Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Apa Hubungan Sistem Ekonomi Dengan Dunia Bisnis? Berikut Ulasan Lengkapnya!

Dalam suatu negara, hubungan sistem ekonomi yang dianut negara tersebut dengan ekosistem bisnis sangat erat hubungannya.

Lalu, seperti apakah hubungan sistem ekonomi dengan dunia bisnis tersebut?

Berikut ulasannya!


hubungan sistem ekonomi dengan dunia bisnis
Hubungan perekonomian dengan bisnis


Secara garis besar, hubungan antara perekonomian dengan bisnis itu saling mempengaruhi satu sama lainnya. Dalam suatu negara, sistem perekonomian termasuk ke dalam ilmu ekonomi makro. Sebaliknya, bisnis termasuk ke dalam ilmu ekonomi mikro.

Antara makro dan mikro, tentunya memiliki ikatan yang cukup erat dan saling mempengaruhi satu sama lain. Apabila suatu negara memiliki landasan perekonomian yang bagus, di mana nilai mata uangnya stabil, pertumbuhan ekonomi selalu positif, kebijakan pemerintahnya mendukung suasana investasi, dan kondisi sosial politiknya cukup kondusif, hal ini memberikan 'angin segar' bagi bisnis untuk berkembang dengan baik.

Apabila bisnis berkembang, maka investasi akan berdatangan, tenaga kerja semakin terserap dan pendapatan negara akan bertambah melalui pajak. Ini merupakan pertanda bahwa bisnis yang bagus akan memperkuat perekonomian suatu negara.

Terlihat bukan, kalau sistem ekonomi dan bisnis saling mempengaruhi satu sama lainnya?


Pengaruh pertumbuhan ekonomi dengan ekosistem bisnis

Pertumbuhan ekonomi atau istilah lainnya yaitu pertumbuhan PNB dan atau / PDB -- sangat berpengaruh terhadap dunia bisnis.

Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi suatu negara, maka pendapatan masyarakat akan semakin meningkat. Dengan meningkatnya pendapatan masyarakat, maka daya beli mereka akan meningkat pula. Dengan daya beli yang meningkat, maka sektor bisnis akan mendapatkan angin segar, yakni dengan meningkatnya peluang bisnis, meningkatnya penjualan, dan tentunya profit perusahaan.

Sebaliknya, seandainya PDB/PNB rendah, maka perekonomian menjadi lesu dan daya beli masyarakat akan menurun. Ini akan berpengaruh terhadap dunia bisnis yang akan semakin lesu.


Efek dunia bisnis terhadap tingkat pengangguran

Bisnis menjadi salah satu solusi untuk mengurangi tingkat pengangguran suatu negara. Semakin banyak bisnis dijalankan, maka semakin luas lapangan kerja yang terbuka.

Untuk menghindari tingkat pengangguran yang tinggi maka bisnis harus mampu menyesuaikan masalah-masalah yang terkait dengan daya beli masyarakat dan efisiensi bisnis, karena pengangguran merupakan disalokasi ekonomis yang merugikan masyarakat terutama bisnis.

Jadi, keberadaan bisnis yang semakin 'menjamur', setidaknya bisa 'menolong' pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran yang tinggi.


Dampak inflasi terhadap ekosistem bisnis

- Inflasi merupakan kecenderungan umum akan kenaikan harga produk.

- Harga produk dan perubahannya digambarkan sebagai indeks harga konsumen.

- Semakin cepat harga meningkat, semakin tinggi indeks harga konsumen.

- Semakin tinggi indeks harga konsumen, semakin tinggi tingkat inflasi.

- Semakin tinggi tingkat inflasi, maka daya beli masyarakat akan semakin turun.

Dengan demikian, tingkat inflasi yang tinggi memiliki dampak negatif terhadap dunia bisnis, karena menurunnya daya beli masyarakat -- akan membuat dunia bisnis kian lesu.


Baca juga:



Itulah dia ulasan dari kami mengenai hubungan sistem ekonomi dengan dunia bisnis. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem perekonomian dan dunia bisnis saling mempengaruhi satu sama lainnya.

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR