--> Skip to main content



Perkenalkan BukaReksa, Reksa Dana Online yang Diluncurkan BukaLapak.com

Perkembangan investasi Reksa Dana kini semakin pesat. Hal itu dapat dilihat dari bermunculannya program Reksa Dana online yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan. Salah satu Reksa Dana online yang baru muncul beberapa waktu yang lalu adalah, fitur BukaReksa yang diluncurkan oleh situs marketplace kenamaan Indonesia, Bukalapak.com

Yang jadi pertanyaan, seperti apakah detail mengenai Reksa Dana online bernama BukaReksa ini?


tentang reksa dana online bukareksa dari bukalapak
Reksa Dana online bernama BukaReksa / image via Blog.Bukalapak.com


Sebelum membahas tentang Reksa Dana online bernama BukaReksa, ada baiknya agar anda memahami apa itu Reksa Dana. Bagi anda yang belum tahu tentang apa itu Reksa Dana, silahkan baca di:



Tentang Reksa Dana online: BukaReksa

BukaReksa adalah salah satu fitur Bukalapak yang memberikan keleluasaan untuk berinvestasi Reksa Dana melalui sistem BukaDompet (rekening bersama milik Bukalapak). Fitur ini terbuka bagi semua pengguna Bukalapak, selama memiliki saldo di BukaDompet.

Dengan berinvestasi di Reksa Dana online BukaReksa, pihak Bukalapak mengklaim bahwa anda berpeluang memperoleh hasil yang lebih tinggi ketimbang menabung di bank.

Dalam peluncuran fitur BukaReksa, Bukalapak rupanya bekerja sama dengan Bareksa -- yang merupakan Agen Penjual Reksa Dana yang resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan CIMB Principal Asset Management (CPAM). Jadi bisa dibilang kalau Bareksa merupakan Manajer Investasi yang mengelola dana investasi produk CIMB-Principal BukaReksa Pasar Uang.

Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi di Reksa Dana online BukaReksa, ketahuilah beberapa keunggulan berinvestasi di program tersebut, antara lain:


1. Minimum Investasi Sangat Terjangkau

Berinvestasi Reksa Dana online BukaReksa pembayaran minimalnya sangat terjangkau. Anda bisa berinvestasi dengan dana minimal Rp 10.000 saja. Tentunya jumlah ini jauh di bawah rata-rata dana minimum pembelian Reksa Dana di tempat lainnya.


2. Proses Transaksi Tidak Ribet

Pada umumnya orang-orang tidak suka dengan sesuatu yang ribet, dan menyukai hal-hal yang simpel. Kabar baik bagi anda yang ingin berinvestasi di BukaReksa, karena prosesnya sangatlah mudah. Anda bisa melakukan investasi kapanpun, di manapun, dengan mudah dan cepat, melalui website Bukalapak.com.


3. Imbal Hasil Cukup Menarik, Serta Dapat Dicairkan Kapan Saja

Investasi Reksa Dana memiliki potensi imbal hasil yang lebih menarik ketimbang Deposito Berjangka. Selain itu, anda bebas mencairkan uang investasi anda kapan saja dan langsung masuk ke rekening pribadi anda. Artinya anda bisa mencairkan uang tanpa ada batas waktu jatuh tempo seperti pada Deposito Berjangka. Apabila anda butuh uang mendadak, tinggal dicairkan lewat BukaDompet.


4. Minim Resiko

Berinvestasi Reksa Dana memiliki resiko yang minim, terutama bila anda berinvestasi pada Reksa Dana Pasar Uang. Ketahuilah, Reksa Dana Pasar Uang memiliki resiko yang minim, jika dibandingkan dengan obligasi dan investasi saham. Dan yang pasti, serahkan investasi anda kepada sang ahli, yakni Manajer Investasi. Mereka akan melakukan investasi ke berbagai instrumen yang berkembang, agar imbal hasil (return) yang anda dapatkan menjadi lebih maksimal.


5. Tanpa Biaya Transaksi

Apabila anda melakukan pembelian dan penjualan kembali produk Reksa Dana Pasar Uang, kapan saja anda tidak akan dikenakan biaya transaksi.


Cara mendaftar di Reksa Dana online BukaReksa

Bagi anda yang berminat untuk berinvestasi di Reksa Dana online BukaReksa, maka anda cukup melakukan hal-hal mudah di bawah ini!


1. Kunjungi situs Bukalapak.com, pilih BukaDompet, kemudian pilih menu BukaReksa.

2. Pilih tulisan Daftar Sekarang, kemudian isi form registrasi sesuai dengan data-data yang diminta.

3. Setelah form diisi dengan lengkap, maka anda akan mendapatkan e-mail pemberitahuan bahwa pembukaan rekening Reksa Dana online anda telah disetujui.

4. Selanjutnya, login menggunakan akun Bukalapak, dan pilih BukaReksa pada menu MyLapak atau pada halaman BukaDompet.

5. Selanjutnya, pilih menu Produk dan pilih Beli.

6. Masukkan nominal uang yang ingin diinvestasikan ke dalam rekening Reksa Dana anda (nominal uang akan diambil dari saldo BukaDompet anda).

7. Terakhir, nominal yang anda ajukan akan diproses oleh sistem, kemudian akan masuk rekening Reksa Dana anda -- sesuai dengan Nilai Aktiva Bersih pembelian yang berlaku.


Baca juga:



Itulah dia penjelasan singkat tentang BukaReksa, fitur Reksa Dana online yang disediakan oleh Bukalapak.com.

Bagi anda yang masih ragu dengan fitur tersebut, anda jangan khawatir! Uang anda akan disimpan dengan baik oleh pihak ketiga yang independen yaitu Bank Kustodian. Bank Kustodian bertugas mencatat semua keputusan investasi yang diambil Manajer Investasi dan menyimpan uang investasi anda. Dan anda bisa melakukan pencairan uang kapan saja, yang akan ditujukan ke rekening pribadi atas nama anda sendiri.

Jangan lupa, fitur BukaReksa dari Bukalapak.com juga diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga ada jaminan keamanan dalam investasi anda.

Semoga bermanfaat!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang