Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (5 Tahun)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

3 Kelebihan Toko Online yang Menjual Produk Spesifik (Spesialis)

Ketika anda memutuskan untuk terjun ke bisnis online di bidang ecommerce (jualan online), maka anda harus siap bersaing dengan berbagai toko online -- baik besar, sedang, maupun kecil.

Untuk menyikapi hal itu, ada berbagai opsi untuk anda dalam menjalankan toko online, yakni membangun toko online yang generalis (menjual produk di semua karegori), semi generalis (menjual produk di beberapa kategori), atau spesialis (menjual produk di satu kategori).

Dari berbagai pilihan di atas, apabila anda baru membuka toko online -- sangat disarankan untuk membangun toko online spesialis.

Mengapa harus spesialis?

Karena toko online yang spesialis (menjual produk spesifik) memiliki beberapa kelebihan yang akan dijelaskan di bawah ini!


kelebihan toko online spesialis menjual produk spesifik
Kelebihan toko online spesialis


Berikut ini ada 3 kelebihan toko online yang menjual produk-produk spesifik (spesialis), diantaranya:


1. Memiliki 'identitas khusus' di mata konsumen

Toko online yang menjual produk spesifik -- biasanya akan memiliki 'identitas khusus' di mata konsumen. Ketika seorang konsumen memiliki minat terhadap produk di kategori tertentu, maka toko online 'spesialis' akan menjadi salah satu sumber referensi mereka.

Sebagai contoh, ketika konsumen ingin membeli kail, maka toko alat pancing adalah tujuan utama mereka. Toko alat pancing tersebut memiliki 'identitas khusus' di mata konsumen, yakni sebagai toko yang menjual berbagai macam keperluan untuk memancing, seperti kail, umpan, pancingan, dan lain sebagainya. Jadi, konsumen tidak mungkin pergi ke 'toko serba ada', karena kelengkapan produk di kategori tersebut masih diragukan.


2. Lebih mudah untuk fokus

Toko online yang menjual produk spesifik lebih mudah untuk fokus dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan menjual produk dalam 1 kategori, si penjual tidak pusing dalam menambah varian produk, maupun dalam hal promosi.

Tugas mereka hanya tinggal memperkuat identitas, memperluas pangsa pasar, dan tentunya harus jeli dalam menetapkan harga yang kompetitif, agar tidak kalah bersaing. Dan yang terpenting, toko online spesialis harus menguasai pengetahuan tentang kategori produk yang mereka jual, agar benar-benar dianggap 'spesialis'.


3. Lebih mudah dalam menargetkan audiens

Toko online spesialis lebih mudah dalam menentukan 'basis penggemar' yang memiliki minat terhadap kategori produk yang dijual di toko tersebut.

Karena kategorinya yang spesifik, maka untuk menargetkan audiens jadi lebih mudah. Caranya yakni dengan melakukan riset terhadap kompetitor yang menjual produk sejenis. Pelajari seperti apa audiens mereka, apa jenis kelamin audiens mereka, berapa usia audiens mereka, berapa penghasilan audiens mereka, apa profesi audiens mereka, dan lain sebagainya.

Untuk cara praktisnya (bagi yang tak mau pusing), bisa anda baca pada artikel di bawah ini:



Itulah dia pemaparan singkat mengenai 3 kelebihan toko online yang menjual produk spesifik (spesialis).

Bagi anda yang baru membangun toko online dengan modal kecil dan dikelola secara individu, maka menjadi spesialis adalah cara yang tepat untuk mengembangkan bisnis anda. Ingat, dibalik keterbatasan -- ada 'strategi jitu' untuk memenangkan persaingan, salah satunya dengan 'totalitas' sebagai seorang 'spesialis'.

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL