--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



3 Alasan Kenapa Bisnis Ecommerce Makin Menjanjikan di Tahun 2018

Tahun 2018 sudah tiba di depan kita.

Bicara soal tahun 2018, ada 1 fakta yang cukup menarik mengenai bisnis ecommerce di tahun tersebut. Menurut prediksi kami, bisnis ecommerce akan semakin menjanjikan di tahun 2018 ini.

Lantas, apa alasan yang mendasari kalau bisnis ecommerce akan semakin menjanjikan di tahun 2018?

Berikut jawabannya!


bisnis ecommerce apakah menjanjikan di tahun 2017
Bisnis ecommerce di tahun 2018


Berikut ini ada 3 alasan kenapa bisnis ecommerce akan semakin menjanjikan di tahun 2018, diantaranya:



1. Dukungan pemerintah yang makin intens

Rupa-rupanya pemerintah di era Presiden Jokowi sangat mendukung kemajuan ekonomi digital. Dan jenis bisnis digital yang kini mendapat perhatian utama dari pemerintah adalah bisnis ecommerce.

Kabarnya, pemerintah telah membentuk roadmap ecommerce di Indonesia, yang mana hal itu dimaksudkan untuk membuat bisnis ecommerce kian berkembang. Selain itu, pemerintah berencana memasukkan bisnis ecommerce sebagai salah satu mata pelajaran di kurikulum terbaru. Ini tentu sangat bagus bagi kemajuan ekosistem bisnis tersebut.


2. Orang-orang makin terbiasa membeli barang secara online

Selain dukungan dari pemerintah, bisnis ecommerce juga didukung oleh masyarakat yang makin 'melek' digital. Saat ini pengguna internet di Indonesia kian bertumbuh, dan beberapa diantaranya juga sering melakukan pembelian lewat situs ecommerce. Lama-kelamaan, masyarakat akan semakin terbiasa dengan jual-beli online, apalagi kalau pemerintah dan para pelaku bisnis online memberikan edukasi kepada masyarakat awam. Dengan begitu, pangsa 'pasar' pun akan semakin luas, dan perputaran uang akan semakin besar.


3. Fasilitas pendukung kian ditingkatkan

Bisnis ecommerce tak akan jalan kalau fasilitas pendukungnya tidak memadai. Alhasil pemerintah dan pihak ketiga kemudian melakukan 'sesuatu' untuk mendukung kegiatan jual-beli online.

Contoh nyata yang bisa kita lihat adalah dari segi logistik, di mana perusahaan jasa pengiriman kian bertambah banyak. Selain itu, 'jam kerja' mereka juga meningkat, yakni hingga malam hari, dan kadang hari libur juga tetap beroperasi.

Selain logistik, faktor pendukung lainnya yang kian berkembang adalah dari segi metode pembayaran. Hampir semua perbankan di Indonesia memiliki SMS banking, internet banking, dan kartu kredit. Dan ini sangat memudahkan masyarakat yang ingin bertransaksi jual-beli online, namun malas ke ATM.


Baca juga:



Itulah dia penjelasan singkat mengenai 3 alasan kenapa bisnis ecommerce makin menjanjikan di tahun 2018. Manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya, karena ke depannya -- 'konsumen online' akan terus bertambah. Jadinya, siapa yang cepat memulai, dialah yang berpeluang besar untuk sukses.

Selamat berbisnis ecommerce!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang