--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



3 Alasan Kenapa Anda Harus Berkolaborasi Dengan Pebisnis Lain

Berbisnis tidak harus seorang diri. Ada masa di mana anda harus berkolaborasi dengan pebisnis lain, yang bisnisnya mampu mendukung bisnis yang anda jalankan. Tujuannya, agar semuanya berjalan lebih efektif dan efisien.

Sebagai contoh, studio film Hollywood biasanya tidak bekerja seorang diri. Mereka berkolaborasi dengan 'spesialis' visual, 'spesialis' audio, dan lain-lain. Dan mekanismenya sudah diperhitungkan, baik pembagian kerja maupun pembagian hasil.

Maka dari itu, berkolaborasi dalam bisnis merupakan sesuatu yang harus anda pertimbangkan -- agar bisnis anda berjalan lebih maju. Dan di sini akan dipaparkan mengenai 3 alasan kenapa anda harus berkolaborasi dengan pebisnis lain, diantaranya:

alasan kenapa anda harus berkolaborasi dengan pebisnis lain
Kolaborasi dalam bisnis / Pixabay



1. Lebih fokus pada apa yang jadi 'spesialisasi' anda

Anda tidak harus melakukan semuanya sendirian!

Meskipun anda mampu melakukan semuanya sendiri, namun hasilnya tak akan maksimal, karena tidak semua yang anda lakukan merupakan 'spesialisasi' anda. Selain itu, 'irama' pekerjaan anda akan terganggu lantaran anda melakukan hal berbeda-beda dalam satu waktu.

Alangkah baiknya, agar anda melakukan kolaborasi dengan pebisnis lain, yang mampu menunjang bisnis anda. Dan anda bisa fokus pada apa yang menjadi 'spesialisasi' anda, agar hasilnya bisa maksimal.

Sebagai contoh, misalnya anda memiliki usaha produksi kerupuk, dan spesialisasi anda adalah membuat kerupuk. Jadi anda 'hanya' fokus pada pembuatan kerupuk, sementara untuk pengemasan/pengepakan, pengiriman, dan pemasaran/promosi dilakukan oleh partner bisnis anda.


2. Lebih produktif

Dengan melakukan kolaborasi dan anda bisa fokus dengan 'spesialisasi' anda, maka hasil poduksi anda akan lebih maksimal. Itu mengartikan bahwa anda akan semakin produktif apabila berkolaborasi, ketimbang apabila anda melakukan semuanya sendirian.

Dengan peningkatan produktifitas, maka anda bisa memproduksi lebih banyak, memperluas pangsa pasar anda, dan meningkatkan omset berkali-kali lipat.


3. Hemat waktu

Selain membuat anda lebih fokus dan produktif, kolaborasi juga bisa menghemat waktu anda dalam menjalankan bisnis. Bandingkan jika anda melakukan semuanya seorang diri, maka anda akan menghabiskan waktu yang sangat banyak.

Untuk itulah, kolaborasi bisnis dilakukan -- agar waktu anda lebih efektif dan efisien. Dan ingat, waktu adalah uang, jangan sampai anda menghabiskan waktu untuk hal-hal yang bukan 'spesialisasi' anda.


Baca juga:



Itulah dia pemaparan singkat mengenai 3 alasan kenapa anda harus berkolaborasi dengan pebisnis lain.

Meskipun memiliki banyak keuntungan, anda tetap harus selektif dalam memilih partner bisnis. Carilah partner bisnis yang jujur, profesional, enak diajak bekerja sama, dan mengutamakan win win solution. Tujuannya, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang