Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (5 Tahun)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Enaknya Menjalankan Bisnis Digital, Didukung Penuh Oleh Pemerintah

Pemerintahan di era Jokowi - JK rupanya sangat serius mendukung kemajuan ekonomi digital di Indonesia. Dukungan tersebut utamanya ditujukan pada ekosistem startup yang ada di Indonesia. Tentunya hal ini menjadi kabar gembira bagi para pegiat bisnis digital yang ada di Tanah Air.

Lalu, seperti apakah bentuk dukungan pemerintah terhadap bisnis digital di Indonesia?

enaknya menjalankan bisnis digital karena didukung pemerintah
Image via id.techinasia.com


Dilansir dari laman id.techinasia.com, pemerintah melalui Kemeninfo tengah mencanangkan program bernama 1000 Startup Digital. Program tersebut menargetkan ada 1000 startup di Indonesia pada tahun 2020 -- dengan total valuasi yang mencapai US$10 miliar (sekitar Rp133 triliun). Tentunya hal ini menjadi kabar baik bagi pegiat bisnis digital, terutama yang berstatus sebagai startup founder.

Untuk teknisnya, program 1000 Startup ini akan diselenggarakan di 10 kota besar di Indonesia. 10 Kota yang dimaksud antara lain:

- Jakarta
- Bandung
- Surabaya
- Yogyakarta
- Semarang
- Malang
- Medan
- Bali
- Makassar
- Pontianak.

Untuk step by step nya, penyelenggaraan program yang diberi nama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini akan dilakukan di Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta pada bulan Juni hingga September 2016. Kemudian dilanjutkan di kota Bandung, Semarang, dan Malang pada bulan September sampai Desember tahun ini. Untuk kota Medan, Pontianak, Makassar dan Denpasar akan menyusul.


Strategi pemerintah dalam program 1000 startup digital

Sebenarnya program pemerintah ini lebih cenderung mengarah kepada semacam program 'seleksi'. Jadi, para peserta dari 10 kota akan diikut sertakan dalam seleksi yang terbagi ke dalam 5 tahap, antara lain:


1. Ignition

Tahap ini merupakan yang paling awal dan paling mudah. Di sini hanya sekedar pemberian seminar bertema entrepreneurship saja kepada masyarakat Indonesia.

Untuk tahap ini, pemerintah menargetkan sebanyak 4000 peserta yang mengikuti seminar. Nanti akan diseleksi hingga mendapatkan 2000 peserta terbaik yang akan maju ke tahap selanjutnya.


2. Workshop

Sesuai namanya, tahap workshop ini berisi tentang pembekalan kepada para peserta mengenai berbagai hal yang mereka perlukan ketika membangun sebuah startup. Di sana akan dijelaskan lebih jauh mengenai Design Thinking, Market Validation dan Business Model.

Dari 2000 peserta yang ikut ditahap ini, akan dikerucutkan menjadi 1000 peserta. Keseribu peserta yang terpilih berhak untuk maju ke tahap selanjutnya.


3. Hackathon

Di tahap ini, 1000 peserta diminta untuk membuat prototipe dari ide startup mereka. Seperti di tahap-tahap sebelumnya, di tahap ini para peserta juga akan 'dikerempengkan' menjadi lebih kecil. Adapun jumlah peserta yang 'lulus' tahap ini adalah sebanyak 500 peserta, dan mereka berhak untuk maju ke tahap selanjutnya.


4. Bootcamp

Di tahap ini, para peserta akan mendapatkan mentoring yang lebih jauh lagi seputar dunia startup. Mereka akan dibimbing tentang cara menjalankan bisnis mereka dengan baik, efektif dan efisien.

Di tahap ini 'seleksi alam' akan kembali terjadi -- di mana hanya ada 200 peserta yang berhak lolos ke tahap selanjutnya.


5. Inkubasi

Tahap inkubasi merupakan tahap terakhir dari Program Nasional 1000 Startup Digital. Di tahap ini, para peserta akan mendapatkan pelatihan agar startup mereka bisa mendapat valuasi yang diharapkan.

Dengan 200 peserta setiap tahunnya, pemerintah berharap target 1.000 startup digital di tahun 2020 bisa tercapai. 

Baca juga:



Itulah kelima tahapan program 1000 startup digital yang dicanangkan pemerintah. Tentunya hal ini merupakan kabar yang sangat dinanti para pebisnis digital, karena pemerintah sangat serius dalam mendukung ekosistem digital di negeri kita yang tercinta ini.

Bagi anda yang berminat untuk ikut dalam program 1000 startup digital, silahkan pelajari caranya di:

www.1000startupdigital.id


Semoga bermanfaat!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL