Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

[Opini] Blog Itu Bagaikan Drone yang "Autopilot", Serba Otomatis!

Pembahasan kali ini bersifat santai dan sekedar opini dari admin. Sebagai salah satu blogger di Indonesia, admin berpendapat kalau bisnis di bidang blog bisa diilustrasikan seperti 'sebuah drone yang autopilot, alias serba otomatis'.

Mengapa bisa demikian?


blog drone autopilot serba otomatis
Blog adalah 'drone yang autopilot'


Seperti yang kita ketahui, drone adalah sebuah pesawat tanpa awak yang bisa dikendalikan manusia dari jarak jauh. Sedangkan autopilot adalah, mengendalikan suatu 'wahana terbang' dengan mode otomatis, alias 'lepas setir'.

Nah, apabila keduanya digabungkan, maka hal itu bisa menggambarkan seperti apa bisnis blog (menurut pandangan admin).

Mengapa bisa demikian?


Jawabannya karena blog itu:

1. Jalan dengan sendirinya, menghasilkan uang dengan sendirinya -- tanpa harus dikendalikan setiap saat.

2. Tugas kita hanya rutin 'mengisi bahan bakar'nya, yaitu berupa artikel-artikel berkualitas.

3. Selain itu, tugas kita adalah menyetting 'drone' agar terbang tinggi, yakni dengan internal link, eksternal link, cek webmaster secara rutin, promosi, dan lain-lain.

4. Disebut 'drone' karena, kita tidak harus 'mengikuti blog' di manapun dia diakses. Ketika orang Inggris mengakses blog kita, kita tak harus pergi ke Inggris. Cukup tiduran di rumah, orang-orang di seluruh dunia bisa mengunjungi blog kita.

5. Disebut 'autopilot' karena, meskipun ditinggal tidur, jalan-jalan, ke toilet, ke sekolah, dan urusan-urusan lainnya -- blog tetap berjalan secara otomatis, 1 hari 24 jam, 7 hari seminggu, tanpa harus 'disetir' terus-menerus.


Apakah gambaran di atas sudah cukup untuk memperkuat opini admin?

Mungkin ada yang setuju, ada pula yang tidak setuju dengan 'penggambaran' yang 'terlalu berlebihan' dari admin.

Bukannya mau 'menyombongkan' kehebatan blog, hanya saja admin merasa kalau blog itu tak seperti bisnis online lainnya yang memerlukan 'pendampingan' setiap saat.

1. Kalau kita jualan online, maka kita harus siap menghandle pertanyaan pembeli, komplain pembeli, mengepak barang dan mengirim barang. Hal itu dilakukan secara terus-menerus.

2. Kalau kita menjadi freelancer, maka apabila ada job, harus diselesaikan sesuai dateline. Kita tak bisa berleha-leha, apalagi tidur siang setiap hari.

3. Apabila menjalankan bisnis CPA, maka harus terus 'mengawasi' dan 'menganalisis' campaign-campaign kita, dan harus mencari traffic source terbaik. Trial error dan inovasi tiada henti.

Dan lain sebagainya.


Mungkin segitu saja gambaran yang bisa admin terangkan tentang bisnis blog yang ibarat 'drone autopilot'. Semoga saja anda bisa memahami tentang 'luar biasa'nya bisnis yang satu ini.

Sebagai tambahan, cara memonetisasi blog bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

1. Pasang iklan mandiri

2. Pasang iklan PPC

3. Pasang iklan PPM

4. Pasang iklan affiliasi

5. Jasa review artikel.

Dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang tertarik untuk belajar tentang bisnis di bidang blogging, silahkan pelajari di:



Semoga penjelasan singkat mengenai opini admin di atas bisa menambah wawasan anda seputar dunia bisnis online. Jangan lupa, segera mulai bisnis anda -- mumpung masih belum terlambat!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR