--> Skip to main content



5 Rahasia Kesuksesan Bisnis Orang-Orang Keturunan China (Tionghoa)

Onlenpedia.com | Dalam dunia bisnis, kita tentu tak asing dengan orang-orang keturunan China alias Tionghoa. Betapa tidak, kebanyakan pebisnis yang sukses adalah mereka-mereka itu. Dan bisnisnya pun kebanyakan bukanlah bisnis kecil -- melainkan bisnis-bisnis besar dan mapan.

Melihat akan kesuksesan mereka, tentu banyak orang yang penasaran dengan rahasia sukses orang-orang keturunan China dalam berbisnis. Beruntungnya anda, karena ada beberapa rahasia dari mereka yang akan diungkapkan di sini.

Lantas, apa sajakah rahasianya?

Tanpa berbasa-basi lagi, berikut ini 5 rahasia kesuksesan bisnis orang-orang keturunan China (Tionghoa), diantaranya:


rahasia kesuksesan bisnis orang orang keturunan china tionghoa
Rahasia sukses bisnis orang-orang China 



1. Memiliki naluri bisnis sejak kecil

Kalau orang-orang Indonesia memiliki 'naluri alami' ingin bercita-cita menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), lain halnya dengan orang-orang keturunan China. Mereka memiliki naluri berbisnis sejak kecil, lantaran ditanamkan jiwa bisnis oleh orang tua, ataupun kakek - nenek mereka.

Sangat jarang ada orang keturunan China yang menyuruh anaknya untuk menjadi pegawai / karyawan. Mereka cenderung mendidik agar anak-anak mereka memiliki jiwa dagang / bisnis yang kuat.

Maka dari itu, tak heran kalau pebisnis keturunan China selalu sukses secara turun-temurun.


2. Hemat

Tak seperti orang-orang Indonesia yang konsumtif dan suka menghabiskan uang untuk jalan-jalan, nonton, maupun hura-hura, orang-orang keturunan China lebih bijak dalam menggunakan uangnya. Mereka cenderung memakai uangnya untuk hal-hal yang benar-benar penting. Sedangkan uang sisanya digunakan untuk menambah modal bisnisnya, agar semakin berkembang.


3. Untung kecil, namun perputaran cepat

Orang-orang China dalam berbisnis -- lebih menyukai untung sedikit namun perputaran cepat, ketimbang untung besar namun perputarannya lambat. Bagi mereka, menentukan laba yang terlalu besar hanya akan membuat penjualan menurun. Mereka lebih suka untung kecil, namun penjualannya lebih sering terjadi, dan akhirnya mereka memiliki banyak pelanggan.


4. Selalu berfikir jauh ke depan

Orang-orang keturunan China dalam berbisnis memiliki visi ke depan yang sangat bagus. Mereka selalu berfikir ke depan dalam mengembangkan bisnis mereka, atau melebarkan sayap ke bisnis yang lain. Mereka tak pernah membuang-buang waktunya untuk memikirkan hal-hal yang tidak penting. Mereka selalu berfikir tentang peluang bisnis dan bisnis, bahkan di saat-saat santai sekalipun.


5. Jago dalam tawar-menawar harga / kesepakatan bisnis

Selain jago dalam berbisnis, orang-orang keturunan China juga jago dalam menawar harga -- ketika ia membeli sesuatu. Selain itu, mereka juga jago dalam tawar-menawar dalam kesepakatan berbisnis. Kemampuan lobi yang ditunjang dengan kemampuan dalam menjalankan bisnis dan mengatur keuangan, membuat orang-orang keturunan China seperti 'ditakdirkan' untuk sukses.


Baca juga:



Itulah dia penjelasan singkat mengenai 5 rahasia kesuksesan bisnis dari orang-orang keturunan China (Tionghoa).

Kelima pembahasan di atas mungkin masih belum lengkap. Jika anda memiliki tambahan informasi mengenai rahasia kesuksesan pebisnis Tionghoa, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Salam sukses!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang