Skip to main content
Jual akun seller eBay, umur 5 tahun lebih →



Semua Tentang Sistem Ekonomi Brunei Darussalam

Onlenpedia.com | Setelah membahas tentang sistem ekonomi Indonesia dan sistem ekonomi Singapura, kali ini Onlenpedia.com akan membahas sistem ekonomi negara Asia Tenggara lainnya, yaitu Brunei Darussalam.

Lantas, seperti apakah sistem ekonomi yang dianut oleh Brunei Darussalam?

Berikut ini jawabannya!


sistem ekonomi yang dianut brunei darussalam
Sistem ekonomi Brunei Darussalam


Sistem perekonomian Brunei Darussalam

Perlu anda ketahui, Brunei Darussalam merupakan negara dengan sistem pemerintahan kesultanan, yang saat ini dipimpin oleh Sultan Hasanal Bolkiah. Negara kecil ini memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, dan terletak di pulau Borneo.

Mengenai sistem ekonomi Brunei Darussalam, meskipun negara ini termasuk kecil, namun mereka memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Adapun hasil alam yang menyumbang sebagian besar pendapatan Brunei adalah minyak bumi dan gas alam.

Dengan sistem ekonomi campuran antara kewirausahaan dalam negeri dan asing, pengawalan kerajaan, kebajikan, serta tradisi kampung, membuat negara ini menjadi kian makmur.

Dengan mengandalkan minyak mentah dan gas alam (hampir setengah dari PDB), pendapatan negara Brunei selalu lebih besar ketimbang pengeluarannya. Alhasil, negara kecil ini tergolong sebagai negara kaya.

Dengan kekayaan negaranya, kerajaan memberikan program sekolah gratis, layanan kesehatan gratis, dan memberikan subsidi beras dan perumahan kepada rakyatnya.


Seiring waktu berjalan, pemimpin Brunei merasa kalau kerjasama dengan ekonomi dunia yang terus bertambah akan mempengaruhi perpaduan sosial di dalam negeri.

Guna mengurangi ketergantungan dengan negara lain, mereka pun membuat rancangan-rancangan ekonomi untuk masa depan -- dengan meningkatkan keterampilan tenaga buruh, mengurangi pengangguran, mengukuhkan sektor-sektor perbankan dan pariwisata, serta secara umum, peluasan lagi asas ekonominya.

Di sektor transportasi, sistem Penerbangan Diraja Brunei yang merupakan sistem penerbangan negara -- tengah berusaha menjadikan Brunei sebagai pusat perjalanan internasional, utamanya perjalanan antara Eropa dan Australia / Selandia Baru. Mereka juga mempunyai layanan ke tujuan-tujuan negara-negara Asia lainnya, terutama yang berada di sekitar Brunei.

Dengan bertumpu pada sektor tambang minyak bumi dan gas alam, pendapatan nasional Brunei termasuk yang tertinggi di dunia.

Adapun mata uang negara ini adalah Dolar Brunei, yang memiliki nilai hampir sama dengan Dolar Singapura.

Tak hanya menggantungkan pendapatan pada sektor minyak bumi dan gas alam, pemerintah Brunei mulai menambah sumber pendapatan di sektor lainnya (diversifikasi pendapatan). Adapun sektor-sektor yang mereka garap adalah dalam bidang perdagangan dan industri, selain pariwisata juga yang terus dikembangkan.


Itulah dia sistem ekonomi yang dianut Brunei Darussalam yang mengandalkan sektor minyak bumi dan gas alam, namun tetap mengembangkan sektor pariwisata, jasa, perdagangan, dan industri.

Bagaimana pendapat anda?


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang