--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



3 Langkah Sederhana Dalam Memulai Bisnis di Instagam

Berbisnis di Instagram saat ini sedang menjadi tren di kalangan pebisnis online. Selain gratis, berbisnis di Instagram juga berpotensi menghasilkan banyak keuntungan, lantaran pangsa pasar (pengguna Instagram) yang cukup besar. Belum lagi konten Instagram yang 'fokus' pada foto dan video pendek, tentu sifatnya lebih 'menjual' ketimbang konten tulisan yang ada di media sosial lain.

Bicara soal berbisnis di Instagram, tentu banyak orang yang sudah tahu cara memulai bisnis ini. Namun, ada pula yang masih awam dan 'buta' dalam hal bisnis online via Instagram.

Bagi anda yang masih belum tau caranya, di sini akan dijelaskan mengenali cara memulai bisnis di Instagram. Cara-cara berikut ini sangatlah mudah, anda pun bisa melakukannya.

Lantas, seperti apa caranya?

Berikut ini ada 3 langkah sederhana dalam memulai bisnis online via Instagram, diantaranya:


cara memulai bisnis di instagram
Cara memulai bisnis di Instagram




1. Buat akun Instagram dengan nama bisnis anda

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, membuat akun Instagram khusus untuk bisnis anda. Anda perlu email dan data yang valid untuk melalui proses ini. Jangan lupa, gunakan nama bisnis anda sebagai nama akun Instagram tersebut. Dan usahakan foto profilnya menggunakan logo / brand bisnis anda. Dengan cara ini, bisnis anda akan lebih profesional, dan brandnya akan selalu diingat follower-follower anda.


2. Posting secara rutin, disertai hashtag

Saat ini akun Instagram anda masih blank alias kosong. Saat itulah waktunya untuk anda memposting foto-foto produk yang anda jual. Postinglah foto yang menarik dan memiliki resolusi bagus, disertai dengan caption berisi kalimat-kalimat promosi yang membuat orang-orang tertarik untuk membeli. Jangan lupa, sertakan hashtag yang berhubungan dengan produk yang anda jual, karena orang-orang sering mencari produk menggunakan searching by hashtag.

Apabila langkah ini anda lakukan dengan rutin, massiv, dan konsisten, maka akun Instagram anda sudah 'berisi' dengan konten-konten yang menarik.


3. Follow akun-akun penting yang berkaitan dengan bisnis anda

Langkah terakhir yaitu memfollow akun-akun Instagram lain yang berkaitan dengan bisnis anda, atau bisa juga memfollow akun-akun kompetitor anda.

Anda bisa mempelajari cara mereka dalam berbisnis, apa saja postingan mereka, apa saja 'kebiasaan' mereka, dan lain sebagainya.

Jangan lupa lihat siapa saja yang memberikan komentar di postingan akun kompetitor anda. Apabila komentarnya serius ingin membeli produk kompetitor, maka anda bisa memfollow akun ini -- karena dia adalah 'prospek' yang bagus untuk bisnis anda.

Setelah anda memfollow para 'prospek' tersebut, berharaplah agar mereka stalking ke akun Instagram anda dan melihat postingan-postingan anda. Apabila mereka tertarik, bisa saja mereka memfollback anda. Tentu ini menjadi sebuah pertanda baik, ketika ada follower yang memfollow Instagram anda -- lantaran tertarik dengan postingan-postingan anda.


Baca juga:



Itulah dia penjelasan singkat mengenai cara memulai bisnis online via Instagram. Manfaatkanlah media sosial milik Facebook tersebut untuk menjalankan bisnis online anda, mumpung (masih) gratis dan penggunanya (masih) banyak!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang