Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

5 Tips Bisnis Online Bagi yang Benar-Benar Awam di Dunia Internet

Bisnis online akhir-akhir ini menjadi salah satu 'primadona' di dunia bisnis. Betapa tidak, bisnis ini bisa dijalankan dengan fleksibel (dari segi waktu dan tempat), hasilnya pun cukup memuaskan -- apabila dijalankan dengan serius, fokus dan konsisten.

Apakah anda tertarik untuk menjalankan bisnis online?

Bagi anda yang tertarik, di sini akan kami bagikan tips-tips bisnis online, khususnya bagi anda yang masih awam dengan dunia internet.

Seperti apakah tips-tipsnya?

Silahkan baca artikel ini sampai habis!


tips bisnis online untuk pemula
Tips bisnis online untuk pemula


Bagi seorang pemula, tentu akan kebingungan ketika mau memulai bisnis online. Biasanya hal-hal seperti ini bisa membuat mereka 'tersesat' -- dan malah dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab, seperti diajak ikut bisnis abal-abal yang ternyata adalah moneygame, diajak ikut seminar berbayar yang ilmunya malah bertebaran secara gratis di Google, dan lain sebagainya.

Untuk itulah, di sini akan kami share mengenai tips-tips bisnis online bagi anda yang benar-benar awam tentang dunia online. Dengan mengikuti tips-tips di bawah ini, diharapkan agar anda tidak 'tersesat' dalam menentukan langkah.

Seperti apakah tipsnya?

Berikut ini 5 tips bisnis online, bagi anda yang masih pemula, antara lain:


1. Cari ilmunya

Ini yang terpenting!

Sebelum anda memulai bisnis online, anda harus tau ilmunya seperti apa, step by step -nya bagaimana dan lain sebagainya.

Untuk itu, yang pertama harus anda lakukan adalah belajar dan terus belajar. Carilah ilmu bisnis online yang benar-benar berkualitas dan bisa anda pahami dengan mudah.

Sebagai referensi, anda bisa membaca kumpulan artikel tentang bisnis online di bawah ini!





Pelajarilah semua ilmu di atas dengan tekun dan serius. Niscaya anda akan mendapatkan ilmu yang berharga sebelum benar-benar memulai bisnis anda.


2. Temukan bidang yang sesuai dengan passion anda

Setelah anda mempelajari ilmu tentang bisnis online, anda bisa memilih salah satu bidang yang sesuai dengan passion anda. Usahakan bidang tersebut benar-benar cocok dengan anda dan bisa anda kuasai.

- Apabila anda suka menulis, anda bisa menjadi Blogger.

- Apabila anda suka membuat dan mengedit video, anda bisa menjadi Youtuber.

- Apabila anda suka jualan, anda bisa menjadi pebisnis online shop.

- Apabila anda memiliki kemampuan desain website, anda bisa menjadi freelancer.

- Apabila anda menguasai coding game, anda bisa membuat game berbasis smartphone.

Dan masih banyak lagi bidang bisnis lainnya yang bisa anda cocokkan dengan passion anda.


3. Riset dulu sebelum menjalankan bisnis

Setelah anda mendapatkan ilmunya, dan menemukan bidang bisnis yang sesuai dengan passion anda, tiba saatnya untuk melakukan riset.

Perlu anda pahami dan ketahui, dalam menjalankan bisnis, jangan pernah mempercayai insting anda sendiri. Dalam dunia bisnis, insting bisa menjebak anda dalam 'visi yang salah', sehingga anda 'tersesat' ke dalam 'lingkaran' bisnis yang salah. Untuk itu, lakukanlah riset yang nyata -- sebelum bisnis anda benar-benar dimulai.

Ada berbagai riset yang bisa anda lakukan, meliputi:

- Riset pasar (target market anda),

- Riset kompetitor (kekurangan dan kelebihan mereka),

- Riset marketing (mencari metode marketing yang tepat),

- Riset kelangsungan bisnis (apakah bisnis akan bertahan lama),

dan lain sebagainya.


4. Komitmen, Fokus, dan Konsisten (KFK)

Setelah anda riset dengan benar dan sudah mendapatkan banyak DATA, tiba saatnya untuk segera memulai bisnis anda.

Yang patut anda ingat, dalam memulai bisnis bukanlah perkara yang mudah. Bagi anda yang bermental karyawan, merintis bisnis sangat tidak cocok dengan anda.

Seperti yang kita ketahui, yang namanya karyawan itu penghasilannya PASTI ADA dan STABIL tiap bulan. Apabila anda merintis bisnis online, maka penghasilan anda tidak pasti (di awal). Bahkan ada juga pebisnis online yang tidak berpenghasilan sama sekali selama 3 bulan, 6 bulan, bahkan 1 tahun. Ini yang perlu anda perhatikan sebelum menjalankan bisnis online!

Beratnya proses merintis bisnis seperti ini harus anda ketahui semenjak awal, agar anda tahu bagaimana sulitnya meraih kesuksesan. Jangan sampai anda terinspirasi oleh pebisnis online yang sukses dan sudah enak (hidupnya) -- namun mengabaikan kisah 'pedih' mereka sewaktu masih merintis bisnis dari nol.

Apabila anda hanya ingin enaknya saja, lebih baik anda TIDAK USAH berbisnis. Karena mental yang demikian adalah mental TEMPE yang suka instan dan malas bekerja keras. Dijamin, mental yang demikian akan susah hidupnya, karena Tuhan tidak suka dengan manusia yang pemalas.

Maka dari itu, apabila anda sudah memulai bisnis -- anda harus mengamalkan formula bisnis bernama KFK (Komitmen, Fokus dan Konsisten).

- Komitmen, dalam hal kesiapan untuk berproses, siap bekerja keras, siap lelah, siap pusing, siap modal, siap gagal dan siap sukses.

- Fokus, dalam hal membangun bisnis anda dan tidak mudah terpengaruh dengan bidang bisnis lain yang membuat anda kehilangan fokus.

- Konsisten, dalam hal semangat kerja, target harian, target jangka pendek, target jangka menengah dan target jangka panjang. Intinya harus konsisten dalam bekerja, dan jangan setengah-setengah.


5. Terbuka untuk kemungkinan pivot (plan B)

Poin kelima alias poin terakhir ini merupakan langkah antisipasi apabila bisnis anda tak kunjung berhasil. Daripada anda 'merenung dan galau memikirkan kegagalan bisnis anda' (baca: 'buang-buang waktu'), lebih baik anda mempersiapkan untuk kemungkinan pivot alias 'menjalankan plan B'.

Yang namanya bisnis pasti memiliki 2 kemungkinan, yaitu gagal dan berhasil. Apabila anda berhasil, anda hanya perlu mengembangkan bisnis anda. Namun apabila anda gagal, kami sarankan agar anda mempertimbangkan untuk melakukan pivot.

Apa itu pivot?

Silahkan pelajari di:



Itulah dia 5 tips bisnis online bagi anda yang masih awam seputar dunia internet. Semoga dengan menerapkan tips-tips di atas, anda bisa memulai bisnis online anda dengan hati yang yakin dan langkah yang pasti.

Ayo, segera mulai bisnis anda!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR