--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



3 Penyebab Kenapa Bisnis Bisa Gagal

Dalam menjalankan bisnis, kemungkinan 'hasil'nya ada 2, yakni 'berhasil' ataupun 'gagal'. Sebagai seorang pebisnis, anda harus SIAP menerima kemungkinan-kemungkinan tersebut, termasuk kegagalan.

Meskipun anda bisa menerima suatu kegagalan, namun anda tentu akan bertanya-tanya kenapa bisnis yang anda jalankan bisa gagal?

Guna menjawab pertanyaan tersebut, di sini akan dipaparkan mengenai 3 penyebab utama kenapa bisnis bisa gagal.

Apa sajakah itu?


penyebab kenapa bisnis bisa gagal
3 Penyebab kegagalan dalam berbisnis



1. Kalah dalam persaingan bisnis

Penyebab pertama dan utama dalam kegagalan bisnis adalah, kalah dalam persaingan bisnis.

Katakanlah anda termasuk orang yang pantang menyerah, selalu bekerja keras, selalu fokus dan konsisten, namun anda tetap kalah dalam persaingan -- lantaran kalah permodalan (misalnya) -- maka anda harus menerima kenyataan bahwa bisnis anda mengalami kegagalan.

Banyak sekali contoh bisnis yang gagal lantaran kalah bersaing, dan akhirnya bisnis tersebut tutup atau dijual ke pihak lain. Sebagai contoh, startup bernama FoodPanda baru-baru ini berhenti beroperasi lantaran kalah bersaing dengan layanan Go-Food dari Go-Jek. Kemudian ada juga Nokia yang harus dijual ke Microsoft lantaran kalah bersaing dengan smartphone Android dan iOS.


2. 'Salah pilih' bisnis

Penyebab kegagalan bisnis selanjutnya adalah, dalam hal kesalahan memilih bisnis. Kesalahan ini terjadi di awal sama sekali, namun dampaknya akan sangat besar di kemudian hari.

Mengapa orang-orang bisa salah dalam memilih bisnis?

Bisa jadi alasannya karena ingin ikut-ikutan tren, atau karena spekulasi semata, namun tak melihat prospek bisnis tersebut untuk jangka panjang.

Ingat, apabila anda salah dalam memilih bisnis (di awal), maka anda akan masuk ke 'lingkaran' bisnis yang salah. Selanjutnya anda hanya 'berputar-putar' di 'lingkaran' bisnis tersebut, tanpa menyadari kesalahan anda.

Seiring waktu berjalan, anda pun akhirnya menyadari kekeliruan anda dan memutuskan untuk keluar dari 'lingkaran' bisnis tersebut. Sayang, semuanya sudah terlambat dan anda terlanjur bangkrut serta tak punya apa-apa lagi untuk memulai bisnis lain.

Sangat mengerikan, bukan?


3. Terlalu mengandalkan insting, bukan riset

Penyebab kegagalan bisnis yang terakhir adalah, kesalahan anda yang terlalu mengandalkan 'insting' dalam menjalankan bisnis anda.

Menurut admin, yang namanya 'insting' dalam berbisnis itu bullsh*t. 'Insting' merupakan refleksi dari keinginan yang dipadu dengan khayalan, yang kemudian menghasilkan 'mimpi indah' di siang bolong. Namun, pada kenyataannya, insting salah besar -- karena mimpi indah tersebut berubah menjadi mimpi buruk, ketika bisnis tersebut sudah lama berjalan.

Lantas, apa yang harus diandalkan kalau bukan insting?

Jawabannya adalah RISET, RISET, dan RISET.

Ingat, Riset bisa menghasilkan DATA, sedangkan 'insting' bisa menghasilkan KHAYALAN. Jadi, mau pilih yang mana?

Adapun hal-hal yang perlu anda riset sebelum memulai bisnis, antara lain:

- Riset produk, apakah potensinya menjanjikan?
- Riset kebutuhan produk, apakah untuk jangka panjang?
- Riset pasar, seperti apa target market anda?
- Riset harga, apakah harganya bagus atau sudah 'rusak'?
- Riset kompetitor, apakah sudah banyak pesaingnya?
Dan lain sebagainya.

Baca juga:



Itulah dia pemaparan yang cukup singkat mengenai 3 penyebab kenapa bisnis anda bisa gagal. Apabila anda memiliki informasi tambahan, jangan sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar.

Ayo, segera berbisnis, dan jangan takut dengan KEGAGALAN!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang