Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (5 Tahun)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Hal-Hal yang Wajib Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Investasi Reksa Dana

Artikel yang dibahas kali ini adalah masih seputar investasi Reksa Dana.

Setelah sebelumnya membahas tentang Definisi singkat tentang Reksa Dana, agar mudah dipahami, kali ini yang akan dibahas adalah tentang hal-hal yang wajib anda perhatikan sebelum melakukan investasi Reksa Dana.

Apa sajakah itu?


hal yang wajib diperhatikan sebelum melakukan investasi reksa dana
Hal yang harus diperhatikan sebelum investasi Reksa Dana


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, investasi Reksa Dana merupakan salah satu bentuk investasi yang direkomendasikan untuk anda. Hal itu tak lepas dari kemudahannya, karena pengelolaan dana investasi tidak langsung anda lakukan, melainkan 'diwakili' oleh manajer investasi yang tentunya lebih profesional dan kompeten. Selain itu, besaran dana investasi yang tak terlalu besar -- memungkinkan anda untuk melakukan diversifikasi, agar terjadi pembagian resiko dalam investasi yang anda lakukan.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, namun anda tak boleh asal-asalan dalam menjalankan investasi Reksa Dana. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda benar-benar terjun ke dunia investasi Reksa Dana, yaitu:

1. Membaca dan memahami Prospektus Reksa Dana.

2. Mengerti akan tujuan dan jangka waktu investasi.

3. Mengidentifikasi resiko yang terkait.

4. Memperhatikan kinerja Reksa Dana.

5. Mengetahui biaya-biaya yang melekat atas investasi tersebut.


Perlu anda ketahui, Reksa Dana bukanlah produk perbankan ataupun produk yang dijamin oleh Bank serta Pemerintah dan tidak termasuk produk investasi dengan penjaminan. Sebelum membeli Unit Penyertaan Reksa Dana, anda harus terlebih dahulu mempelajari dan memahami Prospektus dan dokumen penawaran lainnya.

Isi dari Prospektus dan dokumen penawaran lainnya bukanlah suatu saran, baik dari sisi bisnis, hukum, maupun perpajakan. Oleh karena itu, calon Pemegang Unit Penyertaan disarankan untuk meminta pertimbangan atau nasehat dari pihak-pihak yang berkompeten sehubungan dengan investasi dalam Reksa Dana.

Kemudian, sebagai calon pemegang unit penyertaan -- anda harus menyadari bahwa ada kemungkinan resiko yang akan timbul sehubungan dengan Unit Penyertaan Reksa Dana yang anda pegang. Apabila anda kurang begitu memahami tentang resiko investasi Reksa Dana, anda bisa juga meminta saran dari pihak pihak yang berkompeten atas aspek bisnis, hukum, keuangan, perpajakan, maupun aspek lain yang relevan.

Ingat, sebelum terjun ke 'medan perang', anda harus tahu dan paham dengan kondisi 'medan perang' tersebut, agar anda tidak 'terkejut' akan kerasnya 'medan perang' tersebut.


Itulah dia pemaparan singkat mengenai hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum menjalankan investasi Reksa Dana. Semoga ulasan yang singkat ini bisa menambah wawasan anda seputar jenis investasi tersebut.

Salam investasi! (fa)

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL