari permasalahan mereka. Selebihnya bisnis anda akan mengiringi.


3. Memiliki target yang jelas

Dalam sebuah bisnis, target harus ada -- dan progress dari waktu ke waktu merupakan 'pencapaian' jangka pendek dari sebuah target. Biasanya seorang marketer sejati memiliki target yang jelas, agar apa yang dijalankan (trial dan error) bisa terlihat 'hasilnya'. Apakah strategi yang digunakannya berhasil, atau malah gagal?

Dengan adanya target yang jelas, seorang marketer sejati cenderung berfikir ke depan, memikirkan strategi, inovasi dan goal selanjutnya. Dengan begitu, bisnis akan terus berjalan karena memiliki target-target yang ingin dicapai -- baik untuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.


Begitulah seharusnya karakter seorang marketer sejati. Di tengah persaingan yang ketat ini, kalau 'sekedar' jualan saja bakal dianggap spam dan mengganggu. Apalagi kebanyakan pebisnis melakukan hal yang sama. Efeknya, tentu konsumen akan bosan melihat promosi di mana-mana. Untuk itu, lakukanlah strategi marketing yang beda dari kebanyakan orang. Tujuannya agar anda memiliki 'ciri khas' dan 'spesial' di mata konsumen.

Ayo segera mulai bisnis anda!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR