--> Skip to main content



3 Modal Utama Sekaligus Kunci Kesuksesan Dalam Bisnis Online

Onlenpedia.com | Bisnis online tak sama dengan bisnis konvensional, terutama dalam proses pengembangannya. Kalau bisnis konvensional bergantung pada modal dan lokasi usaha, dalam bisnis online -- modal dan lokasi bukan penentu kesuksesan. Banyak bisnis online yang modalnya besar dan akhirnya collapse, namun ada juga yang modalnya kecil, namun bisa maju. Kalau dari segi tempat usaha, toh dilakukan secara online -- jadi bisa dilakukan di mana saja.

Lantas, apa saja kunci kesuksesan dalam bisnis online?

Jawabannya, bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini. Di sini akan dipaparkan mengenai 3 kunci kesukesan sekaligus modal utama dalam berbisnis online, diantaranya:


kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis online
Kunci kesuksesan dalam bisnis online



1. Kepercayaan dan kredibilitas

Tak dapat dipungkiri, kepercayaan dan kredibilitas menjadi kunci kesuksesan dan modal utama dalam berbisnis online. Karena bisnis yang dijalankan bersifat 'jarak jauh', maka kepercayaan dan kredibilitas -lah yang menjadi acuan pembeli / klien dalam memilih penjual / freelancer online.

Di masa lalu, maraknya penipuan membuat bisnis online dicap sebagai bisnis 'tipu-tipu'. Namun, seiring waktu berjalan -- di mana banyaknya situs-situs online besar berdiri, memungkinkan terjadinya edukasi menyeluruh kepada masyarakat.

Selain promosi melalui televisi, situs-situs besar juga memiliki fitur yang menjamin keamanan, misalnya fitur rekening bersama (escrow) -- seperti yang ada pada BukaLapak dan Tokopedia. Selain itu, jaminan kredibilitas dan 'nama besar' membuat kepercayaan konsumen kian tinggi terhadap situs-situs tersebut.

Lantas, bagaimana cara membangun kepercayaan bagi pebisnis online skala kecil?

Tentunya perlu proses dalam membangun kepercayaan konsumen, yakni melalui edukasi dalam bentuk soft content, menawarkan jasa rekening bersama dari pihak ketiga (apabila ingin bertransaksi), melakukan sistem COD (Cash On Delivery) dan lain sebagainya.

Seiring waktu berjalan, di mana banyak transaksi sukses terjadi dan banyaknya testimoni positif dari pelanggan-pelanggan sebelumnya, akan membuat bisnis online skala kecil tersebut semakin kredibel di mata konsumen.


2. Kekuatan konsistensi

Kunci kesuksesan sekaligus modal utama bisnis online berikutnya adalah KEKUATAN KONSISTENSI.

Sebelumnya di poin pertama membahas tentang kepercayaan konsumen, yang mana itu hubungannya adalah dengan pihak luar. Untuk poin kedua ini hubungannya dengan diri kita sendiri -- lebih tepatnya adalah kekuatan mental kita dalam membangun bisnis, apakah mampu konsisten atau tidak.

Seringkali pebisnis online pemula yang baru merintis bisnis online -- katakanlah bisnis A, kerap terpengaruh untuk menjalankan bisnis B. Padahal bisnis A saja belum 'kelar' -- namun ia tiba-tiba ingin menjalankan bisnis B lantaran 'terpengaruh' oleh pihak lain. Pihak lain yang dimaksud adalah master atau 'mastah' yang sukses mendapatkan uang puluhan hingga ratusan ribu dolar dengan menjalankan bisnis B. Alhasil, pihak yang menjalankan bisnis A tadi mulai terpengaruh dan tergiur untuk menjalankan bisnis B, dan mulai meninggalkan bisnis A yang masih tahap merintis.

Apakah hal itu bagus?

Jawabannya tentu saja sangat tidak bagus.

Dengan 'melompat-lompat' ke berbagai bidang bisnis -- hanya akan membuat anda tidak konsisten. Usahakan untuk fokus ke satu bisnis dulu, kemudian lakukan berbagai cara untuk memajukan bisnis tersebut. Apabila masih stagnan, jangan langsung 'melompat' ke bisnis lain -- tapi carilah master atau 'mastah' dengan bidang bisnis yang sama dengan yang anda jalankan. Contohlah metode yang mereka terapkan, lakukan trial and error, dan yang terpenting -- lakukan dengan KONSISTEN. Dengan kesungguhan dan fokus yang anda terapkan, niscaya ada 'jalan' yang membuat anda sukses.


3. Menanamkan prinsip mengutamakan value ketimbang revenue

Kunci kesuksesan bisnis online yang terakhir adalah, mengenai prinsip seorang pebisnis online -- yang harus mengutamakan value (manfaat), baru memikirkan revenue (pemasukan). Jangan sebaliknya, yakni terlalu money oriented!

Ketahuilah, pebisnis online yang sukses adalah mereka yang memberikan manfaat bagi banyak orang, memberikan solusi, dan memberikan kemudahan -- dalam bentuk teknologi digital yang membuat segala sesuatu lebih cepat dan simpel. Apabila banyak orang yang merasakan manfaatnya, maka uang pun akan 'mengiringi' dengan sendirinya.

Sebagai contoh, diawal berdirinya -- baik Google maupun Facebook sama-sama tidak mendapatkan uang dari layanan mereka. Namun seiring waktu berjalan, banyak orang yang merasakan manfaat dari kedua situs tersebut, dan akhirnya bisa 'diselipkan' bisnis di kedua platform tersebut. Dan kini, keduanya adalah raksasa internet dengan penghasilan yang sangat fantastis!

Itulah dia pemaparan tentang 3 kunci kesuksesan sekaligus modal utama dalam berbisnis online. Bagi anda yang berminat untuk memulai bisnis online, silahkan anda terapkan cara-cara di atas, karena di sanalah kunci kesuksesan bisnis online berada!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang