--> Skip to main content



Ingin Tahu Cara Jualan Online di Instagram? Ikuti 3 Langkah Ini

Instagram merupakan salah satu jejaring sosial yang berkembang pesat di Indonesia dan bahkan dunia. Jejaring berbasis foto ini bahkan digadang-gadang bakal menggeser posisi Twitter sebagai jejaring sosial terpopuler kedua setelah Facebook. Melihat fakta ini, tampak jelas kalau Instagram sangat 'potensial' digunakan untuk berjualan secara online.

Bicara soal berjualan online di Instagram, masih banyak rupanya yang belum tahu cara jualan online di media sosial tersebut.

Bagi anda yang juga belum tahu, namun ngebet ingin jualan di sana, kami akan memberikan 3 langkah jitu untuk berjualan di Instagram.

Seperti apakah itu?


cara jualan online di instagram
Cara jualan online di Instagram


Bagi anda yang ingin berjualan di Instagram, berikut ini langkah-langkah yang harus anda ikuti, antara lain:



1. Posting rutin, gunakan foto yang menarik

Konsistensi merupakan salah satu hal yang harus dilakukan dalam berjualan online di Instagram. Caranya yakni dengan memposting foto dan caption produk-produk yang anda jual tiap hari dengan rutin. Bisa 10 foto, 5 foto, 2 foto, atau cuma 1 foto perhari, asalkan konsisten. Dengan konsistensi, maka toko online anda selalu aktif 'menghiasi' timeline follower-follower anda.

Selain rutin memposting foto, anda juga harus memperhatikan konten foto yang akan anda posting, baik dari segi kualitas -- maupun dari 'isi foto'. Usahakan agar foto yang diposting memiliki kualitas yang baik, dan kalau bisa -- isi foto diisi dengan kombinasi gambar dan tulisan berisi kata-kata promosi, seperti: Diskon Besar-Besaran!, Cashback Gila-Gilaan!, Beli 3 Gratis 1!, dan lain sebagainya. Dengan foto yang berkualitas dan memiliki konten promosi, dijamin calon pembeli akan tergiur untuk melakukan pembelian.


2. Jangan lupakan hashtag (#)

Terkadang para pengguna sering mencari sesuatu di Instagram, dengan menggunakan hashtag (#). Maka dari itu, manfaatkan kebiasaan ini dengan menyertakan hashtag tiap kali anda memposting produk jualan anda di Instagram -- dengan catatan, jangan sampai hashtagnya tidak sesuai dengan produk yang anda jual.

Sebagai contoh, apabila anda menjual produk smartphone, maka gunakan hashtag seperti #iphone, #ios, #apple, #smartphone, #ipadmurah, dan lain-lain. Jangan sampai isi hashtagnya seperti #hotnews, #gossipayutingting, #wanitacantik, dan lain-lain yang 'bermaksud' mengelabui pengguna Instagram lainnya.


3. Sesekali berkomentar di post orang-orang terkenal

Cara ketiga ini tidak terlalu dianjurkan -- lantaran mengganggu pengguna Instagram yang lain. Namun, bolehlah kalau anda sesekali saja melakukan hal ini, yakni mempromosikan produk anda di kolom komentar orang-orang terkenal. Ingat, jangan berlebihan melakukan hal ini, karena anda bisa saja diblock oleh si pemilik akun Instagram.


Tambahan

Apabila anda memiliki budget untuk promosi, maka anda bisa memasang iklan di Instagram -- agar menjangkau lebih banyak orang. Untuk saat ini, iklan di Instagram terintegrasi dengan Facebook. Setting iklannya pun dilakukan melalui Facebook, yang mana di sana akan ada pilihan 'posisi tayang iklan' yang terdiri dari:

- Kabar desktop FB
- Kolom kanan desktop FB
- Kabar seluler
- Timeline Instagram.

Anda bisa memilih 1 slot, 2 slot, atau mungkin semua slot penayangan yang tersedia. Semua terserah anda!

Silahkan anda pelajari cara lengkapnya di:



Itulah dia penjelasan singkat mengenai 3 langkah untuk berjualan online di Instagram. Semoga penjelasan di atas bisa anda praktekkan dengan baik, dan jangan lupa untuk membaca artikel berikut ini:



Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang