Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Tips Bermain Google Adsense Untuk Pemula

Mendapatkan uang dari internet memiliki banyak cara yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan memasang iklan PPC (Pay Per Click). Apa itu iklan PPC?

PPC (Pay Per Click) adalah sistem periklanan digital yang memberikan komisi apabila iklan yang ada di blog atau website kita diklik oleh pengunjung. Jadi apabila tidak ada klik, maka tidak ada komisi -- meskipun banyak yang mengunjungi blog atau website kita.

Adapun situs penyedia iklan PPC yang paling populer di dunia adalah Google Adsense. Selain dikelola oleh perusahaan besar sekelas Google, di sana juga iklannya sangat banyak, tampilannya pun sangat bagus, serta komisinya lebih besar ketimbang situs penyedia iklan PPC lainnya.


tips bermain google adsense untuk pemula
Logo Google Adsense / via Google

Banyak sekali internet marketer yang menggantungkan penghasilannya di Google Adsense. Bahkan ada yang penghasilannya mencapai miliaran rupiah perbulan hanya dengan memasang iklan Adsense. Sungguh luar biasa memang situs yang satu ini.

Baiklah, tanpa berbasa-basi lagi -- berikut ini akan kami jabarkan tentang tips bermain Google Adsense bagi pemula. Dan tips ini berlaku bagi mereka yang sudah memiliki akun Adsense. Silahkan disimak baik-baik.


1. Bangun Konten Yang Berkualitas Secara Konsisten

Sudah tak dapat dipungkiri kalau konten adalah raja. Dengan membangun konten yang berkualitas secara konsisten, maka blog atau website anda akan bermanfaat bagi pembaca. Selain itu kualitas dari blog atau website anda akan 'diakui' oleh mesin pecari Google.

Cara agar bisa konsisten dalam membangun konten adalah, harus menyukai tema dari blog atau website anda. Jadi sebelum anda membangun blog atau website, tentukan dulu tema (niche) yang benar-benar sesuai dengan passion anda.

Hal yang harus dihindari dalam membangun konten adalah, mengcopy paste artikel dari blog lain. Google akan mencium segala kecurangan yang anda lakukan seperti copy paste. Apabila ketahuan, maka siap-siap blog anda akan turun peringkat di mesin pencari. Dan yang lebih parahnya lagi, blog anda mungkin saja dihapus oleh Google (khusus pengguna CMS Blogspot).


2. Usahakan Mendapatkan Traffic Dari Mesin Pencari

Hal yang paling berpengaruh dalam pendapatan di Google Adsense adalah traffic. Semakin besar traffic pengunjung di blog atau website anda, maka semakin besar pula klik iklan yang terjadi. Semakin banyak klik iklan, maka semakin banyak pula komisi yang anda dapatkan.

Adapun cara mendapatkan traffic dari mesin pencari harus dengan cara-cara seperti:
- membangun konten yang berkualitas dan unik
- membangun konten yang berisi banyak kata (750-1000 kata)
- menggunakan teknik SEO yang bagus, dengan membidik kata kunci yang sudah anda riset. Untuk meriset kata kunci bisa dilakukan melalui Google Keyword Planner.


3. Tata Letak Iklan Yang Tepat

Tata letak iklan cukup mempengaruhi dalam memperoleh jumlah klik iklan. Usahakan tata letak iklan di tempat yang mencolok dan berpotensi diklik oleh pengunjung.

Adapun tata letak iklan yang bagus adalah:
- di dalam konten (atas artikel dan bawah artikel), gunakan banner iklan berukuran 336x280 (iklan gambar dan teks)
- di sidebar paling atas, gunakan banner iklan 300x250 dan gunakan iklan gambar saja
- di sidebar paling bawah, gunakan banner iklan yang besar (160x600) dan gunakan iklan gambar saja.


4. Gunakan Template Yang Cocok Untuk Adsense

Tips terakhir dalam bermain Adsense khusus pemula adalah, dengan menggunakan template (desain/tampilan blog) yang cocok untuk adsense. Kenapa harus memilih template yang cocok untuk Adsense?

Jawabannya karena template tersebut dirancang untuk mendapatkan CTR yang bagus.

CTR adalah perbandingan/rasio antara jumlah iklan dilihat dengan iklan yang diklik, biasanya menggunakan persen. Semakin besar CTRnya, maka semakin bagus penghasilan anda dari Adsense.

Apa saja kriteria template yang cocok untuk Adsense?
- ukuran template ringan, sehingga loading cepat dan pengunjung menyukai blog yang cepat loadingnya
- template SEO friendly, sehingga bagus peringkat blog di mesin pencari
- template menyediakan auto related post (pos terkait), bagus untuk SEO onpage
- template yang ads ready, artinya slot iklan sudah siap dan tinggal pasang script iklan. Biasanya slot iklan sudah siap di bagian atas menu, bawah menu, sidebar, dan di dalam konten.


Sekian dahulu tips bermain Google Adsense untuk pemula ini kami tulis. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi sobat semuanya.

Salam sukses Adsense Publisher!


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR