--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



3 Syarat Menjadi Endorser di Instagram, Anda Wajib Tahu!

Sebagai salah satu media sosial terbesar di dunia, Instagram memiliki banyak potensi untuk menghasilkan uang. Salah satu cara yang paling banyak dipakai adalah, dengan metode endorsement.

Apa itu endorsement?

Endorsement adalah mempromosikan produk orang lain -- dengan bayaran yang sesuai dengan kesepakatan. Adapun orang yang menjalankan bisnis ini dinamakan endorser.

Lantas, bagaimana cara menjadi seorang endorser?

Bagi anda yang berminat, di sini akan dipaparkan mengenai 3 syarat untuk menjadi seorang endorser di Instagram. Syarat-syarat tersebut diantaranya:


syarat menjadi endorser di instagram
Syarat menjadi endorser di Instagram



1. Memiliki follower yang banyak

Salah satu syarat 'mutlak' yang harus dimiliki oleh seorang endorser adalah, memiliki follower yang banyak. Tidak diketahui berapa standar pasti jumlahnya, tetapi berdasarkan pengamatan admin -- paling tidak di atas 10.000 follower sudah bisa menjadi endorser. Namun yang paling banyak dilirik oleh pengiklan adalah yang jumlah followernya ratusan ribu orang.

Selain banyak follower, usahakan agar followernya benar-benar pengguna Instagram, alias bukan robot. Banyak di luar sana yang membuka jasa menambah follower, namun nyatanya bukan real human.

Menurut pengamaan admin, yang paling berpotensi menjadi endorser adalah para public figure yang masih aktif di dunia hiburan dan memiliki banyak fans. Namun, ada pula endorser yang bukan public figure, namun bisa sukses dengan bisnis endorsement-nya.


2. Rutin melakukan posting yang menarik

Poin kedua ini adalah khusus bagi endorser yang non public figure. Kalau public figure, apapun yang diposting pasti akan menarik di mata fans.

Bagi endorser yang bukan public figure, menurut pengamatan admin -- kebanyakannya adalah akun yang berisi kata-kata bijak, akun kata-kata humor, akun komik strips, akun video pendek gokil, dan lain sebagainya. Akun-akun seperti ini harus rutin memposting sesuatu yang fresh, unik, dan menarik setiap harinya. Biasanya para follower akan kecewa kalau mereka jarang memposting sesuatu.

Ingat, semakin aktif akun Instagram, maka semakin disukai follower -- dan tentunya advertiser (pengiklan).


3. Memiliki ciri khas tertentu

Syarat ketiga ini adalah sang endorser kalau bisa memiliki ciri khas tertentu, namun tidak diharuskan. Semakin memiliki ciri khas, maka semakin disukai advertiser.

Sebagai contoh, ada seorang endorser wanita yang memiliki ciri khas -- yakni selalu memposting foto-fotonya yang cantik disertai dengan busana-busana elegan. Maka endorser seperti ini sangat diminati oleh pengiklan kosmetik, baju, sepatu, dan produk fesyen lainnya.

Ingat, semakin sang endorser memiliki ciri khas, maka akan mudah 'dilirik' oleh pengiklan yang menjual produk-produk spesifik.


Baca juga:



Itulah dia pemaparan singkat mengenai 3 syarat menjadi seorang endorser di Instagram.

Ingat, di era media sosial seperti sekarang, menjadi endorser adalah sebuah cara yang efektif untuk menghasilkan uang. Saking efektifnya, sampai-sampai 'profesi' ini juga 'dilirik oleh petugas pajak, hehehe..

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang