Skip to main content

3 Tips Agar Bisnis yang Anda Jalankan Cepat Berkembang

Onlenpedia.com | Menjalankan bisnis awalnya memang memberikan semangat, lantaran adanya tantangan yang harus di hadapi di depan. Namun, bagaimana rasanya kalau bisnis sudah lama berjalan, namun justru tak menunjukkan perkembangan yang signifikan. Tentunya, semangat yang (awalnya) 'menggebu-gebu', akan sirna dengan perlahan.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara agar bisnis yang dijalankan cepat berkembang -- alias tidak stagnan?


tips agar bisnis usaha yang dijalankan cepat berkembang
Tips agar bisnis bisa berkembang / via Pixabay


Rasa jenuh akan muncul apabila bisnis yang susah payah di bangun, namun setelah dijalankan dalam waktu yang lama, hasilnya masih stagnan. Maka dari itu, di sini akan dipaparkan mengenai tips agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang alias tidak 'jalan di tempat'. Adapun tips yang dimaksud jumlahnya ada 3, yang terdiri dari:



1. Kurangi pengeluaran, agar bisa menambah modal

Dalam menjalankan bisnis, pengelolaan keuangan adalah kunci sukses dalam mengembangkan bisnis. Gunakanlah prinsip ekonomi, 'mengeluarkan modal sekecil-kecilnya, dengan tujuan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya', agar laba yang didapatkan bisa untuk dipergunakan sebagai tambahan modal.

Lakukanlah penghematan, disiplin dalam mengelola keuangan, dan hindarilah membeli sesuatu yang tak diperlukan. Gunakanlah uang hasil usaha untuk memperbesar skala bisnis, seperti menambah produk yang dijual, memperluas distribusi, menambah karyawan di bidang pemasaran, dan hal-hal lainnya yang bertujuan memajukan bisnis.


2. Promosi tiada henti

Kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah, apabila produk / jasa yang dijual laku, dan penjualan terus meningkat.

Cara agar produk / jasa yang dijual -- laku, yakni dengan melakukan promosi tiada henti, namun tetap efektif dan efisien. Jangan remehkan pentingnya promosi, karena perusahaan yang sudah sukses saja terus melakukan promosi, meski posisi mereka sudah 'nyaman'. Contohnya seperti Indofood yang 'langganan' mengiklankan produk-produk mereka di TV. Begitu pula dengan produk-produk dari perusahaan mapan lainnya, yang bisa kita lihat iklannya di TV.

Jadi, agar bisnis anda bisa berkembang, lakukanlah promosi yang terus-menerus. Selain bisa mengembangkan bisnis, promosi juga bisa menjaga 'eksistensi' bisnis anda -- agar tidak 'tenggelam'.


3. Miliki target, baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang

Ada yang mengatakan bahwa memiliki target dalam bisnis itu bagus, ada pula yang mengatakan sebaliknya. Namun, menurut opini kami -- memiliki target dalam bisnis itu sangatlah diperlukan, terutama target dari segi omset (pemasukan), dan target laba bersih.

Anda harus memiliki target, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang. Apabila target tersebut tercapai, siapkanlah target yang lebih besar lagi ke depannya. Intinya jangan cepat puas. Sebaliknya, apabila target tak tercapai, lakukanlah evaluasi secara menyeluruh, lakukan perubahan strategi pemasaran, dan lakukanlah perubahan positif lainnya.

Dengan adanya target yang jelas, maka bisnis anda memiliki 'tujuan jelas' yang ingin dicapai. Dengan adanya 'tujuan yang jelas', maka pergerakan bisnis anda akan jelas dan terarah, serta tidak 'tersesat' dan 'terombang-ambing'.

Yang patut diingat, pasanglah target yang realistis dan manusiawi, agar mudah dicapai. Jangan sampai anda mematok target yang absurd, alias mustahil untuk dicapai.


Baca juga:



Itulah dia paparan singkat mengenai 3 tips agar bisnis yang anda jalankan bisa berkembang. Demi kemajuan bisnis anda, silahkan anda terapkan tips-tips di atas, dan silahkan berikan pendapat anda di kolom komentar!


Baca Juga