--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Cara Berbisnis di Instagram Dengan Cara yang Serba "Otomatis"

Sudah bukan rahasia lagi kalau Instagram merupakan salah satu jejaring sosial terbesar di dunia yang bagus untuk dijadikan lahan bisnis. Namun, apa jadinya kalau berbisnis di Instagram bisa dilakukan dengan cara yang otomatis?

Lantas, bagaimana cara meng'otomatisasi' bisnis di Instagram?


cara berbisnis di instagram dengan cara yang otomatis
Cara berbisnis di Instagram secara otomatis


Sama halnya dengan media sosial lain seperti Facebook, Instagram merupakan 'lahan' yang bagus untuk berbisnis online. Apalagi dengan konsepnya yang fokus pada konten foto / gambar dan video pendek, membuat produk kita lebih menarik minat calon pembeli. Dan alangkah bagusnya lagi kalau bisnis ini dijalankan secara otomatis.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara berbisnis di Instagram dengan otomatis, ada baiknya agar kita mengetahui apa saja bisnis yang bisa dijalankan melalui media sosial tersebut.

Berikut ini ada 5 bisnis yang bisa dijalankan di Instagram, antara lain:


1. Jual produk / jasa sendiri

Mungkin ini adalah yang paling sering kita lihat di timeline Instagram.

Ada banyak online shop yang melakukan bisnis seperti ini, dan banyak diantara mereka yang sering mendapatkan penjualan. Hal itu dikarenakan konsep Instagram yang terfokus pada konten gambar, sehingga dominasi gambar tersebut  lebih cepat menarik perhatian calon pembeli. Ada perumpamaan yang menyebutkan bahwa "satu gambar bisa menjelaskan 1000 kata". Dan hal itu berlaku pada Instagram.

Selain menjual produk fisik, banyak juga pebisnis yang menjual jasa, seperti jasa desain grafis, jasa pembuatan karikatur, jasa fotografi, dan lain sebagainya di Instagram.

2. Jualan produk dropship

Hampir mirip dengan poin pertama, untuk poin kedua ini tujuannya juga menjual produk -- namun bukan produk sendiri -- melainkan produk dropship. Cara seperti ini memiliki banyak keuntungan, yakni kita bisa berjualan tanpa stok barang, dan tanpa repot mengepak serta mengirim barang. Tugas kita hanya mempromosikan barang, yang foto-fotonya bisa diminta dari supplier kita.

Adapun laba dari bisnis ini didapat dari selisih harga jual ke konsumen, dari harga beli ke supplier.


3. Menjadi endorser

Untuk poin ketiga ini cenderung dilakukan oleh public figure yang memiliki banyak follower. Tugas mereka hanya memajang foto produk bersama diri mereka disertai dengan kalimat promosi dan menuliskan akun Instagram online shop yang dipromosikan. Dengan cara sesimpel tersebut, para endorser akan dibayar sesuai kesepakatan.

Adapun tarif para endorser ini berbeda-beda. Biasanya skalanya diukur dari banyaknya follower aktif yang dimiliki oleh sang endorser.


4. Jadi buzzer 8Share

8Share adalah sebuah media periklanan yang mengiklankan konten website pengiklan. Anda bisa mendaftar sebagai buzzer / publisher iklan, kemudian mempromosikan konten yang ada di sana. Adapun perhitungan komisi yang didapatkan berdasarkan klik unik dari pembaca.

Anda bisa menjadi publisher 8Share hanya dengan menggunakan media sosial seperti Instagram ataupun Facebook. Jadi, anda tak harus memiliki blog / website sendiri.


5. Bisnis affiliasi

Hampir sama dengan bisnis dropship, bisnis affiliasi juga menjualkan produk milik orang lain. Yang jadi pembeda, kalau keuntungan dropship lebih fleksibel, sedangkan komisi affiliasi sudah ditetapkan (flat).

Perbedaan selanjutnya, terletak pada pencairan uang/keuntungan. Kalau dropshiper -- keuntungan didapat setiap barang laku terjual, sedangkan affiliasi -- komisi dibayarkan setiap bulan sekali.

Adapun contoh situs yang menyediakan kerjasama affiliasi antara lain:

- Lazada (produk fisik)
- Blibli (produk fisik)
- Berrybenka (produk fisik)
- Hijabenka (produk fisik)
- Pegipegi (booking hotel)
- Tiket (booking hotel)
- Ratakan (produk digital)
dan lain-lain.


Cara meng'otomatisasi' bisnis di Instagram

Berbisnis di Instagram memang menjanjikan. Namun semua akan merepotkan apabila segalanya dilakukan secara manual, baik itu memposting foto, membalas komentar, melayani pembelian, menghandle komplain, dan lain sebagainya. Solusi yang bisa digunakan adalah, dengan menggunakan tools / software canggih yang bisa membuat bisnis di Instagram menjadi otomatis.

Ingin mengotomatisasi bisnis Instagram anda? Silahkan gunakan tools INI.


Dengan tools tersebut, anda bisa mengotomatisasi Instagram anda, seperti:

- schedule post foto / video (secara otomatis)
- auto follow
- auto unfollow
- auto like
- auto DM new follower
- report
- auto unfollow not followback
- whitelist
dan lain-lain.


Itulah dia pemaparan singkat mengenai cara berbisnis di Instagram dan cara meng'otomatisasi' bisnis di media sosial tersebut. Ingat, kalau ada yang otomatis, buat apa capek-capek menjalankannya secara manual?

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang