Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

5 'Tempat' yang Paling Direkomendasikan Untuk Dagang Online

Anda seorang pedagang offline yang ingin mencoba dagang secara online?

Apabila jawabannya ya, maka anda harus tahu 'tempat-tempat' yang bisa digunakan untuk 'menggelar' dagangan anda.

Di sini akan dibahas mengenai 5 'tempat' yang paling direkomendasikan untuk berdagang secara online. Anda bisa berdagang di salah satu, atau semua tempat yang akan dijelaskan di bawah ini!

Lalu, apa saja tempat berdagang online yang dimaksud?

Ini dia jawabannya!


tempat yang bagus untuk dagang online
Dagang secara online




1. Toko online sendiri

Tempat yang satu ini yang paling direkomendasikan untuk anda yang ingin dagang secara online. Dengan memiliki toko online sendiri, maka anda memiliki 'lapak' sendiri -- tanpa bergantung dengan pihak lain, seperti situs marketplace, situs media sosial dan lain-lain. Dengan begitu, anda bebas berkreasi tanpa terikat dengan aturan / rule dari situs lain -- karena anda mandiri dan berdiri sendiri.

Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membangun toko online. Dua diantaranya yang paling populer adalah toko online berbasis Wordpress dan toko online berbasis Blogspot.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang toko online berbasis Wordpress, silahkan baca:



2. Media sosial

Apabila anda tidak memiliki kemampuan dan biaya untuk membangun toko online sendiri, alternatif yang paling direkomendasikan untuk anda adalah berjualan online melalui media sosial.

Salah satu media sosial yang paling ampuh untuk berjualan online adalah Facebook. Seperti diketahui, Facebook merupakan media sosial terbesar di dunia saat ini. Tercatat ada lebih dari 1,3 miliar pengguna aktif Facebook yang tersebar di seluruh dunia. Tentunya jumlah tersebut sangat potensial untuk dijadikan 'lahan' berjualan bagi para pedagang online seperti anda.

Bagi yang ingin mempelajari cara berjualan online di Facebook, silahkan baca:



3. Media chatting

Tempat yang ketiga ini juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang tak mampu membangun toko online sendiri. Hampir mirip dengan media sosial, media chatting juga sangat direkomendasikan untuk berjualan online. Biasanya berjualan via media chatting sifatnya sangatlah serius -- alias calon pembeli yang didapat kemungkinan besar akan benar-benar membeli.

Terdapat beberapa media chatting yang bisa anda gunakan untuk dagang secara online, seperti BlackBerry Messenger (BBM), WhatsApp (WA), LINE, Snapchat, Telegram dan lain sebagainya.


4. Situs marketplace

Tempat yang keempat ini juga alternatif yang sangat bagus untuk 'menggelar' dagangan secara online. Di situs marketplace, anda akan 'numpang' membuka toko (Tokopedia) atau menggelar lapak (Bukalapak), dan pembeli akan membeli melalui situs marketplace tersebut. Untuk transaksi pembayaran -- akan sangat aman, karena dihandle oleh rekening bersama milik situs marketplace tersebut.

Salah satu situs marketplace yang paling bagus untuk dagang secara online adalah di Tokopedia. Bagi anda yang ingin berjualan di sana, silahkan pelajari caranya di:



5. Forum jual beli online

Hampir sama dengan situs marketplace, situs forum jual beli juga menjadi 'penengah' antara pedagang dengan pembeli online. Apabila anda ingin berdagang secara online, anda bisa 'numpang' membuka lapak di forum-forum yang menyediakan fitur jual beli. Untuk produk fisik, anda bisa berjualan di FJB (Forum Jual Beli) Kaskus. Untuk produk nonfisik, anda bisa berjualan di Forum Trade di Ads.id.


Itulah dia beberapa 'tempat' yang sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin berdagang secara online. Anda bisa mencoba salah satu, atau mengkombinasikan beberapa tempat berjualan online di atas, semua terserah anda. Semakin banyak 'tempat jualan' yang anda gunakan, semakin banyak potensi calon pembeli yang akan anda dapatkan.

Ayo, segera mulai bisnis anda!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR