Skip to main content
Jual VCC PayPal 2 Tahun dan 5 Tahun →



Arti dan Makna Sistem Ekonomi Demokrasi yang Dianut Indonesia

Tak seperti Amerika Serikat yang menganut sistem ekonomi Liberal dan Rusia yang menganut sistem ekonomi Sosialis, Indonesia justru menganut sistem ekonomi tersendiri. Adapun sistem ekonomi yang dianut Indonesia adalah sistem ekonomi demokrasi yang berasaskan Pancasila.

Lantas, seperti apa makna dari sistem ekonomi demokrasi yang dianut Indonesia tersebut?


arti dan makna sistem ekonomi demokrasi yang dianut indonesia
Arti dan makna sistem ekonomi demokrasi


Sistem ekonomi demokrasi

Seperti yang sudah dibahas di atas, sistem ekonomi yang dianut Indonesia adalah sistem ekonomi demokrasi yang berasaskan Pancasila.

Kenapa harus sistem ekonomi demokrasi yang berasaskan Pancasila?

Jawabannya karena Indonesia memiliki landasan idiil, yakni Pancasila dan landasan konstitusional yaitu UUD 1945. Atas dasar itulah, segala bentuk kegiatan masyarakat dan negara harus diatur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, termasuk dalam hal perekonomian.

Berdasarkan penjelasan di atas, sistem ekonomi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 disebut sistem ekonomi demokrasi.

Untuk arti dan makna dari sistem ekonomi demokrasi adalah suatu sistem perekonomian nasional yang merupakan perwujudan dari falsafah Pancasila dan UUD 1945, yang berdasarkan atas asas kekeluargaan dan kegotongroyongan -- dari, oleh, dan untuk rakyat di bawah pimpinan dan pengawasan pemerintah. Jadi, rakyat bebas melakukan kegiatan ekonomi, namun tetap diatur dan diawasi oleh pemerintah.

Sebagai tambahan, dalam sistem ekonomi demokrasi yang dianut Indonesia, pemerintah dan seluruh rakyat -- dari kalangan bawah hingga kalangan atas -- baik pegawai, karyawan, maupun pengusaha, turut aktif dalam usaha mencapai kemakmuran bangsa. Kemudian ada peran tambahan untuk negara, yakni sebagai perencana, pembimbing, dan pengarah kegiatan perekonomian.

Dapat disimpulkan bahwa sistem ekonomi demokrasi mengharuskan kerjasama, saling bantu, dan gotong-royong antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.


Itulah dia pemaparan singkat tentang arti dan makna dari sistem ekonomi demokrasi yang dianut Indonesia.

Sebagai salah satu negara demokrasi, Indonesia memiliki sistem ekonomi yang ditujukan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Semoga saja pada 'praktek'nya di lapangan memang seperti itu. Semoga!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang